Yuk Kenali Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat!


Cara menghilangkan komedo
Komedo adalah salah satu keluhan yang sering muncul di area wajah, termasuk hidung. Komedo terdiri dari dua jenis, yaitu whitehead (komedo putih) dan blackhead (komedo hitam). 

Lalu apa yang membedakan  keduanya? Simak penjelasan selengkapnya termasuk mengenai penyebab munculnya komedo serta cara menghilangkan komedo dengan cepat.

 

Mengenal Jenis Komedo dan Penyebabnya

Sebenarnya komedo sama dengan jerawat. Bedanya, komedo tidak menimbulkan peradangan yang bisa menyebabkan rasa nyeri ketika diraba. Oleh sebab itu, penyebab keduanya tidak berbeda jauh. 

Komedo muncul saat sel-sel kulit mati dan kotoran menutupi folikel. Komedo putih atau whitehead terjadi sebab komedo berada di pori-pori yang tertutup sehingga tidak mengalami oksidasi yang menyebabkan perubahan warna. Sementara blackhead terjebak di dalam pori-pori yang terbuka sehingga membuatnya berwarna hitam akibat paparan udara. 

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, simak yuk faktor yang bisa meningkatkan munculnya komedo serta cara menghilangkan komedo di hidung selengkapnya di bawah ini. 

Faktor Risiko Penyebab Komedo

Kemunculan komedo lebih sering terjadi terutama saat seseorang mengalami kondisi di bawah ini:

  • Produksi sebum berlebih, misalnya pada kulit berminyak. 
  • Konsumsi obat-obatan atau kondisi tertentu yang menyebabkan peningkatan produksi hormon sehingga bisa memengaruhi sebum, misalnya penggunaan pil KB, dalam periode menstruasi dan sebagainya.
  • Penumpukan sel kulit mati yang bisa mengiritasi folikel rambut. 
  • Berada di kondisi lingkungan lembap dan kotor yang bisa menyebabkan kulit wajah lebih mudah terpapar kotoran. 

Menghilangkan Komedo di Wajah, Bagaimana Caranya?

Komedo yang memenuhi wajah memang tidak disertai rasa nyeri, namun keberadaannya bisa memengaruhi tekstur muka lho! Apalagi jika kamu tidak bisa melewatkan make up dalam keseharian. Pasti akan sangat terganggu karena keberadaan komedo justru lebih 'menonjol' dibanding riasan wajah kamu. 

That's why, cara menghilangkan komedo di hidung atau area lain sangat dibutuhkan. Begini lho kiatnya! 

Menjaga Kebersihan Wajah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa komedo bisa muncul ketika kebersihan kulit kurang terjaga sehingga menyebabkan kotoran menyumbat pori-pori. So, jangan lupa rutin mencuci wajah dan melakukan double cleansing sebagai bagian dari ritual perawatan basic skincare harian. Apalagi bagi pemilik kulit berminyak (seperti saya). Produksi minyak berlebih yang dipadukan dengan kotoran tentu rentan menimbulkan jerawat termasuk komedo. 

Melakukan Treatment Mikrodermabrasi


Treatment kecantikan untuk menghilangkan komedo

Selain perawatan harian di rumah, kamu juga bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk melenyapkan komedo yang membandel. Salah satu treatment yang disarankan ialah mikrodermabrasi. 

Merupakan tindakan mengangkat lapisan kulit paling atas secara lembut. Mikrodermabrasi biasanya memakan waktu rata-rata 30 menit. Agar memperoleh hasil yang diidamkan, kamu perlu melakukan beberapa kali perawatan mikrodermabrasi. 

Selain itu, mikrodermabrasi biasanya dikombinasikan dengan perawatan kulit lainnya. Namun ingat, meski bermanfaat, kamu perlu menghindari treatment ini ketika memiliki jerawat yang meradang. Gunakan skincare dengan kandungan yang baik untuk jerawat agar acne cepat kering sehingga kamu bisa melakukan treatment.

Selain digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung, mikrodermabrasi dikenal bisa menyamarkan kerut halus, memudarkan bekas jerawat serta menampilkan rona wajah bersinar. Sebab, prosedur ini akan mengangkat sel kulit mati dan kotoran penyebab kulit kusam serta mempercepat regenerasi sel. 

Memakai Produk Eksfoliasi

Selain rutin membersihkan wajah, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi untuk melenyapkan komedo yang membandel. Kamu bisa memilih untuk melakukan metode physical exfoliate atau chemical exfoliate. 

Ciri physical exfoliate ialah dengan menggunakan gosokan untuk menghilangkan komedo, sementara chemical exfoliate akan memakai cairan seperti AHA, BHA maupun PHA. 

Masker wajah berbentuk clay bisa kamu pakai untuk melenyapkan komedo di hidung yang cukup mengganggu. 

Saya pribadi lebih menyukai chemical exfoliate karena tidak menimbulkan rasa sakit namun cukup efektif dalam membersihkan komedo. Meski begitu, ingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan ya. 

Menggunakan Skincare dengan Kandungan Salicylic Acid


Salicylic acid

Masih ada kaitan dengan poin sebelumnya yaitu penggunaan produk eksfoliasi yang bisa mengatasi komedo di hidung dengan cepat. Nah, salicylic acid merupakan satu-satunya acid dalam kelompok BHA yang bisa kamu pakai untuk mengatasi komedo hitam di hidung. Seperti yang telah kita ketahui, BHA merupakan jenis chemical exfoliate yang larut dalam minyak sehingga tepat untuk kulit berminyak yang biasanya memiliki permasalahan berupa blackhead. 

Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan kulit melepas ikatan sel kulit mati dan kotoran akan melemah. Penggunaan produk dengan BHA akan membantu mempercepat proses terlepasnya ikatan tersebut sehingga kotoran (termasuk komedo) akan mudah luruh saat wajah dibersihkan. Bagaimana tertarik mencobanya? Kamu bisa menemukan kandungan salicylic acid di dalam toner, serum atau produk skincare lainnya. 

Menggunakan Uap Air Panas

Sebelum dunia skincare mengalami perkembangan sepesat saat ini, cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat katanya bisa dilakukan dengan bantuan uap air panas. Cara ini dikatakan cukup efektif karena uap air panas yang mengenai wajah dapat membuka pori-pori sehingga memudahkan kotoran dan komedo dibersihkan. Nah apakah kamu pernah membuktikannya? 

Jika ingin mencoba, kamu bisa meletakkan air panas di dalam wadah yang cukup besar. Tundukkan kepala mendekat ke arah air. Agar uap tidak menyebar, kamu bisa menggunakan handuk untuk menutup kepala. 

Kemunculan komedo menjadi sesuatu yang sulit dihindari karena kebanyakan penyebabnya berkaitan dengan faktor eksternal yang berada di luar tubuh manusia. Salah satu cara mencegah kemunculan komedo yaitu meminimalkan faktor risiko serta dengan menerapkan cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Buat yang penasaran cara menghilangkan komedo putih dengan cepat bisa baca artikel terkait ya!

13 komentar untuk " Yuk Kenali Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat!"

Comment Author Avatar
Jerawat dan komedo sepertinya tidak mau jauh-jauh dari wajah berminyak ya mbak.

Ada ya masker yang bisa buat angkat komedo. Boleh nih dicoba. Rekomendasi maskernya apa mbak?
Comment Author Avatar
Klo pake uap air panas tuh enak loh, habis itu komedo gampaaang banget dibersihin. Saya seminggu sekali exfoliasi karena sering menggunakan makeup saat bepergian. Pori2 jadi ketutup sisa2 cushion. Makanya perlu rutin bebersih wajah nih...
Comment Author Avatar
Klo pake uap air panas tuh enak loh, habis itu komedo gampaaang banget dibersihin. Saya seminggu sekali exfoliasi karena sering menggunakan makeup saat bepergian. Pori2 jadi ketutup sisa2 cushion. Makanya perlu rutin bebersih wajah nih...
Comment Author Avatar
KOMEDO juga banyak Nih mba. Tapi kadang timbul tenggelam wkwkwk. Makasih tipsnya Mba Tami.
Comment Author Avatar
Sejak dulu aku rajin double cleansing. Dalam seminggu 1-2 kali aku juga melakukan eksfoliasi. Bersyukur tidak komedoan, juga tidak pernah jerawatan.
.
Btw buat yang komedoan, bagus itu ada cara alami dengan uap panas. Cobain deh..
Comment Author Avatar
Caranya sebenarnya simple ya kak seperti yang sudah diutarakan di atas. Tapi kita tuh kadang malas banget. Lebih enak pake cara simple yakni memencet jerawatnya.

Alhasil malah melebar ke permukaan wajah dan bikin jerawat makin banyak. Hehe.
Comment Author Avatar
mantap nih tipsnya, bisa dijadikan reverensi cara menghilangkan komedo.
Comment Author Avatar
Bener banget mbak, eksfoliasi bantu banget untuk merawat kulit wajah dan bikin komedo berkurang. Aku nih lagi perawatan juga buat komedo dan jerawat. Semangat ahh biar makin sehat kulit mukak ku ini hehehe.
Comment Author Avatar
Ak dulu di uap panas naruh air panas di baskom tutupin handuk hehe
Comment Author Avatar
Masalah komedo ini memang bikin gemes ya. Kalo aku biasanya diuap dari nasi yang baru mateng dari magic com itu haha.. Diatur aja jaraknya supaya tidak terlalu panas ke wajah. Tapi amannya pakai uap air khusus sih. Kalo dari uap nasi takutnya nanti nasinya tercemar kecuali untuk dimakan sendiri, kalau ada orang lain yang ikut makan juga ya nggak pas sih..
Comment Author Avatar
Sebenarnya membersihkan komedo tuh bisa sangat mudah, namun biasanya setelah komedo dibersihkan, justru akan membuat semakin banyak komedo yang muncul, dan ini adalah faktor alami dari tubuh untuk melindungi kesehatan kulit dengan memproduksi minyak
Comment Author Avatar
Dulu masih sering komedo-an, padahal sering pakai pore pack, dan ternyata justru gak bagus karena bikin pori-pori besar. Setelah rutin double cleansing malah lebih bersih tuh hidung dari komedo. Sesekali masker dan eksfoliasi juga dilakukan meski tidak rutin tiap minggu.
Comment Author Avatar
Baru tahu lho aku kalau ternyata si komedo ini bisa dipancing keluar supaya mudah dibersihkan dengan memanfaatkan uap air panas. Kalau di jamanku remaja dulu, aku ingat betul ada produk plester hidung yang memang diperuntukkan khusus untuk membersihkan komedo.