Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros, Bisa Beli Mercy

cara mengatur keuangan

Cara mengatur keuangan berikut aku dapatkan langsung berdasarkan pengalaman sendiri. Jadi semenjak tinggal di rumah sendiri, otomatis semua kebutuhan harus ditanggung sendiri.

Beruntung banget karena jaman sekarang sudah banyak konten tentang atur duit yang begitu mudah diakses. Jadi aku bisa mengkombinasikannya dan menyesuaikan teori yang aku dapat dengan keadaanku.

Pentingnya Menguasai Ilmu Cara Mengatur Keuangan 

Sangat penting memiliki keuangan yang tertata. Siapa juga yang tidak mau hidup tanpa pusing memikirkan mana duitnya saat harus memenuhi kebutuhan.

Bukan melulu dengan cara menikahi orang kaya, yang penting kita memiliki habit seperti orang kaya biar duitnya ngumpul. Hal ini kuakui sangat susah karena sejak kecil aku nggak pernah mendapat financial literacy yang proper dari keluarga.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Aku ambil contoh cara mengatur keuangan bulanan yes. Begini alur uang setelah aku terima duit belanja dari paksu.

  • Setelah menerima uang, aku langsung membaginya ke dalam pos-pos. Di sini aku menggunakan dompet dengan sekat agar pos untuk satu kebutuhan tertentu enggak tercampur dengan yang lain. Dalam membagi uang belanja, aku belum menggunakan pocket di rekening karena butuhnya cash.
  • Disiplin mencatat arus keluar masuk duit terutama kalau pengeluaran lebih besar dibanding pemasukan dan kita sedang berjuang untuk membuat cashflow menjadi positif. Tujuannya agar tahu kemana saja larinya uang kita, kebutuhan apa yang bisa ditunda atau habit apa yang perlu dibenahi. Ini adalah salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros karena bisa membuat kita belanja secara sadar. Beli lifestyle saat hanya ada duitnya, bukan duit kebutuhan lain kita pakai dulu. 🤭
  • Kita lagi ngomongin cara mengatur keuangan bulanan untuk makan sehari-hari yaa, berarti kita perlu bikin menu apa saja yang akan dimasak, bahan apa yang dibutuhkan, pilah mana yang belum saatnya dibeli, misal pingin masak menu Korea tapi duitnya belum ada, yadah tunda dulu.
  • Konsisten plus analisa secara rutin.

Yaudah gitu aja sih triknya agar keuangan bulanan cukup enggak cukup bisa cukup. Di sini aku memang sudah punya uang untuk memenuhi kebutuhan ya. Jadi enggak yang kita harus cari uang dulu.

Tapi percayalah, meski sudah ada duitnya, perkara mengatur uang bukan berati lebih mudah dibanding cari duit. Apalagi kalau anggaran imut hihi.

Dalam prakteknya sebenarnya ada beberapa tantangan yang muncul. Misal kita butuh suatu bahan tapi duitnya mepet, nah gimana cara menyiasatinya. Atau hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk lebih menghemat. Tapi mungkin next kesempatan yaa.

sumber gambar https://www.pexels.com/id-id/@n-voitkevich

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros, Bisa Beli Mercy"