Resensi Coelho's Circle, Sebuah Novel Sosial tentang Cahya yang Hilang

Sewaktu ditawari mba Bety soal proyek novel kemanusiaan ini, tanpa pikir panjang aku mengiyakan. Novel yang terdiri dari lima belas bab ini cukup membuatku takjub. Memiliki gaya bahasa ringan, mudah dicerna, kasual.

Pandemi covid-19 yang masih terjadi menyisakan banyak kisah tragis. Di tahun ini kehidupan tak sama seperti sebelum wabah muncul. Tapi daripada galau mengutuk keadaan, yok keep positive thinking.

Resensi Coelho's Circle : Tentang Cahya yang Hilang


Coelho's Circle


Spesifikasi Novel


Judul : Coelho's Circle
Tebal : 244 halaman 15 bab
Bahasa : Indonesia
Pengarang : Bety Kristianto dan Nanang Chalid

Ringkasan


Bab pertama berkisah tentang tokoh utama yang kehilangan belahan jiwanya. Ada perasaan yang bisa dipahami mengapa Diandra (tokoh yang kehilangan) begitu marah dan terkesan egois usai mendengar kematian suaminya, Cahya Antasena, seorang dokter spesialis paru-paru.

Bab berikutnya, menggunakan alur flashback kisah membawa kita mengenali kehidupan lima sahabat saat mereka tinggal di Bangkok. Mereka bertemu dan menjadi sangat dekat karena sama-sama menyukai buku karangan Paulo Coelho. That's why, persahabatan mereka dinamai Coelho's Circle.

Secara bergiliran mereka melakukan pertemuan dengan menunjuk salah satu anggota untuk menjadi host. Di pertemuan tersebut, host terpilih akan mengangkat kisah dari novel Paulo Coelho yang paling mengena di hatinya.

Buat pecinta Paulo Coelho, pasti akan bernostalgia saat kisah-kisah tersebut dituturkan ulang. Sementara untuk yang belum kenal, pasti akan jatuh cinta. Banyak banget makna yang bisa kita ambil.

Kenalan Yuk Sama Member Coelhoe's Circle


  1. Diandra  : perempuan manis yang memiliki masa lalu memilukan. Ia hanya tinggal berdua dengan sang ayah karena perceraian orang tuanya. Bertemu dengan Cahya memberinya semangat dan makna baru akan kehidupan.
  2. Cahya Antasena : suami Diandra, pria berkacamata, memiliki pembawaan tenang dan berwibawa.
  3. Adzan Alif : love at the first sight sama Diandra tapi ia menyimpan cintanya dalam hati.
  4. Nid : anggota Coelho's Circle sekaligus musisi dengan kepiawian yang mengundang decak kagum.
  5. Agni : anggota termuda Coelho's Circle namun memiliki karakter sangat sangat mandiri. Ia adalah seorang wartawan.

Pendapatku Mengenai Coelho's Circle



Resensi Coelho's Circle


Bahasanya ringan dengan deskripsi yang jelas, terutama soal Bangkok. Setiap sudut kota digambarkan begitu apik. Membuat kita pingin mengunjungi Bangkok atau buat mereka yang pernah tinggal di Bangkok bakal kangen.

Novel ini memiliki banyak pelajaran tentang hidup. Ada salah satu kejadian yang berkesan sekali bagiku saat membaca novel ini. 

Yaitu ketika Diandra marah besar pada Agni yang menerbitkan kisah tentang Cahya tanpa ijinnya. Lewat kisah ini, aku menyimpulkan bahwa setiap kejadian dalam hidup, kadang memang menimbulkan penyesalan dan nggak jarang memunculkan kata seandainya seandainya dan seandainya. 

Tapi siapa yang menjamin, bila hal yg kita andaikan terjadi, akan membawa kesimpulan lebih baik dibanding kenyataan yang ada. Nggak ada jaminan bukan? Intinya, segala yg terjadi di dunia ini terjadi atas ijinNya, menjadi kenyataan terbaik dan pastinya selalu membawa hikmah.

Fyi, aku bisa menebak kalau Dia dan Cahya akhirnya bersatu. Pun tahu kalau Alif sebenarnya menyukai Dia sejak awal. Tapi, aku selalu penasaran dengan ending ketiganya. 

Apakah Diandra akan tetap menjadi ibu tunggal untuk anak perempuan semata wayangnya selepas kepergian Cahya? Ataukah ia akan menerima cinta Alif padahal pria itu telah membuatnya marah besar karena sudah lancang membuat tulisan tentang Cahya? 

Novel ini sarat dengan pesan kehidupan, salah satunya lewat kejadian di masa lalu yang dialami Diandra. Menurutku, masa lalu memang dapat membentuk karakter seseorang, namun bukan berarti boleh dijadikan alasan untuk tidak mengubah diri menjadi lebih baik.

Profil Penulis


Nanang Chalid, seorang Vice President People di sebuah perusahaan teknologi Indonesia. Selain bekerja sebagai divisi SDM, Nanang juga rutin menulis di media sosial atau di blog pribadinya nanangchalid.com. Keseharian bapak dua anak ini bisa ditemukan di akun Instagram @nanang_chalid.

Bety Kristianto, seorang mantan bankir yang kini fokus menjadi ibu rumah tangga. Mba Bety sendiri merupakan penulis yang telah melahirkan 2 buku solo dan duet dengan tema parenting. Teman-teman bisa mengenal lebih dekat sosok emak-emak humoris ini lewat akun Instagram @betykristianto dan FB Bety Sulistyorini Kristianto. Mba Bety merupakan blogger aktif di betykristianto.com dan smartmomhappymom.com.

Teman-teman bisa mendapatkan novel Coelho's Circle ini di akun resmi benihbaik di Tokopedia dengan beragam penawaran benefit. Seluruh hasil penjualan buku akan digunakan untuk membantu penanganan wabah covid-19.


Posting Komentar untuk "Resensi Coelho's Circle, Sebuah Novel Sosial tentang Cahya yang Hilang"