Mengenal Apa Itu Skincare dan Urutan Pemakaian yang Benar

skincare


Apa yang dimaksud dengan skincare? Apakah step yang digunakan harus saklek? Apakah penggunaan serum dan essence menjadi hal yang wajib?

Simak pengertian dan urutan skincare yang benar agar hasilnya efektif, lengkap!

Pengertian Skincare

Skincare bisa dikatakan sebagai perawatan kulit. Lebih lengkapnya skincare merupakan perawatan kulit (biasanya wajah) menggunakan rangkaian produk yang memiliki fungsi berbeda. 

Bila dilakukan secara teratur, skincare bisa membuat kondisi kulit seseorang membaik lho. Saya telah memakai skincare sejak 2017, awalnya penuh jerawat saat ini Alhamdulillah bangett sudah jarang. Jerawat biasanya akan muncul ketika saya terlewat membersihkan wajah sebelum tidur.

Skincare juga membuat tekstur kulit saya menjadi lebih lembut, komedo juga berkurang Alhamdulillah..

Nah, begini lho urutan penggunaan skincare yang tepat! 

Urutan Skincare Pagi, Malam dan Weekly Lengkap!

Sudah tahu ya kalau penggunaan produk skincare disarankan mulai dari produk dengan tekstur encer agar memudahkan penyerapan produk? Nah, begini urutan skincare mulai dari skincare pegi, malam dan skincare mingguan !

Pembahasan mengenai basic skincare sudah saya tulis terpisah ya!

Skincare pagi dilakukan sebelum kita melakukan aktivitas. Skincare pagi dimulai dari mencuci muka, menggunakan toner memakai pelembap dan pengaplikasian sunscreen.

Teman-teman bisa menambahkan slot serum dan eye cream sebelum memakai pelembap. Jika skincare sudah set, teman-teman bisa mulai make up.
 
Skincare malam dimulai dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water (micellar oil atau cleansing balm), mencuci wajah dengan sabun muka, menggunakan essence, menggunakan serum, memakai krim mata,  memakai pelembap. 

Kenapa serum ada di slot skincare malam dan tidak ada di slot skincare pagi? Sebenarnya kalau ingin memakai serum di pagi hari sah-sah aja sih tetapi saya menghindari karena rasanya berat di wajah.

Apalagi jika ada kandungan zat aktif di dalam serum yang sebaiknya tidak digunakan pada pagi hari, misalnya retinol yang bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari.

Selain skincare harian berupa skincare pagi dan malam, teman-teman juga bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3x seminggu. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati, komedo dan kotoran yang sulit dijangkau dengan produk basic skincare.

Eksfoliasi disarankan tidak dipakai daily karena bisa menyebabkan iritasi. Biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan, dehidrasi hingga bisa merusak skin barrier. 

Teman-teman bisa menggunakan chemical eksfoliasi maupun physical eksfoliasi ya!

0 Response to "Mengenal Apa Itu Skincare dan Urutan Pemakaian yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel