Rekomendasi Game Online Anak untuk Redakan Stres



Stres merupakan keadaan yang biasa dialami oleh setiap orang, termasuk anak-anak. Terlebih dengan banyaknya aktivitas yang perlu dituntaskan serta diperparah oleh pandemi. Meski wajar dialami, bukan berarti kita bisa mengabaikan stres begitu saja. Terutama bagi anak-anak yang belum memahami apa yang dirasakannya.

Saya sendiri selalu berusaha mengamati perkembangan dan perubahan emosi anak, harapannya saat ada sesuatu yang tidak beres, saya bisa segera menuntaskannya. Dalam prosesnya, saya kerap menempatkan diri saya di posisinya. Tentu langkah ini saya ambil hanya untuk kejadian yang ringan-ringan saja. Kalau misal kita menemukan kejanggalan pada anak yang tidak dapat diselesaikan, ya lari ke pihak yang lebih kompeten. 

Ciri Stres pada Anak


Sulit Tidur


Salah satu ciri anak sedang mengalami tekanan adalah sulit memejamkan mata. Yah, kita yang dewasa saja suka susah tidur kalau sedang ada beban atau sesuatu yang dipikirkan, ya kan? Terkadang mimpi buruk juga menghampiri tidur mereka [1].

Menunjukkan Sikap Negatif


Perubahan pada anak yang sedang stres juga bisa dilihat dari sikap buruk mereka, misal menjadi pemarah, sulit diatur, membangkang, kasar dan sebagainya [1].

Anak Tidak Nyaman dan Menarik Diri


Nah ciri stres pada anak yang lain terlihat dari sikapnya yang menarik diri dari lingkungan, menjadi tidak nyaman, pemurung, senang mengurung diri dan sebagainya. Terlebih jika sebelumnya anak memiliki sifat ceria, tentu perubahan ini menjadi sebuah tanda tanya [1].

Perubahan Napsu Makan pada Anak


Stres pada anak ternyata dapat mempengaruhi pola makan. Persis deh dengan orang dewasa. Antara malas makan atau terlalu berlebihan makan, keduanya tetap tidak baik [1].

Beberapa Hal yang Memicu Stres

Ada banyak penyebab anak mengalami stres, antara lain :

  • Suasana di rumah yang tidak kondusif, bisa berasal dari pertengkaran kedua orang tua yang terjadi di depan anak hingga masalah finansial huhu [1].
  • Perpisahan orang tua ditengarahi menjadi salah satu penyebab stres pada anak [1]. Nggak menyangkal ya peristiwa ini pun pasti berat untuk dihadapi orang dewasa. Namun belakangan ini semakin banyak berita baik tentang anak dengan kedua orang tua bercerai yang memiliki mental yang baik. Ketika menghadapi perceraian, tak ada salahnya untuk meminta bantuan pihak yang lebih berkompeten seperti psikolog.
  • Tuntutan dari lingkungan sosial bisa menjadi salah satu pemicu stres, terlebih jika anak tidak mampu mengimbanginya. Biasanya hal ini terjadi saat anak usia remaja [1].
  • Pindah sekolah atau pindah rumah, lingkungan baru yang membutuhkan adaptasi baru tentu menjadi beban tersendiri bagi anak-anak. Terlebih jika mereka tipe yang sulit adaptasi [1].
  • Aktivitas yang padat.

Langkah Redakan Stres Anak



Banyak sekali bahaya stres yang bisa mengancam diri kita. Agar tak berlarut-larut penting sekali untuk segera mengambil tindakan tepat, terlebih di masa pandemi seperti ini, semakin banyak orang tua yang tertekan dan ini bisa merembet pada anak. 

Berikut ini 5 langkah yang bisa teman-teman lakukan untuk meredakan stres. Namun ingat, saat keadaan belum membaik nggak ada salahnya untuk mengunjungi pihak yang lebih kompeten.

  • Tuntun Anak Mengenali Perasaannya


Salah satu cara yang bisa kia lakukan adalah mengenalkan beracam perasaan pada anak. Tujuannya ya biar si anak memahami apa yang sedang dirasakannya sehingga bisa diutarakan dengan mudah. Saya pribadi senang mendegar cerita anak sesepele apapun temanya. Kalau dulu sebelum umur 2 tahun, dia ngoceh ora uwes-uwes, menjelang usia 4 tahun, dia senang menanyakan semua hal sambil menuntut jawaban komunikasi dua arah. Nah, setelah berusia 5 tahun, anak saya sudah bisa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya. Tahu nggak dia ngomong apa? Kata anak saya, 'Ibuk galak.' 😒

  • Dengarkan Keluh Kesahnya

Mendengarkan keluh kesah anak tanpa menggurui, menghakimi dan reaksi tidak menyenangkan lainnya. Just listen, kadang anak hanya perlu menumpahkan perasaannya. 

  • Ajak Anak Bermain


Salah satu hal yang menyebabkan stres ialah saat terhimpit banyak pekerjaan, tugas sekolah, aktivitas belajar yang padat, les, ngaji..

Nah ketika tubuh dan pikiran rasanya capek kita butuh sekali untuk untuk membiarkan otak santai sejenak dengan bermain game.

Anak-anak mana sih yang nggak suka nge-game? Jangan keburu manyun dulu bu. Main game walau identik dengan sesuatu yang buruk dan tidak bermanfaat, namun tergantung ketegasan orang tua hihi.

Nah, kebetulan agar anak enggak kecanduan game pernah saya tulis di sini tentang aturan-aturan yang saya terapkan bersama si kecil. 

Tapi bingung mau nge-game dimana?

Plays.org adalah salah satu tempat yang bisa kita jadikan andalan saat butuh main game. Di sana ada banyak sekali pilihan game online, mulai untuk anak-anak hingg dewasa.

Keuntungan Main Game di Plays.org


  • Bisa diakses secara gratis.
  • Terdapat ratusan pilihan game menarik yang bisa disesuaikan dengan minat.
  • Dapat dijadikan aktivitas mengisi waktu yang berguna karena bisa belajar sambil bermain.

Pengalaman Memainkan Game di Plays.org


Sebelum memberikannya pada si kecil, saya terlebih dahulu memainkannya dong. Beberapa permainan yang sudah saya coba :



Adalah permainan Matematika yang seru sekali dimainkan. Game terdiri dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan dibagi menjadi 2 macam, yaitu permainan yang mengandalkan memory (ingatan) dan show (tunjukkan).

Kebetulan saya nyobain memory penjumlahanCara memainkannya, kita buka jendela yang menyembunyikan hasil penjumlahan. Lalu kita pilih jendela lain yang matching dengan hasil penjumlahan pada jendela sebelumnya. 

Saat jawaban benar, jendela akan terbuka dan kita bisa ke puncak saat jawaban benar semua.

2. Donut Drop with Molly and Friends




Selanjutnya adalah main-main bareng unicorn untuk membantunya mengumpulkan donat yang berjatuhan. Seru sih, karena tanpa sadar berteriak karena gemas wkwkwk.

Permainan yang sederhana tetapi cukup menghibur. Apalagi anak saya pecinta unicorn garis keras.

3. Hello Kitty Beach Fun




Sebenarnya ada banyak game bertema dress up yang tersedia di Plays.org, seperti barbie, dandanin cowok dan cewek dan lain-lain. Tapi saya memilih Hello Kitty karena salah satu kartun kesukaan anak saya.

Cara memainkannya juga mudah, pengguna hanya perlu mengumpulkan barang-barang yang dibutuhkan. Kalau saya yah, kebetulan lagi mau ke pantai hihi.

Bermain game online anak tidak ada salahnya dilakukan kok. Ada banyak manfaat salah satunya membuat pikiran rileks. Namun yang perlu diingat, sebagai orang tua kita harus mendampingi dan mengarahkannya.

Referensi :
 
[1] https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/stres-pada-anak/
sumber gambar plays.org

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Game Online Anak untuk Redakan Stres"