Wajah Dipenuhi Komedo Putih? Begini Cara Menghilangkannya secara Alami


Cara atasi komedo putih secara alami


Meski tidak menyebabkan rasa nyeri, komedo putih yang ada di wajah tampak mengganggu. Misalnya membuat hasil riasan tidak bagus karena tekstur kulit yang tidak rata. Buat kamu yang memiliki permasalahan komedo putih, begini lho cara menghilangkannya secara alami.

Cara Mengatasi Komedo Putih

Jika komedo hitam terlihat seperti titik-titik yang memenuhi pori kulit, komedo putih terlihat seperti bulatan kecil. Komedo bisa muncul di berbagai area wajah, namun kebanyakan berada di sekitar hidung dan area T zone. 

Komedo bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia, terlebih bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Sebab komedo muncul ketika minyak, kotoran dan bakteri menutupi pori-pori sehingga menyebabkan folikel rambut mengalami iritasi. Buat kamu yang ingin mengetahui cara menghilangkan komedo putih secara alami. 

Biarkan Begitu Saja

Salah satu cara yang bisa kita lakukan justru tidak melakukan apapun alias dibiarkan saja. Pasalnya menyentuh wajah, terlebih saat tangan dalam kondisi kurang higienis bisa menyebabkan iritasi lain muncul, memindahkan bakteri ke wajah dan efek buruk yang lebih besar. Di sisi lain, membersihkan satu per satu komedo putih bukanlah hal yang efektif. 

Menggunakan Uap Panas

Uap panas yang mengenai wajah diketahui dapat membuka pori-pori kulit sehingga pembersihan komedo bisa dilakukan dengan mudah. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati karena bisa terkena air panas. 


Cara menghilangkan komedo hitam

Memakai Bahan yang Ada di Rumah

Selanjutnya, kamu bisa memakai bahan-bahan yang ada di sekitar, misalnya saja air lemon. Lemon memiliki sifat asam yang baik untuk kulit berminyak. 

Namun perlu diingat, air lemon dapat menimbulkan iritasi jika kadarnya berlebihan. Tentu jika hal ini terjadi, bisa menimbulkan masalah baru. Jika ingin mencobanya, encerkan terlebih dulu air lemon sebelum dioleskan di wajah. Selalu amati reaksi kulit ya.

Cara Mengatasi Komedo Putih dengan Skincare

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara di atas, teman-teman bisa juga lho menggunakan skincare dengan ingredients yang dapat menuntaskan komedo putih, antara lain:

Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan ingredients yang biasa digunakan untuk mengusir komedo hitam dan putih serta dapat mencegah breakout. Salicylic acid bekerja dengan cara mengeksfoliasi sel kulit mati serta menjaga pori-pori tetap bersih. 

Komposisi satu ini bisa kamu temukan di berbagai produk skincare yang dijual bebas atau menggunakan resep dokter dengan dosis yang lebih tinggi. 

Meski bermanfaat, salicylic acid terkadang memberi efek samping lho, misalkan rasa gatal, perih dan sebagainya. Jadi, untuk pemakaian pertama, teman-teman bisa mulai dengan memberikan salicylic acid pada area kecil di wajah sambil mengamati reaksinya. 

Salah satu produk lokal yang mengandung Salicylic acid yang memberi hasil memuaskan pada kulit berminyak dan berjerawat saya adalah Avoskin YSB Toner Salicylic Acid.  Di kulit saya, komedo lenyap tanpa memberikan sensasi negatif. 

Azelaic Acid

Kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan azelaic acid untuk mengatasi komedo. Azelaic acid mampu membuka pori-pori tersumbat dan menjaganya tetap bersih. Keuntungan lain, azelaic acid juga bisa mencerahkan warna kulit dengan cara menghambat kerja enzim yang memproduksi melamine. Oleh sebab itu bisa dipakai sebagai treatment dalam memudarkan bekas jerawat maupun kulit yang bermasalah akibat paparan sinar UV. 


Cara menghilangkan komedo

Fungsi mencerahkan yang dimiliki azelaic acid juga diperoleh dari sifatnya yang mampu mengeksfoliasi dengan lembut sehingga sel kulit mati penyebab kusam akan lenyap. Selain itu azelaic acid juga kaya akan antioksidan.

Retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A. Key ingredient ini cukup populer dalam mencegah penuaan dini. Meski dapat menyamarkan garis halus dan membuat kulit glowing, retinol ternyata juga bisa kita gunakan untuk mengatasi komedo lho. 

Hal ini berkat sifatnya yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga kotoran yang menutup pori-pori terangkat. Salah satu produk retinol yang pernah saya coba dan memberi hasil yang memuaskan adalah Avoskin Retinol Serum

Meski terasa cekit-cekit pada pemakaian awal, namun reaksi tersebut tidak lama kok. Ingat, selalu gunakan sunscreen pada keesokan harinya untuk melindungi kulit karena sensitivitas kulit yang meningkat usai menggunakannya. 

Kapan Sebaiknya Mengunjungi Dokter? 

Kamu bisa mengunjungi dokter setelah mencoba beberapa tips di atas namun hasilnya nihil. Biasanya dokter akan memberi resep, menaikkan dosis obat (ada beberapa ingredients yang hanya boleh dipakai di bawah pengawasan dokter) atau memberikan treatment khusus. 

Tips Merawat Kulit yang Rentan Komedoan

  • Selalu cuci muka sebelum tidur agar tidak ada kotoran yang menutup pori-pori. Ingat, pori-pori yang tertutup menjadi salah satu penyebab komedo. Termasuk jika kamu menggunakan make up maka wajib untuk menghapusnya sebelum tidur. 
  • Gunakan air hangar kuku saat mencuci muka. Jangan lupa pilih produk yang lembut. 
  • Lakukan eksfoliasi secara rutin, misalnya 2-3* seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun, kamu tidak boleh melakukannya terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi. 
  • Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit karena masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda. 
  • Buang produk kosmetik yang sudah kadaluwarsa. 
  • Gunakan kuas make up yang bersih, hindari menggunakannya bersamaan dengan orang lain. Kamu juga perlu menjaga kebersihan kasur, sprei, sarung bantal bahkan layar ponsel karena benda-benda tersebut menempel langsung ke wajah. 
  • Hindari mengambil produk skincare dengan sistem colek karena bisa menjadi sarang kuman. 
  • Cari kosmetik yang bersifat non comedogenic dan oil free karena tidak menutup pori. 

Whitehead maupun blackhead merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi. Jika terganggu, teman-teman bisa mengatasinya dengan beberapa cara mengatasi komedo putih dengan cepat di atas. Tapi ingat, kita adalah manusia, wajar bila kulit kita tidak semulus manequin. Stay tune untuk mendapat tips merawat kulit lainnya ya!

26 komentar untuk "Wajah Dipenuhi Komedo Putih? Begini Cara Menghilangkannya secara Alami"

Comment Author Avatar
Komedo ini cukup mengganggu penampilan. Untungnya ada berbagai cara untuk mengatasinya termasuk cara alami seperti menggunakan air lemon.
Comment Author Avatar
Pakai uap panas ini gak bisa terlalu lama juga ya. Pernah dengar usai pakai air panas, maka lanjutkan dengan air dingin biar pori² gak terbuka lebar
Comment Author Avatar
Iya nih ada komedo putih nih, terutama di hidung. Tapi aku belum berani pakai retinol, soalnya kulitku sensitif dan mudah merah. Hum...mungkin yang salicylic acid engga bikin perih kah?
Comment Author Avatar
komedo emang menggangu banget sih, kulit jadi kasar dan hasil make up juga jadi gak bagus. Salah satu cara yang saya pakai itu double cleansing pakai cleangsing balm. Pas lagi bersihin muka komedo juga ikutan luruh juga
Comment Author Avatar
Wah kalau aku tim retinol sih, tapi ya harus sabar aja pakenya karena efenknya kalihatanny apelan2 hehe
Comment Author Avatar
Baru nyadar kalo ada komedo putih. Biasanya kan komedo hitam ya. Tapi ya sama aja sih, dua duanya perlu dihilangkan supaya wajah lebih bersih dan hati lebih bahagia.
Comment Author Avatar
Komedo ini memang tidak perih atau gatal, tapi tetap saja menganggu penampilan. Jadi memang harus diatasi. Sederhananya membersihkan wajah. Malah kalau lagi beraktivitas, justru dibiarkan saja ya Mbak.
Comment Author Avatar
Saya nih komedoan banget wajahnya. Tapi komedo putih apa hitam ya? Bentuknya kayak butiran-butiram kecil warma putih gitu kalau dilihat dari dekat. Apa ini bisa dikategorikan sebagai bulatan kecil?
Comment Author Avatar
Aku termasuk jarang kena komedo putih meskipun pernah juga, ini karena efek dulu kerja yang diluar rumah, ketemu debu, asap, panas, keringat menjadi satu, nah ini biasanya aku diemin atau just pake cuci muka saja dengan facial foam, kadang klo gemas baru aku pencetin gtu.
Comment Author Avatar
Punya komedo putih tuh nggak asyiknya memang pas kudu pake make up. Jadinya, nggak bisa terlalu flawless kalau aku sih. Mungkin karena emang dasarnya nggak bisa make up kali ya...
Comment Author Avatar
Baru tau kalo pake uap panas bisa membantu menghilangkan komedo. Biasanya saya pake air jeruk nipis. Terimakasih tips nya mbak.
Comment Author Avatar
Bener banget meski tidak sakit komedo ini sangat mengganggu sekali. Aku udah pasrah sih jadi aku biarkan aja, wkwkwk.
Comment Author Avatar
Aku juga banyak komedo tapi menghitam, mungkin karena bercampur debu ya hehe, jadinya kayak bintik bintik gitu. TErnyata bisa to pake retinol, nanti aku mau nyoba ah biar sedikit ganteng.
Comment Author Avatar
komedo memang ada 2 jenis ka, kalau yang hitam karena 'kejebaknya' di pori-pori yang terbuka, kena udara makanya oksidasi (warnanya jadi menggelap/hitam) kalau yang putih, 'kejebak' di pori-pori tertutup jadi nggak terpapar udara, warnanya ga berubah hehe.. Retinol ini andalan sih ka tapi pakainya perlu trik biar kulit jadi glowing bukan malah kering/iritasi wkwk
Comment Author Avatar
Wah, pas banget nih tipsnya. Bisa dibilang, aku udah nggak pernah perawatan atau facial ke salon kecantikan. Jadi tips ini bermanfaat banget untuk ngilang komedo yang kadang bikin gak pede. Aku sendiri kadang melakukan peeling pakai scrub khusus wajah gitu kak, tapi takut juga kalau terus-terusan soalnya bikin kulit wajah jadi sensitif
Comment Author Avatar
Komedo putih sebenarnya gak begitu "menakutkan" seperti komedo hitam sih menurut saya. Ya mungkin karena tidak begitu kentara?
Tapi ya lebih baik wajah kita bebas komedo baik itu yg putih apalagi yg hitam ya...
Comment Author Avatar
wah mukaku banget nih, huhu.. aku paling suka dikerokin sendiri pakai kuku hehe.. tidak untuk ditiru ya eh. yang betul aman memang seperti di artikel ini nih, makasih kak :)
Comment Author Avatar
Komedo emang bikin kesel, aku kalau malas bersihkan wajah juga langsung muncul tuh komedo, tapi kok hitam ya...
Comment Author Avatar
Saya termasuk tim yang mengatasi komedo putih dengan dibiarkan saja karena memang kalau sudah diatasi pun suka balik lagi balik lagi. Tapi kalau sudah mengganggu banget sih dicoba hilangin lagi sampai pernah juga nyoba pake lemon
Comment Author Avatar
Komedo jadi masalah banget buat mukaku.. Selama ini aku lebih ke biarin saja, cuma beberapa kali menggunakan uap air panas. Sudah berencana ke dokter tapi belum terlaksana juga..
Comment Author Avatar
aku banyak banget komedo putih, apalagi kalau setelah facial keliatan banget tuh seberapa banyak. ternyata retinol tuh penting yaa buat mencegah komedo putih kayak gitu
Comment Author Avatar
Ih bener banget Kak kalau komedo putih juga kayak perasaan ganggu gitu Jadi kalau make up-an atau misalkan pakai cc cream suka aja bagian yang ngecrack di bagian yang ada komedo putihnya. Untuk cara alami ternyata bisa dicoba pakai uap panas sama air lemon ya. Skincare Yang aku udah nyobain, cuma prosesnya lama yang aku penasaran tuh yang pakai retinol tapi takut nggak cocok sama kulit aku yang sensitif
Comment Author Avatar
Aku mau coba dulu tips-tips yang ada di artikelnya kakak khusus yang retinol Kayaknya aku pengen konsul dulu ke dokter soalnya takut nggak cocok sama kulit aku yang memang sensitif di bagian wajah.
Comment Author Avatar
Saat ada komedo di wajah memang rasanya gaenak. Bikin minder, ga percaya diri. Beruntung sekarang tak lagi bingung, karena sudah ada skimcare untuk perawatan.
Comment Author Avatar
Aku auto cek cekin skincare aku.. Ada kandungan retinolnya gak yaa..?
Seinget aku gak pernah beli skincare khusus dengan kandungan hero ingredients tersebut. Tapi karena bisa memberikan efek yang bagus yakni mengatasi komedo, sepertinya bisa dicoba nih..
Comment Author Avatar
pas banget aku suka ada komedo putih, tapi mager juga untuk eksfo :( maunya facial treatment aja biar praktis