Menambah Value dengan Menjadi Microsoft Excel Expert

Microsoft Office Expert

Pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini, saya memiliki tanggung jawab tambahan untuk menemani anak-anak berlatih menari. Jujur ini adalah pengalaman pertama karena tahun lalu saya mah cuma tim hore. 

Sebenarnya saya nggak jago dalam memimpin rombongan, apalagi di tengah kesibukan yang membuat saya serasa kehabisan waktu. Tapi karena dalam kamus saya kalau nggak bisa ya dicoba jadi yaa.. dicoba!

Setelah berhasil menaklukkan tantangan, biasanya hati akan diliputi perasaan berdaya, sesuatu yang pastinya sudah lama menguap sejak perempuan fokus menjadi ibu rumah tangga (btw saya bekerja 6 bulan setelah 7 tahun lebih momong anak).

Rupanya sikap ini secara tak sadar kerap saya aplikasikan dalam keseharian sebagai ibu. Saya seperti haus untuk menjadi ibu yang mencoba banyak hal.

Pada pekerjaan sampingan saya sebagai freelance writer, saya kerap berinteraksi dengan klien menggunakan produk Microsoft Office, termasuk Microsoft Excel yang menu-menunya banyak digunakan untuk memudahkan pengerjaan ratusan artikel dan pembagian honor. 

Lantas penting nggak sih memiliki sertifikasi Microsoft Excel Expert?

Keuntungan Menguasai Microsoft Office

Microsoft Office adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh  Microsoft Corporation milik Bill Gates. Menjadi salah satu software yang digunakan oleh banyak perusahaan di dunia kerja sehingga setiap orang diharapkan bisa menguasai penggunaannya. 

Selain Microsoft Office Excel, produk-produk lainnya misalkan Word, PowerPoint, Microsoft Teams, OneDrive dan banyak lagi. 

Salah satu keuntungan yang akan kita dapatkan setelah memahami cara menjalankan program Microsoft Office adalah memudahkan dan meningkatkan produktivitas pekerjaan. 

Apalagi Microsoft Office menjadi salah satu software yang banyak sekali diandalkan dalam kehidupan profesional maupun mempermudah aktivitas sehari-hari. 

Melihat manfaat yang akan didapatkan saat seseorang menguasai Microsoft Office, so sepakat ya kalau mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist adalah hal yang penting. 

Jenis Sertifikasi Microsoft Office Specialist

MOS


Sebelumnya, Microsoft Office Specialist adalah sertifikasi berskala internasional yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam menjalankan program-program yang ada dalam Microsoft Office.

Terdapat beberapa jenis sertifikasi Microsoft Office yang ada, diantaranya:

  • Excel Associate yang dipakai untuk memmpelajari cara mengolah worksheet dan spreadsheet, mengolah data cells, mengolah range, mengolah analisa data dengan memanfaatkan rumus dan fungsi Excel.
  • PowerPoint, akan mempelajari cara mengolah presentasi, seperti menyisipkan teks, menyiapkan transisi proyek dan membuat animasi sehingga menjadikan presentasi lebih menarik dan interaktif.
  • Word Associate akan mempelajari cara mengolah dokumen, referensi bahkan dapat mengatur pembuatan kolaborasi antar dokumen.
  • Word Expert, merupakan tingkat lanjut dalam mengatur dan mengolah dokumen dan menggunakan fitur Word lainnya.
  • Excel Expert, akan mempelajari cara mengolah workbook, mengatur dan memformatnya dalam tingkat lanjutan atau advanced.

Sementara itu, terdapat dua tingkatan yang bisa diambil dalam program sertifikasi Microsoft Office, yaitu tingkat Associate dan Expert. Tentunya terdapat tingkat kesulitan yang berbeda dari keduanya, namun dengan mengambil program Microsoft Office Specialist, teman-teman tidak perlu lulus ujian Associate untuk melanjutkan tingkat Expert.

Teman-teman bisa mendapatkan sertifikasi Microsoft Office Specialist di myedusolved termasuk ujian Microsoft Word. 

Manfaat Memiliki Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Microsoft Office

Sementara itu, berikut manfaat yang akan didapatkan saat memiliki sertifikasi MOS, yaitu:

Memiliki Kesempatan Melakukan Percepatan Karir

Seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai pekerjaan saya yang banyak mengandalkan Microsoft Office, karir dapat melesat lebih cepat karena klien biasanya lebih mengutamakan seseorang yang dapat menggunakan Microsoft Office dibandingkan dengan yang tidak.

Di sisi lain, pekerja tidak tertinggal serta dapat mengikuti ritme kerja yang ada.

Memiliki Nilai Plus sehingga Bisa Lebih Dipandang

Saat memiliki Microsoft Office Specialist, pekerja dapat mencantumkannya dalam CV sehingga akan lebih dilirik perekrut. Sebagai pekerja lepas, tentu saya harus rajin mengirimkan CV untuk memperoleh kesempatan baru.  

Terbukti Memiliki Kemahiran Menggunakan Microsoft Office 

Dengan memiliki sertifikasi Microsoft Office maka kemampuan menggunakan program ini lebih diakui secara profesional. Tentu selain menunjang karier profesional, teman-teman juga bisa menggunakannya dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Tentu dengan memiliki sertifikasi Microsoft Excel Expert dan sertifikasi Microsoft Office Specialist dapat menjadi nilai tambah diri. Seperti yang sudah saya singgung di awal, banyak sekali aktivitas harian yang akan dipermudah saat kita bisa menggunakan Microsoft Office. 


Referensi:

https://myedusolve.com/id/blog/apa-manfaat-mendapatkan-sertifikasi-microsoft-office-specialist-cari-tahu-di-sini

Posting Komentar untuk "Menambah Value dengan Menjadi Microsoft Excel Expert"