Apa Itu Pubertas serta Ciri-ciri yang Wajib Diketahui

Apa itu pubertas

Apa itu pubertas adalah topik yang sangat menarik bagi ibu dengan anak perempuan seperti saya. Pasalnya saya harus memahami pengertian serta ciri-cirinya sebagai bekal menemani buah hati sebagai tempat bertanya. 

Menurut saya, ibu adalah salah satu sosok paling aman dan nyaman bagi seorang anak perempuan untuk membicarakan beberapa hal terkait pubertas. Lalu apa saja ciri pubertas pada anak perempuan? Simak yuk selengkapnya!

Pengertian Apa itu Pubertas 


Apa itu pubertas? Pubertas ialah perubahan secara seksual yang terjadi pada perempuan dan laki-laki sebagai tahapannya menuju dewasa. Pada perempuan, biasanya terjadi di umur 10-14 tahun. Pada anak laki-laki, masa ini terjadi di rentang 12-16 tahun. Perempuan memang mengalami masa pubertas lebih awal dibanding laki-laki. 

Ciri-ciri Pubertas pada Anak Perempuan


Antara anak perempuan dan laki-laki tentu memiliki ciri yang berbeda. Berikut ini ciri pubertas pada anak perempuan yang wajib diketahui orang tua.

Perubahan Bentuk Tubuh


Ciri pertama dari pubertas pada anak perempuan bisa dilihat dari perkembangan beberapa bagian tubuh, salah satunya bagian dada yang mulai membesar. 

Di tahap ini, anak mungkin akan merasa sedikit nyeri namun hal ini adalah sesuatu yang normal sehingga tidak perlu khawatir. 
Selanjutnya sebagai orang tua kita harus memperhatikan pakaiannya karena pasti sudah tidak nyaman lagi jika hanya menggunakan kaos katung seperti masa kanak-kanak. 

Dalam hal ini, orang tua juga wajib mempersiapkan budget khusus ya karena nominal belanja pakaian dalam perempuan tidak bisa diremehkan lho. 

Munculnya Rambut di Area Tertentu dari Tubuh


Ciri pubertas berikutnya yaitu munculnya rambut halus di area intim tubuh serta ketiak. Anak perlu diberi pendampingan agar ia tidak takut menghadapi fase menuju dewasa tersebut. Anak juga bisa mulai diajari cara merawat bagian-bagian tubuhnya. 

Keputihan


Keputihan merupakan ciri berikutnya bahwa seorang anak perempuan telah mengalami pubertas. Biasanya keputihan terjadi pada beberapa hari sebelum menstruasi.

Anak perlu mengetahui beberapa hal terkait keputihan, seperti ciri keputihan yang normal dan yang tidak hingga bagaimana melakukan penanganan yang tepat untuk menjaga kenyamanan.

Menstruasi


Menstruasi adalah ciri yang paling dominan dari fase puber. Jika seorang anak sudah mengalami mentruasi ia dianggap sudah dewasa karena sudah bisa menjadi ibu.

Di sinilah peran penting ibu dalam menemani buah hati memasuki masa dewasa. Tentu kita ingin melihat anak menyelesaikan pendidikan serta bisa bekerja dan memperoleh banyak pengalaman dulu sebelum menikah dan menjadi ibu.

Apalagi kematangan emosi amat diperlukan dalam perubahan status tersebut. Jelang keluarnya darah menstruasi, tubuh akan memberi tanda seperti kram di bagian tubuh tertentu, suasana hati yang naik turun dan lainnya. 

Salah satu cara yang perlu dilakukan orang tua ialah memberi pengertian pada anak. Tak kalah penting ialah anak harus tahu apa yang harus dilakukannya ketika darah menstruasi keluar.

Pasalnya keluarnya darah menstruasi tidak bisa diprediksi secara pasti so sebagai orang tua, kita harus membekali anak dengan berbagai persiapan. Misalkan saja mengenalkan fungsi pembalut serta hal lain yang terkait.

Tinggi Badan


Dari waktu ke waktu tinggi badan anak akan mengalami pertambahan. Namun dalam masa pubertas, tentu tinggi badan anak akan bertambah secara drastis.
Jangan kaget bila tinggi anak akan melebihi tinggi badan ibunya. 

Nah itulah pembahasan singkat mengenai apa itu pubertas yang wajib dipahami setiap orang tua. Apalagi di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti saat ini, jangan sampai anak mengetahuinya dari sumber yang tidak bertanggung jawab. 


Referensi:
https://www.halodoc.com/artikel/ibu-ini-5-ciri-fisik-pubertas-pada-anak-perempuan
https://www.alodokter.com/pubertas-mengubah-tubuhku#:~:text=Pubertas%20merupakan%20suatu%20tahap%20perkembangan,kisaran%20usia%2012%E2%88%9216%20tahun.

0 Response to "Apa Itu Pubertas serta Ciri-ciri yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel