Berencana Servis Motor? Cek Bagian Berikut secara Berkala

Planet Ban

Salah satu hal yang bikin canggung adalah ketika mesin motor mati saat berada di lampu merah. Saya beberapa kali lho mengalaminya. 

Selain tidak nyaman karena menarik perhatian sekitar, hal seperti ini bisa menghambat perjalanan. Jadi paham ya kalau servis motor memang harus kita lakukan secara rutin? 

Bagian yang Tidak Boleh Terlewat saat Servis

Dengan melakukan servis motor secara rutin, mesin kendaraan akan nyaman sehingga bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Ini lho bagian yang tidak boleh dilupakan saat servis. 

  • Oli Mesin

Suami saya selalu wanti-wanti agar saya tidak lupa mengganti oli mesin bila sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Ternyata hal ini karena fungsi oli tidak boleh diabaikan, bisa sebagai pendingin, pelumas dan untuk melindungi mesin.

Adapun jarak tempuh rata-rata yang disarankan oleh pabrikan adalah sekitar 2500 km. Ongkos ganti oli bervariasi sesuai dengan merek oli dan biaya jasa penggantian masing-masing bengkel.

Fyi, beberapa tahun terakhir sudah banyak pabrikan yang merekomendasikan penggantian oli hingga 5000 km atau 2x lebih lama dibanding oli biasa. Hal ini bisa terjadi karena oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester yang merupakan base oil nomor wahid di kelas oli.

  • Oli Gardan

Selain oli mesin, oli gardan menjadi bagian yang perlu diganti secara teratur oleh pengguna motor matic. Rumusnya, setiap 2x ganti oli mesin maka perlu dibarengi 1x ganti oli gardan.

Fungsi oli gardan amat penting yaitu untuk pelumas gear yang terdapat pada Continuosly Variable Transmission (CVT). Pada sepeda motor matic, CVT berperan agar sepeda motor dapat berjalan.

  • Kampas Rem

Berkendara akan semakin tenang kalau rem berfungsi dengan baik. Nah, bagian yang tidak boleh dilewatkan saat servis motor adalah memeriksa bagian rem. Saat kampas rem sudah tipis, rem menjadi kurang pakem. 

  • Busi

Busi juga bagian dari motor yang wajib diperiksa dan diganti secara rutin. Busi berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin bisa menyala. Kalau busi bermasalah maka akan membuat mesin sulit dinyalakan.

  • Penyaring Udara

Bagian selanjutnya yang perlu teman-teman perhatikan ketika servis yaitu filter udara. Fungsinya sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Filter udara akan menjaga agar kotoran tidak sampai masuk dan menyumbat karburator serta sistem injeksi.

Tidak selalu harus langsung diganti, jika memang masih bisa, filter udara cukup dibersihkan. Mekanik biasanya akan memeriksa dan mengkonfirmasi terlebih dulu. 

  • Aki

Aki sangat penting untuk menjaga kenyamanan saat berkendara. Bagaimana tidak, ketika bagian aki tidak beres maka kita harus menggenjot kick starter agar mesin bisa menyala.

Tegangan ideal aki ketika kondisi mesin mati ialah 12.3-12.6 volt, sementara saat mesin hidup, aki memiliki tegangan ideal sebesar 13.7-14.2 volt. Beberapa faktor penyebab tegangan aki tidak berada dalam kondisi ideal antara lain karena adanya kebocoran ataupun kondisi terminal yang berkarat.

  • Ban

Sebelum menggunakan motor, ban adalah bagian yang akan diperiksa terlebih dahulu. Sementara saat servis, mekanik akan memeriksa tekanan udara dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan yang bertanggung jawab menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

  • Tune up Motor

Tune up motor ialah servis rutin yang meliputi pemeriksaan setiap komponen motor, terutama komponen yang memengaruhi performa motor. Beberapa bagian tersebut antara lain kondisi ban, tekanan udara pada ban, pembersihan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem hingga klakson.

Adakalanya tune up disertai penggantian oli mesin, oli gardan hingga penggantian suku cadang. Tak perlu risau, mekanik biasanya akan menginformasikan terlebih dahulu jika akan melakukan penggantian.

Jika teman-teman belum setuju, mekanik biasanya hanya akan melakukan perbaikan.

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Kualitas dan pelayanan satu tempat servis bisa berbeda dengan tempat servis yang lain. So, teman-teman harus selektif memilih tempat yang terpercaya.

Salah satu rekomendasi yang bisa teman-teman kunjungi ialah Planet Ban. Kebetulan banget, dulu pernah ganti ban bocor di Planet Ban dan saya cukup puas dengan pelayanan serta pilihan ban yang amat beragam.

Nggak cuma ganti ban, di Planet Ban teman-teman juga bisa melakukan servis motor rasa baru. Tujuan servis ini yaitu untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dalam durasi cepat namun biaya lebih hemat.

Pada pemeriksaan servis motor rasa baru ini mekanik akan berfokus pada bagian vital mesin yang letaknya tersembunyi, jarang diservis dan disetel rutin.

Lalu apa aja sih manfaat servis di Planet Ban?

  • Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga bisa meningkatkan performa mesin dan memproteksinya sehingga bisa lebih awet dan jarang rusak.
  • Saat dipadukan dengan penggunaan suku cadang asli maka pemakaian akan menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dengan tarikan gas enteng.
  • Di Planet Ban ganti oli motor matic cukup setelah mencapai jarak 5000 km. Ini sekitar 4-6 bulan sekali sehingga teman-teman tidak perlu terlalu sering ke bengkel.
  • Kita bisa berperan dalam memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa sih Keunggulan Servis Motor di Planet Ban? 

Saat melakukan servis di Planet Ban, seluruh bagian motor akan dibersihkan sehingga tampak seperti baru. Termasuk dengan kepala silinder, blok CVT, piston klep mesin hingga throttle body akan nampak seperti baru. 

Saat mesin motor bersih seperti baru, tentu tarikan gas akan lebih enteng. No pegal-pegal ya gara-gara memegang tuas gas yang berat saat berkendara. Selain itu emisi turun hingga lebih dari 70%, menghemat bahan bakar karena mesin yang total bersihnya. 

Salah satu kekhawatiran yang membuat seseorang enggan melakukan servis motor lengkap adalah takut dengan tarif yang tinggi. Ets, teman-teman nggak perlu risau karena servis motor di Planet Ban dengan layanan selengkap itu sangat terjangkau. 

Servis motor injeksi hanya Rp 20.000,- sedangkan servis CVT dan rantai Rp 19.500,- dan servis throttle body sebesar Rp 20.000,-

Setelah mengetahui pentingnya servis motor untuk kenyamanan jangka panjang plus harganya yang bersahabat, nggak ragu lagi kan untuk servis motor rasa baru di Planet Ban?

Referensi gambar:

https://pixabay.com/id/photos/bengkel-motor-memperbaiki-6327043/

5 komentar untuk "Berencana Servis Motor? Cek Bagian Berikut secara Berkala"

Comment Author Avatar
Kalau ganti ban, aku selalu di planet ban. Tapi kalau servis kayaknya baru beberapa kali. Kayaknya jadi pengin coba servis ke sana lagi, deh.
Comment Author Avatar
Planet Ban ini menjamur deket rumahku, jadi gampang kalao mau service motor berkala udah deket, ga jauh2 lagi jaraknya dari rumah
Comment Author Avatar
Tentang perawatan motor nih aku di rumah yang paling cerewet. Gak lelah buat mengingatkan. Karena ya gak pengin aja tiba-tiba motor macet atau parahnya kudu turun mesin 😅. Terakhir kemarin servis ban juga di Planet Ban.
Comment Author Avatar
Aku baru tahu loh mba, ternyata di Planet Ban bisa servis motor ya kirain cuma jual ban aja. Duh kudetnya aku ini. Fix deh besok tak cobain servis motorku ke sana. Ada yg deket rumah juga nih.
Comment Author Avatar
Kudu cek motor secara berkala ya minimal sebulan sekali biar tau apa kudu ganti ban, oli, atau ganti aki.

Untung ada Planet Ban bisa servis di sana.