Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare yang Beri Hidrasi Optimal

Mengaplikasikan skin care

Ceramide adalah salah satu ingredients yang menjadi favorit bagi pemilik kulit berminyak seperti saya. Loh, memang boleh ya memakai ceramide, apakah tidak menutup pori-pori? Begini alasan saya kenapa sih memilih ceramide dalam ritual skincare harian. 

Baca : Kandungan Skincare yang Bisa Dipakai untuk Kulit Berjerawat

Ceramide Terbuat dari Apa? 

Ceramide adalah jenis asam lemak yang bernama lipit dan sudah dimiliki manusia. Ceramide terdiri dari 2 kata yaitu cera yang berarti lilin dan amida. Tak heran, karena ceramide merupakan komponen vernix caseora dan zat putih semacam lilin. Biasanya ditemukan pada lapisan kulit terluar manusia yang baru lahir. 

Fungsinya sangat penting sebagai pelapis skin barrier. Saat skin barrier kuat, kulit tidak mudah terkena jerawat, ruam dan keluhan seputar kulit lainnya. 

Di dalam dunia kecantikan, ceramide akan dicampurkan dengan berbagai produk. Tak heran, jika ceramide bisa ditemukan dalam pelembap, serum, masker, sampo hingga deodoran! 

Btw saya jadi ingat, dulu sebelum mengenal ceramide dan basic skincare yang saya terapkan masih berantakan, kulit saya mudaaaah banget jerawatan. Bayangkan ya, saya sudah mencuci muka sebelumnya. Nggak lama suami minta ditemani ke indoapril terdekat. Pulang dari sana ya langsung tidur karena saya MERASA kulit masih bersih. 

Eh, keesokan paginya ada jerawat nongol! Namun semenjak skincare dasar sudah rutin saya lakukan, Alhamdulillah kulit menjadi tidak segampang itu jerawatan. Alhamdulillah sekali. 

Btw, ada beberapa macam jenis ceramide dengan fungsi yang berbeda pula, antara lain:

  • Ceramide EOP, bermanfaat untuk menyatukan lapisan skin barrier. 
  • Ceramide AS sebagai pelindung masuknya bakteri pada skin barrier. 
  • Ceramide NP akan memperbaiki kekuatan skin barrier. 
  • Ceramide NS menjaga kulit tetap terhidrasi karena berfungsi dalam menjaga kelembapan. 
  • Ceramide AP tugasnya menjaga fatty acid esensial di dalam epidermis (lapisan terluar kulit). 

Fungsi Ceramide Adalah

Fungsi ceramide adalah

Di pasaran kita bisa menemukan beragam brand yang melengkapi produk yang diperkaya dengan ceramide. Tak heran karena ceramide memang sepenting itu dengan iritasi yang lebih minim. 

Bahkan ceramide bisa digunakan oleh semua tipe kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai fungsi ceramide. 

Memberi Hidrasi

Kulit yang dehidrasi memiliki tekstur kasar, pecah-pecah sehingga rentan mengalami iritasi.

Sebaliknya kulit dengan hidrasi optimal memiliki tekstur lebih lembut, plumpy dan segar. 

Dengan menggunakan produk yang diperkaya ceramide, hidrasi optimal kulit bisa dicapai. Apalagi sebentar lagi InsyaAllah bakal puasa ya kan. 

Selain memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka, kita juga bisa memberi hidrasi tambahan dengan menggunakan kosmetik yang mengandung ceramide. Meskipun secara alami tubuh manusia sudah memiliki ceramide, namun kandungannya akan menurun seiring waktu, baik disebabkan oleh usia maupun polutan yang mengenai kulit. 

Memperkuat Skin Barrier

Kulit yang memiliki skin barrier lemah akan lebih mudah berjerawat. Dengan menggunakan ceramide secara teratur, kulit akan memiliki benteng perlindungan yang kuat sehingga tidak gampang jerawat dan mengalami gangguan kulit lainnya. 

Selain dipengaruhi faktor usia, skin barrier bisa melemah akibat penggunaan produk wajah yang terlalu ‘keras’ Hal ini tentu berpengaruh terhadap tampilan wajah secara keseluruhan. 

Tambahkan skincare dengan ceramide untuk memperkuat skin barrier sehingga kondisi wajah akan membaik. 

Mencegah Tanda Penuaan

MkinTanda penuaan bisa muncul karena kulit yang kehilangan protein kolagen, keratin dan elastin. Hal ini menyebabkan kulit kendur, tipis dengan garis halus dan kerutan yang semakin terlihat. 

Penggunaan pelembab dengan ceramide dapat menahan kadar air sehingga elastisitas kulit terjaga. Kulit yang lembap, memiliki garis halus dan kerutan yang lebih samar. Selain itu, ceramide juga merangsang produksi keratinosit yang akan membentuk keratin. Keratin sendiri mampu mencegah tanda penuaan. 

Cara Memilih Ceramide

Cara memilih ceramide

Lalu bagaimana cara memilih ceramide yang sesuai dengan kebutuhan? Dengan banyaknya pilihan produk yang diperkaya dengan ceramide tentu membuat kamu bingung saat memilihnya. 

Kalau saya nih akan memilih produk yang memiliki tekstur yang sesuai dengan jenis kulit. Pada kulit berminyak, bisa banget memakai tekstur lotion yang ringan. 

Sementara pemilik kulit kering, bisa memakai produk dengan ceramide bertekstur krim. Tekstur krim dapat memberi kelembapan ekstra yang disukai kulit kering. 

Pertimbangan selanjutnya kalau saya ya, jelas pertimbangan harga! Pilih yang masuk akal dan sesuaikan dengan budget ya! 

Saat ini ada banyak skin care dengan ceramide yang dibanderol dengan harga terjangkau. Ingat, skincare harus digunakan secara kontinyu. Jangan sampai bulan ini bisa membeli sebuah skin care tapi di bulan berikutnya enggak sanggup. 

Namun, satu hal yang lebih penting adalah ada harga ada kualitas produk yang akan didapatkan.

Teman-teman bisa menggunakan ceramide bersama dengan produk lain lho, seperti niacinamide, retinol, vitamin C, hyaluronic acid dan salicylic acid. Dengan memakai produk tersebut bersamaan, kulit bisa memperoleh beragam manfaat sekaligus. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare yang Beri Hidrasi Optimal"