Kebiasaan Sepele yang Membuat Rambut Sehat

Kondisi rambut yang sehat pasti membuat setiap orang bahagia. Selain menambah rasa percaya diri karena tampil dengan rambut indah, kondisi ini juga menambah rasa nyaman. 

Agar rambut tetap sehat

Bayangkan saja, bila kita bermasalah dengan kulit kepala berketombe atau rambut yang menjadi sarang kutu! Tentu kita akan sibuk garuk-garuk. Nah, itulah pentingnya menerapkan cara merawat rambut agar sehat, berikut kebiasaan yang bisa kita lakukan

Biar Rambut Sehat Pakai Apa?

Sebagai bagian tubuh yang tidak bisa merasakan sensasi sakit, banyak orang menyadari kalau rambutnya rusak setelah beberapa waktu. Kejadian tersebut juga saya alami, saya baru mengetahui kalau kesehatan rambut terganggu setelah secara tidak sengaja menemukan warna merah dengan ujung bercabang dan banyak sekali rambut rontok. 

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan?

Penuhi Asupan Protein

Protein rambut berguna untuk menguatkan dan menyehatkan batang rambut. Dengan kondisi optimal tersebut, rambut tidak menjadi mudah rontok dan tetap sehat. 

Selain mengkonsumsi sumber protein seperti telur, daging dan lainnya, kamu juga perlu menambah asupan sayur berdaun hijau sebagai sumber zinc dan omega 3. Jika perlu, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen biotin untuk mengatasi dan mencegah kerontokan rambut semakin parah. 

Menggunakan Masker Lidah Buaya

Rambut rontok

Beberapa waktu lalu saya melihat salah satu video mengenai penggunaan ekstrak lidah buaya di rambut. Hal tersebut mengingatkan saya pada cara merawat rambut agar sehat yang dikatakan oleh banyak orang.

Si pembuat video menyatakan bahwa kebiasaannya mengaplikasikan gel lidah buaya di kulit kepala menjadikan rambutnya hitam dan sehat. 

Hal ini diperkuat dengan ekstrak lidah buaya yang banyak saya temukan di berbagai produk perawatan rambut. Selain itu, ada pengalaman seseorang yang mengatakan bahwa ia menghindari lidah buaya di kulit karena menurut pengalamannya akan membuat banyak bulu-bulu tumbuh. Kesimpulannya, lidah buaya memang memberi manfaat untuk rambut. 

Adapun cara merawat rambut agar sehat dengan lidah buaya bisa kita lakukan melalui dua metode. Pertama, membuat ekstrak lidah buaya di rumah dan mengaplikasikannya di kulit kepala. Sementara cara berikutnya yaitu dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya yang lebih modern.

Tapi kenapa ya lidah buaya bisa membuat rambut sehat? Hal ini karena kandungan yang dimiliki lidah buaya, antara lain:

Vitamin A, C, E, B12, asam folat, vitamin B, kolagen dan kandungan aloenin yang bantu menyehatkan dan menyuburkan rambut. Kandungan tersebut tidak hanya membantu menyehatkan dan menyuburkan, namun juga memberi kilau alami rambut. 

Kini ada banyak hair oil yang mengandung lidah buaya yang bisa kamu pilih. Namun kita juga bisa menggunakan cara tradisional, yaitu mengoleskan gel lidah buaya di atas kulit kepala dan batang rambut. Diamkan selama tiga puluh menit lalu bilas hingga bersih. 

Gunakan Sisir sesuai Jenis Rambut

Kita biasanya menyisir rambut dengan sisir apapun yang ada di rumah. Hal tersebut ternyata kurang tepat karena penggunaan yang salah bisa membuat rambut rontok, terlebih jika kita memiliki rambut panjang. 

Di pasaran ada beragam jenis sisir yang bisa kita pilih. Bagi pemilik rambut keriting bergelombang atau yang perlu merapikan rambut dalam kondisi basah, kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang. 

Begitu juga penggunaan untuk tujuan tertentu, misalnya perlu merapikan anak rambut saat disanggul, sisir yang digunakan untuk rambut yang disasak, sisir untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala saat keramas dan sebagainya. Penggunaan sisir yang tepat, akan menjadikan rambut rapi tanpa membuatnya rontok. 

Pilih Produk Perawatan Rambut yang Sesuai Kebutuhan

Keramas

Tidak hanya penggunaan sisir yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan rambut sehat, namun juga produk perawatan rambut yang akan dipakai. Gunakan produk sesuai dengan kebutuhan, jika kulit kamu berminyak maka bisa menggunakan sampo yang bisa mengurangi kadar minyak di rambut. Begitu juga dengan tipe rambut kering atau rambut lainnya yang memerlukan perawatan ekstra, seperti rambut yang diwarnai atau rambut yang smoothing. 

Tak hanya penggunaan haircare product namun kamu juga perlu memerhatikan perawatan setelah keramas. Antara lain, hindari menyisir dan menggosok rambut yang basah dengan handuk. Alasannya? Bisa teman-teman baca di artikel seputar cara mencegah rambut rontok dan cara menghitamkan rambut

Usai keramas, teman-teman bisa menyisir rambut setidaknya setelah 90% dalam kondisi kering. Untuk memperoleh rambut sehat, usahakan untuk mengeringkan rambut secara alami ya! 

Minimalkan penggunaan alat styling yang menghantarkan panas, seperti hair dryer, flat iron dan sebagainya karena bisa membuat rambut kering (huhu dan saya masih sering menggunakan flat iron lho ya astaga maafkan) 

Hindari Memakai Jilbab Saat Rambut Basah

Menutup kulit kepala dan rambut dalam kondisi basah bisa menyebabkan permasalahan kulit kepala, seperti munculnya ketombe, rambut lepek, bau apek, rontok dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, keringkan rambut dengan sempurna sebelum kamu memakai jilbab atau mengikat rambut. 

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperoleh tampilan rambut indah. Selain tips merawat rambut, saya juga menulis seputar jerawat

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Sepele yang Membuat Rambut Sehat"