Rekomendasi Cleanser untuk Kulit Berminyak

Cara-memilih-cleanser

Berdasar pengalaman, memilih cleanser untuk kulit berminyak itu susah-susah gampang. Apalagi jaman dulu, produk kecantikan sangat terbatas jumlah pilihannya. 

Kebanyakan cleanser yang saya temukan memiliki tekstur krim dengan kandungan pencerah. Produk pencuci wajah yang memiliki tekstur krim, jelas tidak dibuat untuk kulit berminyak. Apalagi dengan pencerah yang ada di dalamnya, saya merasa justru membuat jerawat makin parah. 

Beruntung saat ini pilihan skincare banyak sekali ya, mulai dari harga puluhan ribu hingga yang mahal. Saya beberapa kali mencoba merek face wash dan ini salah satunya. 

Ets sebelum cerita pengalaman, kenali terlebih dahulu yuk fungsi dan cara memilihnya. Kalau kita sudah tahu fungsi dan manfaatnya pasti deh bisa lebih semangat, nggak skip-skip lagi yah curhat 😌

Fungsi dan Cara Memilih Cleanser

Cara-memilih-cleanser-untuk-jerawat

Pemilihan face wash harus dilakukan dengan tepat agar kotoran, minyak dan debu terhempas dari pori-pori. Salah satu hal yang akan memicu peradangan kulit alias jerawat. 

Selain mencegah jerawat, pemilihan cleanser yang tepat akan meningkatkan efektivitas skin care berikutnya. Saat kulit bersih tuntas akan membuat produk skincare yang kita pakai bisa meresap hingga lapisan dalam. 

Melihat pentingnya fungsi face wash, begini lho beberapa cara yang bisa kita lakukan sebelum menentukan pilihan:

Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit

Pertama, pastikan face wash yang kamu gunakan memenuhi kebutuhan kulit. Misalnya nih, kulit kamu sedang berjerawat, maka pilihlah produk yang bisa menenangkan jerawat yang sedang meradang. 

Jangan gunakan produk yang justru membuat jerawat semakin parah. Selain kandungan yang dibutuhkan jenis kulit, kamu juga harus menyesuaikan teksturnya. 

Bagi saya yang memiliki jenis kulit berminyak berjerawat, saya sangat menyukai produk bertekstur gel. Gel bersifat ringan di kulit berminyak saya. 

Sementara creamy adalah tekstur yang saya hindari karena sifatnya yang menambah kelembapan sehingga lebih cocok digunakan untuk kulit kering. 

Hindari Produk dengan Parfum

Produk dengan parfum atau kandungan keras lain bisa mengikis kelembapan alami kulit. Efeknya kulit akan memproduksi lebih banyak minyak. Saat kulit menghasilkan lebih banyak minyak, artinya peluang munculnya jerawat juga semakin besar. 

Baca Yuk Kandungan Produk yang Baik untuk Kulit Berminyak

Di sini, kamu perlu membedakan produk tanpa tambahan parfum (non added fragrance) dengan unscented (menggunakan pewangi namun tidak memiliki aroma parfum). So, perhatikan betul sebelum menjatuhkan pilihan ya! 

Gunakan Produk Non Comedogenic

Bagaimana-memilih-cleanser-kulit-berminyak

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan produk non comedogenic karena tidak menutup pori yang bisa menimbulkan komedo dan jerawat. 

Meski memakai produk non comedogenic enggak lalu bikin kulit terhindar dari jerawat tapi setidaknya kita mengeliminasi munculnya jerawat dengan penggunaan produk yang tidak menyumbat pori-pori. 

Intinya jangan mudah tergiur dengan klaim produk. Pahami kebutuhan kulit kemudian pilih produk yang mengandung bahan yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Rekomendasi Cleanser untuk Kulit Berminyak

Salah satu produk yang pernah saya coba adalah Himalaya Purifying Neem Face Wash. Facial wash ini bertekstur gel dan diperkaya dengan kandungan yang merawat kulit berminyak dan berjerawat. 

Simak yuk pengalaman saya saat menggunakan produk ini! 

Himalaya Purifying Neem Face Wash memiliki tekstur gel berwarna hijau bening. Sebelum menggunakannya, saya membusakan terlebih dahulu di telapak tangan. Ada aroma seperti mint segar samar yang tercium. 

Menurut saya produk ini menghasilkan busa lumayan banyak, namun mudah dibilas. Dengan packaging berbentuk tube yang cukup aman bila produk ditaruh di dalam tas, Himalaya Purifying Neem Face Wash terdiri dari 2 kemasan, travel size dan full size. 

Produk tersebut memiliki duo ingredients yang bermanfaat untuk jerawat, yaitu neem dan kunyit. Neem memiliki nama lain Azadirachta Indica/daun mimba yang berasal dari India lalu tersebar ke Indonesia. 

Daun neem merupakan tanaman perdu yang memiliki sifat antimikroba dan anti bakteria. Berkat sifatnya, neem mencegah munculnya serta merawat peradangan jerawat. 

Ingredients lain yaitu kunyit juga memiliki sifat serupa. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit akan melawan bakteri penyebab jerawat. Tentu perpaduan keduanya membantu mengendalikan minyak serta merawat jerawat yang meradang. 

Dengan begini, jerawat di kulit diharapkan cepat sembuh sekaligus mencegah kemunculannya. Sisi plus lain, produk ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, untuk kemasan travel size (50 ml) diharga Rp 15.000 di swalayan dekat rumah. Produk juga mudah sekali didapatkan sehingga jika ketinggalan atau membutuhkan saya bisa melipir ke Alfamart, Indomaret atau swalayan terdekat. 

Facial wash adalah salah satu produk yang penting dalam rutinitas skincare. Sebagai salah satu penentu efektivitas produk skincare berikutnya, tentu pemilihan produknya harus tepat. 

Nah, itulah rekomendasi salah satu cleanser yang pernah saya coba dalam mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat lainnya ya, seperti membatasi makanan manis karena bisa breakout di kulit.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Cleanser untuk Kulit Berminyak"