Begini Cara Mengatasi Belang di Tangan

Tangan belang

Setelah pindah rumah, mau tak mau saya harus lebih sering pakai motor. Baik untuk belanja, antar jemput anak sekolah ataupun bekerja. Perjalanan selama 20 menit tersebut mengharuskan saya bertemu lampu lalu lintas sebanyak 3 kali. 

Perlahan saya menyadari kalau area pergelangan tangan dan kaki menjadi belang. Kemudian muncul pertanyaan, ”Bagaimana cara mengatasi tangan belang akibat naik motor?”

Mengapa Kulit Bisa Belang?

Teman-teman pernah membandingkan belum perbedaan warna kulit pada bagian luar dan dalam tubuh? Kebanyakan orang memiliki kulit yang lebih cerah di bagian dalam lho.

Terlebih jika mereka lebih banyak melakukan aktivitas outdoor. Adapun penyebab kulit gelap setelah terpapar matahari dalam waktu lama yaitu adanya proses hiperpigmentasi. Sebab sel melanosit di kulit memproduksi lebih banyak melanin yang membuat kulit gelap. 

Selain mengakibatkan warna kulit menjadi lebih gelap, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan kondisi kulit terbakar dan kering. Bahkan di waktu yang akan datang bisa menyebabkan munculnya flek hitam, keriput, memperparah kondisi jerawat dan lainnya. 

Lalu bagaimana cara mengembalikan warna kulit pada warna aslinya? Atau mencegah efek negatif sinar matahari pada manusia? 

Cara Mengatasi Belang di Tangan

Pada sebagian orang, warna belang di kulit terlihat mengganggu. Apalagi jika belang muncul dengan motif tertentu, misalnya jam tangan. Meski ada juga sih yang cuek-cuek saja!

Belang biasanya muncul di area-area yang terpapar sinar matahari, misalkan punggung tangan, punggung kaki, leher belakang maupun bagian wajah bagi mereka yang memakai jilbab. Nah bagi teman-teman yang ingin mengatasinya, berikut hal-hal yang bisa kita lakukan:

Kenali Pemicu Kulit Belang

Sepakat ya kalau belang akan muncul pada kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Misalkan saja, siang-siang saat berhenti di lampu lalu lintas, olahraga renang atau pun kegiatan lain yang membuat area kulit terekspos. 

Jika hal-hal tersebut menyebabkan bagian kulitmu belang, otomatis kamu harus berhenti melakukannya. 

Lindungi Bagian yang Terekspos Sinar Matahari

Salah satu penyebab kulit tangan belang karena saya harus menjemput sekolah saat matahari sedang terik. Nah, nggak mungkin kan kalau kemudian saya nggak jemput anak sekolah? 

Atau bagi orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskannya berada di bawah matahari, enggak mungkin juga berhenti kerja karena takut belang. 

So, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah meminimalkan dan bahkan melindungi bagian tubuh yang terekspos matahari. Misalnya dengan memakai kaos tangan, kaos kaki, manset tangan, jaket dengan tudung sehingga bisa menutup area yang terkena sinar matahari. 

Gunakan Sunscreen

Cara menghilangkan kulit belang

Tapi nggak semua orang telaten memakai kaos kaki maupun sarung tangan setiap hendak bepergian. Jangankan kaos kaki, jilbab aja sering saya pakai sambil jalan kok saking udah mepet waktunya wkwk.. 

Selain alasan waktu, saya juga merasa kurang nyaman kalau muter gas dengan sarung tangan. Rasanya kurang leluasa dan cengkraman tangan kurang maksimal. 

So, mengoleskan sunscreen akan melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa menjadikan kulit kita lebih gelap dibanding area lain. 

Meski memakai sunscreen, sebaiknya kita jangan berlama-lama di bawah sinar matahari. Jadi seperlunya saja ya!

Agar memberikan hasil yang efektif, kamu juga perlu melakukan re-apply sunscreen 2 jam sekali. Pasalnya kemampuan sunscreen untuk melindungi kulit akan berkurang, terlebih dengan adanya keringat dan lainnya yang menyebabkan produk luntur. 

Pakai Scrub

Scrub untuk tangan belang

Eksfoliasi kulit menggunakan produk scrub dengan kandungan pencerah bisa mengangkat sel kulit mati dan mengikis kulit belang secara perlahan. Beberapa bahan yang dikenal bisa mencerahkan kulit antara lain bengkoang, strawberry, susu dan banyak lagi. Tentu teman-teman bisa memperoleh scrub dalam bentuk lulur dengan mudah dan harga yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. Karena termasuk eksfoliasi kulit, lakukan 2 kali dalam seminggu ya! 

Gunakan Produk yang Bisa Bantu Mencerahkan Kulit

Kandungan zat aktif dalam serum pencerah dikenal bisa mengatasi kulit belang karena sinar matahari lho! Pakai serum pada malam hari saat kulit melakukan regenerasi. 

Beberapa bahan pencerah yang bisa kamu pilih misalnya azelaic acid, kojic acid, alpha arbutin, vitamin C, licorice, symwhite 377, tranexamic acid dan sebagainya. 

Meski kebanyakan serum digunakan untuk wajah, namun saya juga sering lho mengaplikasikannya pada kulit lain, apalagi jika teksturnya tidak nyaman di wajah. Daripada nganggur akhirnya saya pakai di area tubuh lain. 

Selain serum, kamu juga bisa menggunakan produk dalam bentuk sabun batangan. Tentu cara ini nggak mungkin ke-skip karena biasanya bisa sekalian mandi. 

Pakai Handbody

Handbody memiliki manfaat bagi kulit, terutama dalam memberi kelembaban. Sementara efek cerahnya bisa kamu peroleh jika lotion yang kamu pilih dilengkapi dengan kandungan bahan pencerah.

Soal kandungan apa saja yang bisa mencerahkan kulit sudah says sebutkan di atas ya! Selain itu, banyak juga lho handbody yang dilengkapi SPF sehingga lebih praktis. 

Untuk produk yang mengandung spf bisa teman-teman gunakan pada siang hari. Sementara malam hari, kamu bisa memakai produk yang diformulasikan khusus pada malam hari. Biasanya ada beberapa zat aktif yang terkandung, misalkan retinol. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi belang di tangan dan area lain yang bisa kamu coba. Selain perawatan untuk tangan, teman-teman juga bisa baca artikel mengenai skincare untuk wajah

13 komentar untuk "Begini Cara Mengatasi Belang di Tangan"

Comment Author Avatar
Saya banget ini. Kena matahari dikit saat naik motor, warna kulit di tangan berubah jadi item, mana saya putih, jadi keliatan banget belangnya. Makanya saya wajib pakai sarung tangan atau sepatu saat bepergian naik motor. Hemmm boleh juga nih pakai sunscreen untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap kulit.
Comment Author Avatar
Kalau motor²an mungkin bisa terlupakan bagian tngan ada sisi² yang terkena sinar matahari dan yang tidak, jadilah belang. Temen daku ada yang kek gitu, akhirnya kalau motoran dibuat rapat bagian tangan sama dia hihi
Comment Author Avatar
pakai sunscreen dan handbody udah yang paling oke sih. kalau belangnya karena naik motor dalam durasi cukup lama, ya ofkors harus pakai sarung tangan dong, kalo gak bakalan belang meski udah pakai kedua lotions diatas
Comment Author Avatar
Biasanya klo renang di outdoor auto bikin kulit jadi belang, nah ini kan bisa pake sunscreen, tapi klo belang di daerah tertutup ini yang masih susah untuk menyamarkannya.
Comment Author Avatar
Iya ya, selama ini cuma mikirnya wajah aja yang butuh sunscreen. Tangan juga butuh sih ya, terutama punggung tangan kalau saya. Karena juga sering terpapar sinar matahari seperti wajah.
Comment Author Avatar
Aku dulu pas kuliah juga bikers gituuu.. Jadi sensi banget kalo kena matahari.
Sebisa mungkin menggunakan pakaian yang tertutup. Sampai helm pun aku perhatikan. Karena kalau uda belang, ngembaliinnya lagi butuh waktu. Dan bener buat tipsnya, kak..
Kudu perawatan yang rajin untuk bisa dapetin kulit sehat dengan kulit yang merata.
Comment Author Avatar
wah saya juga termasuk kadang belang kalau kena sinar matahari dan jika tidak tertutup, tipsnya brmanfaat banget selama ini saya jarang scrubin yang bagian belangnya itu, bisa dicoba niy kak
Comment Author Avatar
nah ini, untuk yang sering bawa motor atau sepeda dan jarang pakai sarung tangan, bisa geseng deh punggung tangan, bikin belang xD sarannya bisa dicoba nih
Comment Author Avatar
CATET! Aku bakal terapin ini sih. Karena memang tanganku jadi belang banget sebab antar jemput sekolah, haha
Comment Author Avatar
Iya wajib pakai sunscreen, dulu pernah saya gak pakai sunscreen tiap keluar rumah alhasil jadi belang. Apalagi sinar matahari bahaya untuk kulit, jadi wajib pakai sunscreen
Comment Author Avatar
Saya lagi kepo sama jaket plus sarung tangan anti UV, seriusan bisa mengatasi kulit belang ga sih?
Comment Author Avatar
Iya kak bagian kulit luar sama kulit dalam itu emang cenderung suka belang apalagi kalau udah beraktivitas di bawah sinar matahari terlalu lama dan emang butuh cara mengatasinya kayak pakai sunscreen dan rutin buat scrub juga
Comment Author Avatar
Pakai motor kemana-mana menjadikan kulit tangan belang, hehehee... buat hindari paparan matahari langsung aku selalui pakai Sunscreen. Lumayan aman nih tangan,,,