Bibir Bermasalah Saat Puasa? Yuk Kenali Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Eksfoliasi untuk mengatasi bibir kering

Bibir kering dan pecah-pecah dikasih apa ya? Baik, salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh banyak orang saat puasa ialah memiliki bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini menjadi wajar mengingat asupan cairan berkurang. Apakah kamu adalah salah satu pemilik masalah tersebut? Yuk simak penjelasan selengkapnya! 

Mengenal Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

Saat puasa, otomatis durasi mengkonsumsi makanan dan minuman akan berkurang. Tak heran jika banyak orang akan merasakan bibir mereka kering. 

Lalu bagaimana jika sebelum puasa bibir sudah kering hingga nyaris berdarah, tentu kondisi saat puasa bisa semakin parah ya! Namun faktanya, bibie saya nggak kering-kering banget lho saat digunakan berpuasa. 

Cara atasi bibir kering

Yah, belum ada seminggu memang tetapi bila dibandingkan dengan jaman dulu, Alhamdulillah banget kondisinya jauh lebih baik. 

Nah, simak yuk cara yang saya lakukan untuk mengatasi bibir kering saya hingga kondisinya jauh lebih baik seperti saat ini. 

Begini Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa

Menemukan bibir kering hingga berdarah adalah hal yang sering saya alami. Awalnya bibir ‘hanya’ terlihat kering dengan sel-sel kulit mati yang gemec buat dicabuti. 

Selain memastikan asupan air putih tercukupi ketiksa sahur dan berbuka, berikut cara yang saya lakukan untuk mengatasi bibir saya, yaitu:

1. Rutin Eksfoliasi Bibir

Salah satu penyebab bibir berdarah yang sempat saya singgung sebelumnya adalah sel kulit mati yang ‘melambai-lambai’ minta dicabuti. Nah, eksfoliasi bibir digunakan untuk menyingkirkan sel mati tersebut agar bibir lebih sehat. 

Kesalahan saya, mencabuti kulit mati yang mengelopek dalam kondisi kering. Hal ini berpotensi menyebabkan sel yang masih sehat menjadi berdarah. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Bibir Hitam

Salah satu cara aman yang bisa dilakukan ialah dengan scrubbing bagian bibir. Teman-teman bisa menggunakan produk scrub homemade memanfaatkan bahan yang ada di rumah.

Cara membuatnya bisa dengan mencampurkan gula pasir dan madu. Selanjutnya balurkan di atas permukaan bibir dan scrub secara lembut. Ini merupakan cara mengangkat sel kulit mati dengan lebih aman. 

Jika tidak memiliki madu, teman-teman bisa kok menggunakan lap lembut yang sudah basah untuk mengusir kulit kering. 

2. Menggunakan Lip Balm dengan SPF

SPF (sun protector factor) bisa kamu andalkan untuk melindungi bibir dari bahaya paparan sinar matahari. Sama dengan kulit wajah, area bibir juga bisa menggelap dan kering saat terpapar sinar UV. 

Saat ini, ada banyak rekomendasi merek lip balm yang juga dilengkapi dengan SPF lho. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan budget dan preferensi.

Ada pilihan produk yang disertai aroma serta yang tidak memiliki aroma. Bahkan ada lip balm yang memberikan efek warna saat digunakan. 

3. Menggunakan Lip Sleeping Mask sebelum Tidur

Scrub bibir

Lip sleeping mask adalah salah satu produk penyelamat yang saya gunakan untuk mengatasi kulit bibir yang kelembapannya kurang. Salah satu produk yang pernah saya coba ialah produk dari Laneige. 

Saya sempat takjub karena cukup dengan penggunaan beberapa kali saja, permasalahan kulit bibir kering dan berdarah saya teratasi. Dengan wangi yang menguar lembut, harga yang dibanderol produk ini jatuhnya tidak mahal. 

Alasannya karena produk bisa dipakai dalam jangka waktu lama (padahal saya menggunakannya pagi dan malam) dengan efektivitas yang baik. Sepadan dengan harganya! Teman-teman juga bisa membaca ulasan lengkap saya saat menggunakan lip sleeping mask Laneige ya! 

4. Tidak Menggunakan Lipstik

Jangan heran ya bila lipstik yang saya miliki bisa sangat awet. Ini karena saya sangat jarang memakai lipstik. 

Bukan karena tidak mau atau tidak suka tetapi setiap menggunakan lipstik, pasti setelahnya bibir saya menjadi kering. So, saya lebih memilih menghindarinya. 

Namun jika terpaksa atau lagi pingin pakai lipstik, saya akan memastikan bahwa bibir saya dalam keadaan lembap dengan memoleskan lipbalm terlebih dahulu. 

5. Selektif Memilih Pasta Gigi

Cara selanjutnya yaitu saya sangat selektif saat memilih pasta gigi. Hal ini sebenarnya bermula secara tidak sengaja. 

Waktu itu, saya menggunakan pasta gigi merek lain. Setelahnya bibir saya menjadi sangat kering. Sedangkan saat menggunakan merek pasta gigi lain, bibir saya baik-baik saja lho. 

Dari hal ini saya menyimpulkan bahwa ada merek-merek tertentu yang tidak bisa saya gunakan karena membuat bibir menjadi kering. Satu yang saya ingat, busa yang dihasilkan pasta gigi tersebut sangat banyak. 

6. Tidak Menjilati Bibir

Meskipun menjilati bibir bisa membuatnya lembap secara instan, namun hal ini tidak boleh dilakukan. Alasannya karena air liur akan cepat menguap sehingga kondisi bibir bisa menjadi lebih kering setelahnya. 

Nah, itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang rutin saya lakukan. Saat teratur melakukannya, kondisi bibir saya membaik. Namun sebaliknya, saat satu poin saja tidak saya patuhi, kulit bibir akan menjadi kering. 

Posting Komentar untuk "Bibir Bermasalah Saat Puasa? Yuk Kenali Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah"