Mengenal Azelaic Acid dan Aturan Penggunaan untuk Hasil Terbaik

perawatan kulit

Azelaic acid adalah salah satu key ingredients yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat, komedo, rosacea dan permasalahan kulit lainnya. Bahan ini merupakan salah satu jenis asam dari golongan asam diskarbosilat. Azelaic acid banyak ditemukan pada gandum hingga mikrobioma kulit manusia.

Dikenal dengan manfaatnya yang beragam, namun tidak akan memberi hasil yang maksimal jika kamu salah menggaplikasikannya. Simak yuk aturan penggunaan Azelaic Acid untuk mendapat hasil terbaik!

Azelaic Acid untuk Apa? 

Sebelumnya saya telah menyinggung beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh azelaic acid, terutama bagi orang yang rentan mengalami permasalahan jerawat seperti saya. Simak yuk penjelasan selengkapnya mengenai manfaat yang akan kamu peroleh saat menggunakan dengan rutin!

Mengatasi Jerawat


azelaic acid untuk apa saja?

Berkat sifat antibakteri yang dimilikinya, Azelaic Acid mampu mengatasi jerawat meradang serta mencegah jerawat datang kembali.  Manfaat Azelaic Acid dalam mengatasi jerawat tidak berlebihan rasanya karena bahan ini juga memiliki sifat antiinflamasi! Azelaic acid akan membantu peradangan cepat mereda. Semakin singkat peradangan terjadi maka semakin sedikit pula noda yang ditinggalkan.

Membantu Membersihkan Sel Kulit Mati

Kita bisa membersihkan sel kulit mati penyebab kulit kusam dengan menggunakan produk skincare yang mengandung azelaic acid. Fungsi ini diperoleh karena sifat azelaic acid yang dapat melakukan eksfoliasi dengan lembut. Ketika sel kulit mati terhempas, kulit bersih dan bercahaya bukan lagi impian!

Membuka Pori-pori yang Tersumbat

Kotoran yang menutup pori-pori dapat menyebabkan komedo dan jerawat. Inilah cikal bakal timbulnya noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Namun potensi kemunculan jerawat akibat bakteri dan kotoran yang menyumbat pori bisa dicegah dengan Azelaic Acid.

Bantu Ratakan Warna Kulit

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan berbagai gangguan pada kulit, seperti flek hitam, kulit belang, memperparah jerawat dan lainnya. Sedangkan Azelaic Acid dikenal dapat menghambat kerja enzim tirotinase, enzim yang bertanggung jawab pada produksi melamin kulit. Tak hanya keluhan kulit akibat sinar matahari, Azelaic Acid juga bisa kamu gunakan sebagai treatment mengatasi bekas jerawat.

Sebagai Antioksidan

Tak hanya manfaat penting di atas yang bisa kamu peroleh, penggunaan Azelaic Acid secara rutin dan tepat bisa berperan sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan kulit jangka panjang. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, Azelaic Acid juga ditemukan pada mikrobioma kulit. Artinya, bahan yang secara alami sudah dimiliki manusia tentu akan memberi banyak manfaat.

Setelah melihat begitu banyaknya manfaat yang diberikan, jangan lupa simak juga aturan penggunaan yang perlu kamu perhatikan untuk memperoleh hasil terbaik.

Begini Aturan Penggunaan untuk Hasil Terbaik

Setiap kandungan skincare, memiliki kinerja dan cara penggunaan yang berbeda. Nah, saat ingin mencapai hasil maksimal ketika memakai Azelaic Acid, perhatikan hal-hal berikut ini ya!

azelaic acid adalah

Perhatikan Durasi dan Cara Pengaplikasiannya

Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan Azelaic Acid pada pagi maupun malam. Bahkan Azelaic Acid bisa bekerja secara maksimal ketika diaplikasikan bersama vitamin C, niacinamide dan sunscreen yang mengandung SPF. Azelaic Acid aman dipakai 2 kali sehari, khusus bagi pemilik kulit sensitive, kamu bisa mulai 2 hari sekali sambil meningkatkan presentase dan durasi. 

Lalu apakah ada larangan menggunakan azelaic acid dengan ingredients lain? Sebenarnya azelaic acid bisa digabung dengan ingredients lain, namun jika ragu, misalnya karena sedang menjalani pengobatan jerawat dengan Benzoil Peroksida, amannya sih pakai secara terpisah ya untuk menghindari munculnya kemerahan maupun iritasi yang tidak perlu.

Selain berapa kali digunakan, perhatikan juga cara mengaplikasikannya pada wajah. Agar hasilnya maksimal, gunakan merata pada seluruh area wajah. 

Mulai dari Persentase Kecil

Kamu bisa memulai dalam persentase kecil sambil mengamati reaksi kulit. Penggunaan Azelaic Acid pada seseorang yang baru memulainya terkadang menimbulkan purging. Tak usah risau, karena ini merupakan tanda bahwa produk bekerja sehingga membuat jerawat yang jauh di dalam kulit, matang sehingga muncul ke ‘permukaan’. Namun jika kondisi tersebut menimbulkan ketidaknyamanan, kamu bisa menurunkan kadar penggunaan, asal tidak menghentikannya ya!

Yuk pahami perbedaan breakout vs purging agar tidak mudah panik. Saat menggunakan skincare, tak jarang kita sudah menyalahkan si produk padahal bisa jadi cara dan penggunaan kita yang kurang tepat. Namun menghadapi reaksi kulit setelah menggunakan suatu produk memang menimbulkan kekhawatiran tertentu. So, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter jika ada yang mengganjal. 

Gunakan Bersama Retinol untuk Atasi Hiperpigmentasi

Dua bahan aktif ini mengatasi hiperpigmentasi dengan baik karena cara kerjanya saling melengkapi. Jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan blue light ya teman-teman agar memperoleh hasil lebih maksimal.

Berapa Lama Hasil Dapat Terlihat?

Setiap produk skincare memberikan hasil yang bervariasi pada kulit. Hasil penggunaan Azelaic Acid bisa kamu lihat pada 4-6 minggu. Sementara bagi problem kulit hiperpigmentasi, hasilnya bisa dilihat dalam pemakaian minimal selama 6 bulan.

Azealic acid merupakan kandungan skincare yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, terutama untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, noda gelap dan lainnya. Namun, hasil yang diberikan selalu tergantung dengan bagaimana kamu menggunakannya agar efektif. 

Baca urutan penggunaan skincare jika kamu masih bingung produk mana yang perlu didahulukan dan mana yang seharusnya digunakan pada tahap akhir.

11 komentar untuk "Mengenal Azelaic Acid dan Aturan Penggunaan untuk Hasil Terbaik"

Comment Author Avatar
Sebelumnya belum pernah mendengar bahan aktif Azaleic Azid ini. Secara alami ini ada ya ditumbuhan dan tubuh manusia. Tapi sekarang sepertinya juga sudah jadi kandungan berbagai kosmetik.
Comment Author Avatar
Baru tahu nih Azelaic acid yang bisa untuk jerawat. Jadi sekaranh misal berjerawat better cari skincare yang ada kandungan azelaic acid
Comment Author Avatar
Kalau yang kek gini ngga overclaimed dan lebih masuk akal aku justru pengen nyoba hehehe karena dimanapun yang instan itu ngga baik ya kan kaaak :p
Comment Author Avatar
Penting bgt ya kak mengetahui kandungan skincare. Jd ga sembarangan aja utk dipake. Ntr malah ga bs nyembuhin penyakitnya. Malah jerawat hingga penyakit kulit lainnya tambah bnyk.
Comment Author Avatar
wah saya jarang nih merhatiin kandungan dari skinker yg dipake, baca ini jadi lebih paham ingredients dan kegunaannya
Comment Author Avatar
Eh baru semalam membatin lagi cari skincare untuk anak bujang yang wajahnya jerawatan banget, malah nemu artikelnya kakak tentang azelaic acid ini. Nanti mau coba juga ah. Sayang soalnya kalo dia gak segera rawat wajahnya.
Comment Author Avatar
Seneng bgt aku cari informasi ttg skincare gini. Ternyata setiap kandungan itu manfaatnya beda2 ya makanya sekarang, banyak yg bikin produm gentle, biar kita bisa sesuaikan sama kebutuhan kulit, tp ya kudu pinter2 kombinasiinnya sama kandungan lain biar hasilnya mantul
Comment Author Avatar
Jadi nggak sabar buat coba Azelaic Acid. Ternyata butuh konsistensi ya biar keliatan hasilnya, terutama buat masalah hiperpigmentasi. Jadi inget buat lebih sabar dan telaten pake skincare. Nggak sabar lihat kulit jadi lebih bersih dan glowing dalam beberapa bulan ke depan! 😍✨
Comment Author Avatar
Oh berarti kalau mau brli skincare khusunya yang mengatasi jerawat, harus dibaca dulu ya
Dipastikan ada kandungan Azealic acid nya
Comment Author Avatar
Saat menggunakan skincare, memang harus mengikuti petunjuk penggunaan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal ya. Sayangnya kadnag kita ga sabaran, jadi pakainya ga sesuai aturan. hehe
Comment Author Avatar
Boleh tau produk apa saja yang biasanya ada kandungan azelaic acidnya ini? Saya termasuk tipe yang jarang merhatiin ingridient soalnya klo pas beli skincare. Bisa jadi referensi ntar ketika ingin membeli produk2 dengan kandungan azelaic acid.