Ciri dan Tanda Fisik Mobil Toyota Bekas yang Bagus

Caroline.id

Beberapa kondisi memaksa kita memiliki kendaraan roda empat. Namun bila anggaran terbatas, saya lebih menyarankan membeli di tempat jual mobil Toyota bekas daripada memaksakan diri untuk membeli yang baru. 

Di sisi lain, pasti ada kekhawatiran yang muncul saat membeli mobil bekas pakai orang. Salah satunya, rasa takut jika harus mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan, sebab performa tidak maksimal. Baik, ini lho ciri dan tanda fisik mobil Toyota masih bagus walaupun sudah pernah dipakai orang.

Mengapa Memilih Toyota? Berikut Sederet Keunggulannya!

Sebelum membahas cara memilih mobil 2nd yang masih bagus, inilah yang membuat banyak orang menyukai Toyota.

  1. Sparepart mudah diperoleh menjadi alasan pertama banyak orang memilih Toyota sebagai armada untuk mendukung mobilitas. Tidak hanya suku cadang untuk mesin keluaran baru saja, poin ini juga berlaku untuk mobil-mobil keluaran lama. Saat suku cadang mudah diperoleh, kamu akan lebih leluasa karena akan menghemat waktu. Selain itu, tentu memiliki harga yang bersaing.
  2. Jaringan servis merata menjadi rahasia umum mengapa banyak orang akhirnya menjatuhkan pilihan pada Toyota. Jika mobil Toyota kamu bermasalah, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat, asal jangan sampai telat ganti oli dan air radiator ya! 
  3. Mesin bandel dan irit. Contohnya mobil Toyota Kijang Innova menghabiskan sekitar 11 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 14 km/liter untuk perjalanan luar kota (data GridOto)
  4. Low maintenance, tidak rewel saat digunakan. Uniknya kamu bisa lho berkonsultasi di media online dan banyak orang yang bisa menjawab.
  5. Reliable, hal ini terbukti dengan banyaknya taksi memakai mobil keluaran Toyota.
  6. Harga jual relatif tinggi, artinya Toyota memang diminati. Maka tak sedikit orang yang menjadikan mobil Toyota sebagai investasi.

Lalu bagaimana cara memastikan bahwa mobil Toyota bekas yang akan kamu beli masih layak pilih? Berikut cara mengetahuinya.

Ciri dan Tanda Fisik Mobil Toyota Bekas yang Bagus

Kondisi mesin Toyota

Salah satu cara agar tak salah pilih ialah dengan memeriksa kondisinya. Begini cara mengetahui ciri dan tanda mobil Toyota yang akan kamu beli masih bagus.

1. Ruang Mesin

Langkah pertama untuk mengetahui kondisi mobil Toyota masih dalam kondisi bagus, buka kap mobil lalu perhatikan apakah ada cat yang memiliki warna relatif baru di sekeliling ruang mesin. 

Jika ada, ini menandakan bahwa mobil pernah mengalami turun mesin yang disebabkan oleh beragam kondisi, seperti bekas tabrakan, terendam banjir dan lainnya.

2. Periksa Kondisi Mesin

Selanjutnya, kamu perlu memastikan kalau tidak ada rembesan oli maupun bahan bakar diantara mesin maupun selang-selang. Amati dengan teliti satu per satu bagian mobil untuk memastikannya. 

Kamu juga perlu memerhatikan apakah baut sudah terpasang lengkap atau ada bagian yang hilang. Tidak perlu ragu untuk menanyakan pada penjual atau pemilik jika menemukan mur baut yang terlihat baru diganti atau yang memiliki ujung cacat.

3. Cek Starter Mobil

Salah satu ciri mesin mobil yang terawat adalah starter yang langsung menyala saat mesin dihidupkan dalam kondisi dingin, tanpa menggunakan hentakan gas. Suara mesin yang tersendat-sendat, menandakan bagian aki yang bermasalah atau mesin jarang diservis sehingga banyak kotoran yang menyumbat kinerjanya. 

4. Suara Mesin

Saat menghidupkan mesin pertama kali dari keadaan dingin, perhatikan pula apakah ada suara yang tidak wajar keluar, seperti suara ketukan ketika mesin digas atau suara mirip gesekan plat besi. Buka kaca mobil ketika mesin baru dinyalakan ya! 

5. Lihat Indikator dan Speedometer

Speedometer

Sebelum menyalakan mesin, pastikan posisi dalam keadaan ‘ON’, perhatikan indikator dan speedometer-nya. 

Kalau lampu indikator tidak ada yang menyala, tarik gas secara perlahan, lalu lepaskan. Perhatikan jarum RPM yang dimiliki, apakah jarum turun dengan stabil atau tidak. Kondisi mesin mobil yang masih bagus bisa ditunjukkan dengan jarum RPM yang kembali ke angka ‘0’ dengan stabil.

6. Getaran Mesin

Selanjutnya, buka kap mesin kemudian teliti apakah ada getaran yang tidak seirama. Jika ada, ini menandakan bahwa mesin mobil dalam kondisi ‘pincang’ karena ada masalah dengan sistem kelistrikan atau kendala pada engine mounting.

7. Knalpot

Kamu juga bisa memeriksa kondisi mesin mobil dengan melihat ujung knalpot-nya. Jika asap knalpot berwarna hitam, bisa jadi pembakaran tidak sempurna. Jika asap knalpot berwarna putih, artinya campuran oli masuk ke dalam ruang pembakaran. 

Sementara tetesan air yang keluar merupakan kondisi wajar, justru sebagai tanda kalau mesin mobil dalam kondisi yang bagus.

8. Periksa Body Mobil secara Keseluruhan

Langkah selanjutnya, periksa body mobil, interior dan kaki-kakinya. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk memastikan mobil dalam kondisi layak pakai.

Percuma bukan jika mesin dalam kondisi optimal tetapi jika hujan, air akan masuk karena merembes melalui jendela karena kaca pernah diganti. Setelah meneliti beberapa hal tersebut, kamu juga perlu melakukan test drive untuk menguji kenyamanan mobil, performa mesin hingga kehalusan transmisi.  

Selain mengetahui ciri mobil 2nd yang masih bagus, penting untuk memilih tempat jual mobil Toyota bekas Jakarta terpercaya. Kamu bisa mengunjungi caroline.id untuk memperoleh mobil impian. 

Mengapa Memilih Caroline.id?

Cabang caroline.id

  • Semua mobil yang tersedia di caroline.id telah melewati pemeriksaan yang mendalam terhadap 150 titik. Hal ini menjamin kondisi semua mobil transparan. 
  • Sebagai platform jual beli mobil bergaransi, caroline.id memberikan G7+ kepada pelanggan, yaitu:

    1. Garansi mesin yang sesuai dengan dokumen. Hal tersebut menjamin bahwa mesin mobil tidak pernah ganti. 
    2. Garansi transmisi yang berlaku hingga 1 tahun. 
    3. Garansi AC selama 1 tahun yang bisa diklaim tanpa tambahan biaya.
    4. Garansi rem yang berlaku selama 1 tahun. 
    5. Garansi electical, selama 1 tahun setelah pembelian. 
    6. Garansi penggerak berlaku selama 1 tahun. 
    7. Garansi kemudi bisa kamu peroleh berlaku hingga 1 tahun. 
    8. Garansi buyback 100%, oli dan filter oli. 

  • Melayani jual, beli, pre order hingga tukar tambah mobil dan memiliki cabang di beberapa kota di Indonesia. Platform jual mobil Toyota bekas Jakarta, caroline.id sering mengadakan promo spesial yang sayang untuk dilewatkan. 

Risiko pembelian mobil bekas dapat kamu antisipasi dengan memerhatikan poin di atas. Kunjungi cabang caroline.id terdekat di kota kamu dan dapatkan mobil Toyota bekas berkualitas. 

7 komentar untuk "Ciri dan Tanda Fisik Mobil Toyota Bekas yang Bagus"

Comment Author Avatar
Cakep emang designnya mobil Toyota, mesinnya juga dapat diandalkan
Comment Author Avatar
thank you banget infonya! jadi ada bayangan kalau beli toyota second
Comment Author Avatar
Kalau mau beli mobil bekas, baiknya memang melalui perantara yang berpengalaman dan amanah dalam kerjanya. Yang memang benar-benar mengecek semua kesehatan mobil.
Comment Author Avatar
Merek Toyota tuh udah jaminan deh. Harga bekasnya pun masih bagus, engga jatuh banget. Sip...kalau mau cari tempat jual-beli mobil bekas ke caroline.id aja...
Comment Author Avatar
ternyata banyak banget poin2 yang perlu diperhatiin ya Kaak, good insight nih buat akuu
Comment Author Avatar
mobil Toyota ini memang banyak peminatnya ya mbak. Dan kalau mau jual beli mobil toyota ga perlu jauh-jauh, sudah ada Caroline.id sebagai platform jual beli
Comment Author Avatar
Toyota sudah tidak diragukan lagi spesifikasinya ya mbak. Kalau mau beli second nya juga Masih bagus menurut saya. Berkendara dengan Toyota makin nyaman pastinya