Begini Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Lipbalm untuk bibir kering

Kondisi bibir hitam dan kering dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah menjadi kusam dan tidak segar. Bagi kamu yang mendambakan bibir lembap dan cerah, perlu mengetahui penyebab serta cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Bibir Hitam dan Kering

Sama seperti bagian tubuh lain, kamu perlu melakukan perawatan bibir agar kondisinya optimal. Sebelum mengetahui cara mengatasi bibir kering dan hitam, ketahui lebih dulu yuk mengenai penyebabnya! 

Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki efek buruk bagi kulit, termasuk kulit area bibir. Paparannya dapat merusak lapisan bibir sehingga menyebabkan kondisi kering dan pecah-pecah akibat kelembapan alami yang hilang. 

Lipstik

Tak cukup sampai di situ karena paparan sinar matahari juga bisa meningkatkan produksi melamin yang membuat warna bibir menjadi gelap.

Kehamilan

Kehamilan dapat berpengaruh terhadap suasana hati hingga fluktuasi hormon. Beberapa kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi sehingga mempengaruhi kondisi bibir yang menjadi kering. 

Suasana hati yang berubah selama kehamilan juga memengaruhi kebiasaan seseorang untuk merawat tubuhnya. Akibat kehamilan, bisa saja seorang wanita menjadi kesulitan membersihkan diri, misalnya karena mual dan muntah, membuatnya lebih memilih tidur daripada bersih-bersih. 

Perlu diingat, kondisi hamil setiap wanita tidak sama. Bukannya malas, bisa saja menjadi lebih rajin dan hobi merawat tubuh. Pengalaman saya sih gitu, waktu hamil kok ya jadi rajin sekali bedakan. 

Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat bisa menyebabkan hiperpigmentasi sehingga memengaruhi kondisi bibir menjadi kering. Saat pengobatan dihentikan, kondisi bibir biasanya membaik. Namun hiperpigmentasi juga bisa bertahan dalam waktu lebih lama. 

Minuman Berkafein

Kafein bisa kita temukan dalam kopi, teh dan lainnya. Kandungan inilah yang menjadi pemicu bibir kering dan pecah-pecah. Alasannya karena kafein membuat tubuh dehidrasi sehingga memengaruhi kondisi tubuh. 

Rokok

Sudah menjadi rahasia umum bila rokok bisa menyebabkan warna bibir menghitam. Pasalnya rokok mengandung nikotin dan benzyprene yang menyebabkan produksi melamin meningkat. 

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Cara mengatasi bibir kering

Cara mengatasi bibir kering dan hitam perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Misalkan saja, penyebab bibir hitam karena sering merokok. 

Maka, hentikan kegiatan ini untuk menghindari kondisi bibir semakin parah. Hal tersebut juga berlaku jika penyebab bibir kering karena terlalu banyak kafein. 

Selain memenuhi asupan air dan nutrisi dari dalam, berikut ini beberapa tips lain untuk menjaga tampilan bibir tetap cantik, diantaranya:

Menggunakan Lip Balm yang Mengandung SPF

Menggunakan lipbalm dengan spf

Mayoritas orang tidak akan melewatkan tahap protection kulit menggunakan sunscreen dalam ritual skincare dasar mereka. Namun, belum banyak yang memerhatikan kesehatan bibir dengan selalu menggunakan SPF (termasuk saya). 

Hmm.. Padahal penggunaan lipbalm yang mengandung SPF sangat penting untuk menjaga kelembapan serta mencegah bibir berubah warna. Teman-teman bisa memilih beberapa lip produk dengan kandungan SPF yang juga dilengkapi bahan pelembap bibir, seperti sea butter, olive oil, vitamin E dan bahan pelembap lainnya. 

Jadi jangan lupa gunakan lip balm dengan SPF ya sebelum mengoleskan lipstik karena ini bisa mencegah bibir mengalami kekeringan. 

Baca Yuk : Review Laneige Lip Sleeping Mask

Selektif Memilih Lipstik

Gunakan produk lipstik yang berkualitas, sudah memiliki ijin edar. Artinya produk tersebut tidak mengandung kandungan yang membuat kondisi bibir kering dan hitam atau risiko menimbulkan penyakit lainnya. 

Kamu bisa memilih lipstik dengan kandungan berikut sebagai patokan sebelum membeli lipstik:

  1. Menggunakan minyak alami yang sehat, misalkan minyak castor, olive oil, minyak bunga matahari, jojoba oil dan lain-lain. 
  2. Memiliki perasa dan aroma alami yang berasal dari ekstrak vanila, ekstrak bunga mawar dan sebagainya. 
  3. Memakai bahan lilin alami semisal beeswax. 
  4. Menggunakan pelembap dari tanaman, seperti shea butter, lidah buaya dan sebagainya.
  5. Menggunakan pewarna mineral yang aman, misalkan saja titanium dioksida, mika dan pengawet alami mulai dari vitamin E, minyak tea tree dan lainnya. 
  6. Menggunakan jenis lipstik yang juga melembapkan bibir. 

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Kamu perlu melakukan eksfoliasi bibir secara rutin, yaitu sekali hingga dua kali seminggu. Treatment ini akan menghilangkan sel kulit mati yang ada di bibir kamu. 

Dengan begini, bibir akan lembap, sehat sehingga lip produk yang kamu gunakan bisa melekat sempurna. Saat melakukan eksfoliasi bibir, kamu bisa menggunakan scrub buatan sendiri. 

Salah satu caranya, dengan mencampurkan 2 sdt gula pasir dengan 1 sdt madu. Setelah kedua bahan ini tercampur rata, oleskan merata pada area bibir. 

Lakukan gerakan memutar dengan lembut. Setelah usai, bilas dengan air bersih ya! 

Eksfoliasi bibir wajib dilakukan terlebih bila dalam aktivitas sehari-hari kamu selalu menggunakan lipstik. Treatment ini bisa membantu membersihkan sisa lipstik dari bibir. 

Merawat bibir tidak boleh kita lewatkan karena kesehatan bibir menjadi salah satu peran untuk memperoleh tampilan segar dan sehat. Nah, itulah cara mengatasi bibir kering dan hitam dan pencegahan yang bisa kamu lakukan. 

Posting Komentar untuk " Begini Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam"