Memiliki Kemampuan di Atas Rata-rata dengan Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris online

Memiliki kemampuan di atas rata-rata dengan belajar bahasa Inggris.

Yap, pandemi memang masih terjadi, namun kita tak boleh terlena. Zaman yang terus berkembang memaksa gerakan kita untuk tetap dinamis. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjadi seseorang dengan kemampuan di atas rata-rata.

Ketrampilan berbahasa di luar bahasa ibu adalah salah satu skill yang dapat menunjang tuntutan itu. Kemampuan ini sangat berguna baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja.

Seperti yang kita tahu, salah satu imbas pandemi membuat semua urusan akademik harus dilakukan di rumah. Sebagai ibu, otomatis tanggung jawabku bertambah dibanding kehidupan sebelum wabah melanda.

Membersamai anak di rumah tidak mudah lho apalagi bila menengok ketatnya tuntutan dunia pendidikan saat ini. Sebagai orang tua, mau tak mau kita pun harus meningkatkan kualitas diri. Dalam hal ini, menguasai bahasa Inggris adalah salah satu faktor penting.

Selain untuk menggantikan peran guru selama kegiatan belajar di rumah, aku pun merasakan urgensi dari penguasaan ketrampilan ini setiap kali menilik persaingan di dunia kerja yang kian menggila.

Yap, di luar kesibukanku sebagai seorang ibu, aku adalah seorang freelance di bidang penulisan artikel.

Secara rutin aku akan melakukan analisa terhadap apa yang aku kerjakan. Tujuannya agar apa yang aku lakukan dapat memberikan hasil maksimal dengan durasi minimal.

Dalam menganalisa performa, kebetulan aku menggunakan metode yang biasa dipakai oleh para pengusaha dalam mengembangkan bisnis mereka.

Yaitu S.W.O.T analysys yang merupakan kepanjangan dari Strenght, Weakness, Opportunity dan Threats.

Lister

Manfaat melakukan analisa S.W.O.T yang aku rasakan, antara lain :


  • Aku mengetahui kelebihan, kekurangan serta celah yang bisa aku manfaatkan untuk tetap menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
  • Aku bisa mencapai target lebih mudah karena strategi yang kupakai lebih tepat sasaran.
  • Waktu yang aku butuhkan relatif lebih singkat karena aku mengguanakan strategi yang telah terukur.

Ini lho hasil analisa S.W.O.T yang aku lakukan :


  • Strengh atau kekuatan. Pekerjaan sebagai freelance membebaskanku untuk menulis di banyak tempat. Hal ini tentu berbanding lurus dengan hasil yang bisa aku dapat.
  • Weakness atau kelemahan. Meski tidak terikat pada satu tempat alias bisa memaksimalkan hasil, namun datangnya projek cenderung sulit untuk diprediksi.
  • Opportunity alias kesempatan. Kesempatan berkarya terbuka lebar terlebih konten tulisan sangat dibutuhkan sebagai media promosi internet.
  • Threats adalah ancaman. Nah, walaupun memiliki beberapa kelebihan namun persaingan harga yang tidak sehat dapat menciptakan efek serupa. Jika kita hanyut dalam suasana perang harga, yang akan didapat justru kelelahan fisik namun uang yang diperoleh tidak mampu menutup kebutuhan. 

Nah, setelah melakukan analisa tersebut akhirnya aku menarik kesimpulan, bahwa aku memang harus menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu syarat untuk menjadi seseorang dengan kemampuan di atas rata-rata. Alasannya,

  • Menguasai bahasa Inggris adalah syarat mutlak agar aku bisa mendapat lebih banyak klien, tak terbatas hanya di Indonesia.
  • Dengan menguasai hal tersebut, aku dapat memanfaatkan peluang menulis artikel berbahasa Inggris yang masih banyak dibutuhkan orang.
  • Kemampuan berbahasa Inggris akan mempermudah riset karena tidak semua topik yang aku tulis memiliki referensi dalam bahasa Indonesia yang memadai.

Tak hanya bagiku, menurutku kemampuan bahasa Inggris/asing berguna bagi masyarakat luas.

Manfaat Menguasai Bahasa Inggris secara Umum, Diantaranya :

  1. Memudahkan seseorang saat belajar, bepergian atau bekerja di luar negeri.
  2. Memudahkan seseorang dalam memahami bacaan dalam bahasa Inggris. Tak salah, mengingat terdapat perbedaan tata bahasa yang bisa mengakibatkan salah persepsi antara pembaca dengan maksud si penulis.
  3. Dapat dijadikan pekerjaan sampingan, misal seorang guru yang membuka les privat bahasa Inggris, mahasiswa yang menyediakan jasa penerjemah dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris kita harus menguasai ketrampilan reading, writing, speaking dan listening. Nah berikut cara sederhana melatih kemampuan cas cis cus ala bule yang bisa dicoba.

Cara Sederhana Melatih Kemampuan Bahasa Inggris :

  1. Dengarkan lagu atau film berbahasa Inggris. Kegiatan ini bisa melatih telinga kita agar makin familiar dengan cara native speaker mengucapkan kata. Selain melatih kemampuan listening, kita juga dapat memperkaya vocabulary lho.
  2. Berinteraksi dengan bule. Jika zaman dulu kita harus mengunjungi tempat wisata yang dipenuhi turis hanya untuk berbincang dengan mereka, kini kita dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Ada banyak pilihan platform untuk mendukung kegiatan ini.
  3. Belajar bahasa Inggris/asing secara online di lembaga belajar terpercaya.

Lister, Lembaga Belajar Bahasa Inggris dengan Beragam Fitur


Lister, belajar bahasa Inggris


Saat menjelajah media sosial, aku menemukan sebuah lembaga pelatihan bahasa Inggris yang cukup sering bekerja sama dengan perusahaan bonafid ternama.

Lister yang berkantor pusat di Yogyakarta ini menawarkan kelas bahasa Inggris yang bisa diakses secara daring lho.

Alasanku Tertarik Belajar Bahasa Inggris di Lister

  1. Lister merupakan one stop learning paltform yang membuat kita bisa belajar bahasa Inggris kapan pun, dimana pun.
  2. Lister memberikan dukungan penuh selama 24 jam untuk kita yang membutuhkan konsultasi baik mengenai kursus atau kendala teknologi.
  3. Konten pembelajaran Lister dibuat dengan acuan standar internasional.
  4. Bila dilihat dari fasilitas yang Lister tawarkan, belajar bahasa Inggris harganya terjangkau plus bisa dicicil lho.
  5. Tenaga pengajar bersertifikasi dimiliki Lister.
  6. Lister mempunyai banyak program yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan, seperti English for Kids, English for Teens, bahasa Inggris untuk persiapan wawancara kerja dan banyak lagi.
  7. Prosedur pendaftaran yang cukup simple. Kita bisa langsung memilih program yang ingin diikuti. Setelah mengisi formulir, berikutnya kita akan diminta untuk melakukan placement test. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki yang berguna untuk penempatan jenjang materi.
  8. Materi yang kita dapatkan bisa diakses selamanya.
  9. Kelas online rasa offline karena dalam proses pembelajarannya, Lister menggunakan teknologi tatap muka yang diakses secara langsung.
Jika teman-teman tertarik untuk belajar bahasa Inggris online di Lister seperti diriku, cuss konsultasi saja melalui nomor WhatsApp yang tertera di website-nya. Aku juga mau konsultasi nih.

Referensi : 

Buku 'In the Mind of Natali Ardianto'
www.lister.co.id

Sumber gambar :

freepik.com
logo png lister.co.id

0 Response to "Memiliki Kemampuan di Atas Rata-rata dengan Belajar Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel