Manfaat Susu Etawa untuk Menjaga Kondisi Tubuh Saat Perubahan Cuaca

Seorang tetangga pernah membagikan pengalamannya mengenai anaknya yang mengonsumsi susu etawa saat menderita sakit pernafasan. Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, ternyata susu ini juga bisa memperkuat imun tubuh lho. 

Manfaat tersebut sangat sesuai dengan musim peralihan kali ini. Terlebih aktivitas menuntut kita harus tetap fit

Ibu, Jangan Sampai Tumbang

Ibu tidak boleh sakit, slogan yang begitu melekat dalam ingatan. Saya berprinsip silakan istirahat saat sakit tapi kalau bisa sih jangan sampai jatuh sakit.  

Daya tahan tubuh yang kuat menjadi hal yang begitu penting, apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Langit mendung tapi tidak kunjung hujan. Hawa terasa sangat panas, di badan rasanya benar-benar tidak nyaman. Biasanya sih es teh jumbo yang menjadi pelarian. 

Beberapa kali saya langsung pusing karena minum yang serba dingin saat cuaca panas. Agar tetap sehat, selain menghindari es teh jumbo, saya juga memerlukan susu untuk kesehatan. 

Kambing Etawa, si Gendut Penghasil Susu

Susu kambing etawa

Meski belum sepopuler sapi, kambing merupakan salah satu mamalia yang susunya dapat dikonsumsi manusia. Kandungan susu etawa lebih mudah dicerna karena ukuran molekul lemak lebih kecil serta secara alami sudah berada dalam kondisi homogen. 

Susu kambing etawa juga memiliki kandungan kimia protein 4.3% dan lemak sebesar 2.8% alias lebih besar dibanding susu sapi dengan proteinnya sebesar 3.8% dan lemak 5.0%

Kambing etawa memiliki nama lain kambing Janmapari karena berasal dari daerah Janmapari, India. Kambing ini masuk ke Indonesia sejak tahun 1931, semasa kependudukan Belanda. 

Namun sumber lain menyebutkan bahwa kambing etawa diimpor ke Indonesia pada tahun 1953. Di Asia Tenggara, kambing jenis ini dikenal sebagai kambing dwiguna, yakni sebagai penghasil daging serta penghasil susu. 

Selanjutnya mengenal kandungan susu etawa dan manfaat mengkonsumsi etawarich yuk! 

Kandungan dan Khasiat Susu Etawa etawarich, Amunisi dalam Menghadapi Perubahan Musim

Susu etawa

Beberapa waktu lalu, saya mendengar informasi mengenai susu etawarich, merek susu etawa yang diklaim tidak prengus. Yap, meski memiliki banyak keunggulan, tetapi hewan ini mempunyai bau prengus yang dihindari banyak orang. 

Kepo dong, akhirnya saya mencari info lebih banyak mengenai produk ini, termasuk khasiat susu etawa etawarich. 

Ini lho komposisi susu etawarich yang juga dikenal sebagai susu nyeri sendi :

  • 98% Susu Kambing Etawa 

Sebagai komposisi utama, etawarich mengandung susu kambing etawa yang kaya akan fosfor, kalsium, florin hingga sodium. Nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap sehat, menurunkan kolesterol, baik untuk tulang dan mengurangi nyeri sendi. 

Wah manfaat susu etawa etawarich lebih mudah kita rasakan nih! 

  • Gamat

Gamat atau teripang memiliki kandungan protein yang tinggi, kolagen, glukosamin dan kondoitrin. Berkat kandungan ini, susu etawarich bermanfaat menjaga kesehatan kulit hingga tulang. 

Banyak masyarakat yang mengkonsumsi susu kambing etawa sebagai susu untuk pengeroposan tulang. Hmm.. keren yah manfaat susu etawa etawarich ini?! 

  • Kayu Manis

Kandungan komposisi berikutnya yaitu kayu manis yang memiliki kumarin, kaneel aldehid dan eugenol sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, mengendalikan gula darah, hingga mencegah peradangan dan bantu melawan radikal bebas. 

  • Daun Sirsak

Tak hanya buahnya yang segar dinikmati, daun sirsak juga bermanfaat untuk manusia lho! Mengandung flavonoid yang akan mencegah pembentukan asam urat. Cara kerjanya yaitu dengan menghambat enzim xhantine oxidase

Simak terus daftar kandungan pada susu untuk kesehatan ini ya! 

  • Bee Polen

Sebagai produk yang dihasilkan lebah selain madu, bee polen juga bermanfaat untuk kesehatan. Produk yang memiliki rasa manis ini mengandung flavonoid, quercetin dan glutathione. 

Ketiganya bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga kesehatan jantung serta memelihara fungsi hati. 

  • Gula Stevia

Gula stevia sangat populer di tengah pemerhati gaya hidup sehat. Alasannya karena stevia merupakan tanaman yang banyak dipakai sebagai pengganti gula. Stevia adalah pemanis dengan kandungan nol kalori. 

Hal ini tentu mengurangi kekhawatiran teman-teman akan asupan gula yang berlebih karena susu tulang keropos ini memakai pemanis stevia. 

Manfaat Susu Etawa untuk Kesehatan

Susu untuk kesehatan

Setelah mengetahui segambreng kandungan baik dalam susu kambing etawa, kenali juga yuk khasiat susu kambing etawarich lain yang dimilikinya! 

  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengatasi sakit pernafasan
  • Mencegah osteoporosis
  • Jaga sel tubuh
  • Mengatasi anemia

Kenapa Harus etawarich? 

Nah pertanyaannya, kenapa harus susu kambing etawarich? Selain memiliki beragam khasiat susu kambing etawarich, berikut beragam keunggulan yang dimilikinya, yaitu: 

  • etawarich merupakan 100% produk organik sehingga kita nggak perlu ragu untuk meminumnya. 
  • Susu etawarich bisa dikonsumsi segala usia, mulai anak-anak yang berusia 2 tahun hingga orang tua. 
  • Merupakan produk susu berkualitas tinggi. 
  • Memiliki kandungan nutrisi 3* lebih baik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain kandungan 98% susu etawa, etawarich juga diperkaya dengan nutrisi lain. 
  • Produk mengandung kalsium lebih banyak. Kalsium baik untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah pengapuran tulang. etawarich juga bisa membantu membentuk tulang rawan. Berkat khasiat ini, tak heran jika banyak yang mengandalkannya sebagai susu nyeri sendi, susu tulang keropos, untuk mencegah pengapuran tulang. 

Teman-teman bisa mendapatkan produknya di Shopee maupun Tokopedia. Ingat selalu beli produk susu untuk pengeroposan tulang hanya di distributor resminya yaitu etawarich official store. 

Kita pun harus selektif karena banyak susu etawarich palsu yang beredar. Ingin merasakan khasiat susu kambing tanpa bau prengus yuk cobain etawarich!

17 Responses to "Manfaat Susu Etawa untuk Menjaga Kondisi Tubuh Saat Perubahan Cuaca"

  1. Aku merasa kalau emakku sakit tuh emang kondisi rumah kayak kehilangan semangat gitu. Mengonsumsi susu etawa tuh nggak enaknya ya karena prengusnya itu. Kalau sudah ada yang nggak prengus mah pasti doyan sih.

    BalasHapus
  2. susu kambing etawa emang terbukti ampuh mengobati beberapa penyakit, saudara saya juga mengonsumsi etawa untuk pernafasan juga. Khasiat lainnya ternyata banyak ya untuk kesehatan, apalagi sekarang udah ada etawarich yang gak bau prengus, minumnya pasti lebih nyaman

    BalasHapus
  3. karena kandungan yang lengkap di susu Etawa sehingga banyak manfaat yang dirasakan tubuh. Selain untuk nyeri sendi ternyata bisa meningkatkan antibodi saat cuaca tidak bersahabat ya

    BalasHapus
  4. ini di yg dicari-cari selama ini, dulu pernah beli susu kambing tapi tetap aja ada bau-bau prengusnya, akhirnya kapok gk beli lagi. Semoga aja sehabis beli susu etawa ini jadi kepincut lagi minum susu kambing, krn di badan itu rasanya lebih segar dan bugar,

    BalasHapus
  5. Susu etawa ini sangat banyak manfaatnya ya Mbak. Apalagi etawrich yang 98% susu kambing murni, tidak bau prengus dan menggunakan gula stevia. Juga bahan alami lainnya.

    BalasHapus
  6. Kandungan gizinya banyak banget etawarich ini. Kirain ya cuma susu kambing dikeringkan jadi bubuk susu. Ternyata ada elemen-elemen lain. Auto dobel gizi ini mah...
    Mau coba ah... Kebetulan lutut juga udah mulai bermasalah deh...

    BalasHapus
  7. Kandungan 98% susu kambing ini punya manfaat besar untuk kesehatan tubuh khususnya bagian tulang, cuss rutinkan konsumsinya

    BalasHapus
  8. Wah aku mau coba beliin susu kambing etawrich ini buat mamaku. Soalnya mama suka banget sama susu kambing

    BalasHapus
  9. Wah iya dulu suami juga suka konsumsi susu kambing etawa kalau cuaca lagi ngga bagus. Ini udah ada versi instan ya lebih ringkes

    BalasHapus
  10. Nah, ini yang kusuka dari susu etawarich adalah penggunaan gula stevia. Jadi, buatku yang takut minum susu karena takut gemuk, sangat cocok banget, deh.

    BalasHapus
  11. Baru tau kalo ada susu kambing Etawarich ini yg punya banyak manfaat buat kesehatan, apalagi ada kandungan yg nggak bikin bau prengus itu yah, kak.

    BalasHapus
  12. Iya nih. Pergantian musim ini bikin macam2 penyakit berdatangan ya kak. Kita harus jaga kesehatan banget tuh biar ga ikutan sakit.

    Aku mau cobain jg ah susu kambing etawa ini. Biar makin sehat jg di tengah serbuan penyakit yg trs berdatangan ini.

    BalasHapus
  13. Apalagi kalau sekarang kadang hujan deras lalu besoknya siang terika ga tertahankan
    Jadi perlu asupan nutrisi supaya tubuh tetap aman
    etwarich pun harganya mantap juga apalagi promo 12.12 besok lusa

    BalasHapus
  14. aku salah satu yang rajin konsumsi susu kambing etawa ini. karena punya masalah kulit, kayanya ngaruh deh sama konsumsi susu kambing ini, jadi mendingan jarang kambuh hehe

    BalasHapus
  15. Jadi mamak kudi setrong, kalau mamak tumbang bisa kacau dunia persilatan. Dan emang lebih baik mencegah daripada mengobati, salah satu ya dengan minum susu etawa etawarich

    BalasHapus
  16. Wah, susu kambing etawa memang luar biasa ya, banyak banget manfaatnya! Dari memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah osteoporosis dan mengatasi anemia. Kayaknya susu kambing etawa ini jadi pilihan yang oke buat tambah-tambah asupan kesehatan sehari-hari. Aku jadi penasaran pengen coba juga nih! 🥛🐐✨

    BalasHapus
  17. Wah ada bee polennya ya. Pantesan susu kambing ini bagus banget. Kandungannya juga sebagus itu. Ibuku butuh nih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel