Mengenal Manfaat Blog Plan dan Jenisnya

manfaat blog plan bagi mom blogger


Tentang manfaat blog plan dan beberapa target blogging yang saya miliki. Jadi sesaat setelah menikah, ada satu pertanyaan yang sempat terlintas di dalam pikiran. Apakah mungkin setelah memiliki anak nanti, saya bisa tetap bekerja? 

Jujur, saya cinta banget sama pekerjaan ini tapi mengingat jam kerja yang membabi buta, sepertinya cukup dibayangkan saja deh. Nggak menyangka saya malah mengenal banyak hal padahal sehari-hari lebih banyak di rumah.

Perjalanan Berdamai Meski 'Hanya' Ibu Rumah Tangga

Meski awalnya sulit, namun lambat laun saya menyukai peran sebagai full ibu rumah tangga. Sejak hamil, sebenarnya saya sudah merencanakan banyak hal, terutama kegiatan apa saja yang akan saya lakukan saat di rumah nanti.

Tak lain agar kebutuhan emosi saya terpenuhi. Meski seorang ibu, tapi saya tetap ingin merasakan pengalaman baru di luar tugas domestik rumah.

Dan blogging adalah cara saya healing karena pada dasarnya saya juga suka menulis. Tapi blogging bukanlah perkara mudah. Kita harus memikirkan banyak hal, bagaimana untuk nangkring di halaman pertama mesin pencari, bagaimana mendatangkan pengunjung yang secara suka rela menaruh komentar dan buanyak lagi.

Sebelumnya saya kira, blogging hanyalah menulis dan posting. Namun ternyata saya pun harus menyelam ke dalam lautan kode. Menakutkan sekaligus seru!

Agar bisa naik kelas, per Desember ini saya mengikuti kelas blogging yang diadakan gratis oleh BRT Network.

Materi terbaru yang saya dapat adalah mengenai manfaat blog plan, jenis dan cara membuatnya.

Mengenal Apa Itu Blog Plan

Blog plan adalah aktivitas merancang apa-apa saja yang akan kita lakukan pada blog. Mengeluarkan tulisan baru, menjadwalkan share sosmed, memastikan artikel kita memenuhi semua parameter SEO, menjadwalkan edit blog post lama dan buanyak lagi.

Tanpa blog plan, impian memiliki blog dengan performa bagus pastilah ambyar. Ya karena blogging dengan segala printilannya memang membutuhkan fokus ekstra agar nggak gampang meleng.

Manfaat Blog Plan

Berikut manfaat membuat blog plan :

  1. Melatih konsistensi posting dan merawat blog.
  2. Mencegah luapan ide menguap begitu saja karena tidak dicatat.
  3. Tidak terlewat dari banyak event yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang traffic, seperti hari libur nasional, hari besar agama dan sebagainya. Mengingat event tersebut merupakan salah satu peluang untuk mendulang traffic karena ramai dibicarakan orang.
  4. Membuat hidup lebih berkualitas karena semua sudah sesuai porsinya. Bagaimana pun, hidup butuh keseimbangan. Jangan sampai terlalu nafsu nge-blog yang malah berimbas pada kualitas hidup.

Jenis-jenis Blog Plan


pengalaman menulis blog plan dan manfaat blog plan yang saya rasakan

Impian besar dapat diwujudkan dengan mulai merencanakan langkah-langah kecil. Begitu pula dengan aktivitas ini, yang mana bisa kita bedakan menjadi :

Blog Plan Tahunan

Ditulis untuk meraih target satu tahun ke depan. Di sini kita bisa menuliskan target-target yang ingin dicapai dalam kurun waktu satu tahun.

Blog Plan Bulanan

Yak, berhubung satu tahun adalah waktu yang cukup panjang, maka kita perlu memecah rencana-rencana tersebut menjadi lebih rinci yaitu satu bulan.

Blog Plan Mingguan dan Harian

Berikutnya adalah blog plan mingguan dan blog plan harian. Konsepnya sama dengan blog plan bulanan maupun tahunan namun isinya lebih rinci dan bersifat segera.

Target Tahunan Blogging yang Ingin Saya Raih


manfaat blog plan untuk blogger

Nggak pingin muluk-muluk dulu, target blogging tahunan saya adalah rutin menulis artikel organik sesuai niche dengan menerapkan semua materi yang pernah saya dapatkan di kelas blog bersama BRT Network.

Tapi nggak harus nunggu tahun depan kan untuk memulainya? So, ini dia beberapa daftar pekerjaan yang harus saya lakukan untuk mencapai target blogging tahunan.

Blog Plan Mingguan 13-18 Desember

Adapun beberapa hal yang harus saya lakukan pada tanggal 13 hingga 18 Desember ialah :

  • Tanggal 13 Desember 2021, menulis artikel  sesuai tema (termasuk riset, menentukan keyword, membuat outline).
  • Tanggal 14 Desember 2021, melakukan self editing, menerapkan parameter SEO, menjadwal publish artikel.
  • Tanggal 15 Desember 2021, mendaftarkan ke Google Search Console, mengikutsertakan pada grup blog walking (kalau sudah terindeks).
  • Tanggal 16 Desember 2021, membuat copywriting untuk share di media sosial.
  • Tanggal 17 Desember 2021, moderasi komentar yang masuk.
  • Tanggal 18 Desember 2021, periksa posisi SERP dan analisa kompetitor.

Sesi Curhat Soal Manfaat Blog Plan


Menyoal manfaat blog plan, ternyata juga banyak dirasakan oleh teman-teman saya. Di tengah kesibukan kami, membuat perencanaan menjadi hal yang sangat sangat penting.

Mba Asih, blogger dengan latar belakang pendidikan Ilmu Gizi ini akan mencoba praktek materi yang diberikan coach Marita, tentunya bertahap sesuai kemampuan. 

Sementara mba Naqiibatin Nadliriyah telah konsisten membuat outline dan rajin mencatat ide yang didapat di hape lho. Wah pantes ya, selain menulis blog, mba Naqi masih bisa aktif di komunitas untuk adik-adik yatim piatu. Salut deh sama anak muda satu ini.

Mba Hamim ternyata sudah lama mengenal aktivitas blog plan. Menurut mba Hamim, menulis blog plan akan membantu membuat postingan blog lebih terencana. Mba Hamim yang pernah tinggal di banyak tempat ini, rupanya suka menulis blog plan secara manual.

Memanglah, lebih praktis dan sensasinya pun beda ya mba!

Sedang menurut mba Fadmala yang hobi menulis parenting, mengulas tempat wisata dan kulinerblog plan dapat melatih konsistensinya sehingga ia pun selalu menyempatkan untuk membuat outline setiap akan menulis.

Nah, jadi salah satu rahasia memiliki performa bagus (dalam bidang apapun) memang diawali dengan perencanaan yang matang ya. Itulah sekilas mengenai manfaat blog plan beserta serba-serbinya.

0 Response to "Mengenal Manfaat Blog Plan dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel