Apakah Ada Cara Menguatkan Akar Rambut?

Bagaimana cara menguatkan akar rambut?

Pasca smoothing, saya menemukan banyak sekali rambut rontok karena patah. Ingat banget, saat itu saya melihat rambut bagian atas (dekat ubun-ubun) saya jigrak. Beneran deh, saat itu takut banget kalau harus mengalami kebotakan karena memang rambut yang patah sebanyak itu! 

Dari kejadian tersebut, saya menjadi tahu bahan dan cara yang bisa kita gunakan untuk mendukung kesehatan rambut. Teman-teman, ini dia deretan cara menguatkan akar rambut secara alami yang bisa kita lakukan!

Mengenal Fase Pertumbuhan Rambut 

Sebelum mengetahui beberapa cara menguatkan akar rambut secara alami, kenali lebih dulu yuk fase-fase pertumbuhan rambut. 

Fase Anagen

Bisa dikatakan sebagai fase terpanjang karena terjadi dalam 2 hingga 5 tahun. Dalam fase ini, folikel rambut akan terus memproduksi sel-sel baru, dengan catatan selama hormon yang mengendalikan pertumbuhan rambut masih ada. 

Fase Katagen

Dalam fase ini rambut menjadi tidak aktif namun juga tidak rontok. Fase katagen terjadi sekitar 7 hari bahkan kurang.

Fase Telogen

Merupakan fase dimana rambut tua akan digantikan dengan rambut baru. Di fase yang berlangsung selama dua hingga empat minggu, rambut akan rontok secara alami. 

Fase Eksogen

Dapat dikatakan sebagai perpanjangan dari fase telogen. Kamu akan menemukan rambut rontok 50-100 helai dalam periode ini. Tak usah risau karena hal tersebut adalah sesuatu yang normal. Nah, gimana, sekarang sudah tahu kan berbagai fase yang dialami rambut kita. 

Setiap fase, tentu memerlukan perawatan berbeda. Mulai dari fase anagen, miliki durasi tidur yang cukup dan berkualitas. Selain itu, kamu juga harus menjaga rambut dari polusi dan stres. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan rambut. 

Selanjutnya, dalam fase katagen, hindari penggunaan bahan kimia keras dan mengikat rambut terlalu kencang. Sedangkan pada fase telogen, hindari menyikat rambut terlalu keras untuk menghindarkan rambut dari trauma.

Sedangkan, pada fase terakhir, kamu perlu memperhatikan pola makan, pola istirahat dan menghindarkan rambut dari polusi, sama seperti pada fase pertama. 

Nah, masalahnya agak sulit ya menentukan secara pasti fase pertumbuhan rambut kita sehingga bisa menerapkan cara perawatan rambut yang sesuai. Oleh sebab itu, berikut cara menguatkan akar rambut yang bisa kamu lakukan. 

Cara Menguatkan Akar Rambut 

Menyisir rambut

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, daftarnya bisa teman-teman baca di artikel tentang kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat rambut rontok parah. Nah, sekarang mulai cari tahu cara memperkuat akar rambut secara alami yuk!

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepala yang bersih dan sehat turut memengaruhi kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok. Oleh sebab itu, bersihkan rambut secara berkala. Kamu juga bisa menggunakan sisir pijat yang bisa bantu membersihkan kotoran dari kulit kepala secara maksimal. 

Memastikan Nutrisi Terpenuhi 

Selain itu, penuhi juga nutrisi yang dibutuhkan rambut agar kuat. Konsumsi makanan yang mengandung protein, zink, zat besi dan sebagainya. 

Menghindari Sampo yang Memiliki Kandungan Sulfat

Penggunaan sampo dengan sulfat ternyata bisa menyebabkan rambut kering dan rapuh. So, hindari sampo dengan sulfat jika ingin memiliki rambut kuat yang tidak mudah rontok! 

Melakukan Pijat Kulit Kepala 

Aliran darah yang lancar akan membuat berbagai nutrisi terdistribusi dengan baik. Kamu bisa melakukan pijatan lembut saat keramas atau mengaplikasikan hair oil. 

Menggunakan Bahan Alami sebagai Masker 

Cara menguatkan akar rambut

Ada banyak bahan alami yang dapat dipakai menjaga kekuatan rambut, seperti lidah buaya. Kamu bisa menggunakan masker lidah buaya. Caranya blender daging lidah buaya, kemudian saring. Aplikasikan lendir daging lidah buaya di area rambut, diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya bilas hingga bersih. 

Minum Air Putih Secukupnya 

Memastikan asupan cairan terpenuhi juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut lho! Pasalnya, saat tubuh kekurangan cairan atau nutrisi lainnya maka tubuh akan memprioritaskan untuk mendukung kerja organ vital, misalnya jantung. So, jika kamu ingin kesehatan rambut senantiasa optimal, maka pastikan bahwa kebutuhan air putih terpenuhi. 

Kelola Stres 

Kondisi tubuh juga berpengaruh terhadap kekuatan rambut. Kamu perlu mengelola stress yang ada agar tidak merugikan tubuh. 

Hindari Terlalu Sering Keramas 

Keramas memang dapat membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala yang mengganggu kesehatan rambut. Apalagi jika tipe rambut kita adalah berminyak. Sehingga jika tidak dibersihkan, dapat menyebabkan lepek, bau apek hingga masalah ketombe. Namun, keramas berlebihan, misalnya setiap hari sangat tidak disarankan karena bisa membuat rambut kering dan rapuh. 

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang kuat.

Posting Komentar untuk "Apakah Ada Cara Menguatkan Akar Rambut?"