Seberapa Penting Hair Tonic?

Hair tonic, freepik
Sumber gambar freepik

Hair tonic adalah produk perawatan rambut yang kerap dipandang tidak penting. Waduh, padahal manfaatnya tidak bisa diabaikan lho, terutama bagi seseorang yang ingin memiliki rambut sehat dan kuat.

Sebelumnya, aku pingin berbagi pengalaman seputar pertemuanku dengan ritual perawatan kulit alias skincare.

Tepatnya setelah lahiran, jerawat di wajahku tumbuh semakin subur. Sangat sedih karena kupikir problem jerawat mereda terutama karena selama hamil kulitku tidak ditumbuhi jerawat satu biji pun.

Akhirnya aku kenal dengan 4 langkah skincare dasar sebagai bagian dari ritual perawatan kulit. Di sini aku baru sadar bahwa toner merupakan produk yang penting bagi kulit. Nggak bisa di-skip seenak jidat, seperti yang kulakukan. 

Alasannya, toner membantu mengembalikan pH kulit yang 'rusak' karena proses cuci muka. Selain itu, karena sifatnya yang melembapkan, toner berfungsi membantu penyerapan produk skincare berikutnya lebih optimal.

Kasus ini mirip-mirip ya dengan hair tonic. Selama ini, produk yang dipakai dengan cara diaplikasikan di kulit kepala ini kerap dipandang remeh, enggak penting. Nggak heran jika pada akhirnya banyak yang skip penggunaan hair tonic.

Padahal manfaatnya vital banget lho.

Pertemuanku dengan hair tonic sendiri berawal dari rambutku yang rontok parah setelah aku melakukan proses pelurusan. Saking parahnya aku sampai takut kalau bakal botak.

Ini dia beberapa cara yang aku lakukan untuk menghindari ancaman botak yang aku takutkan :

1. Keramas secara rutin 

Usai keramas, rambut terasa lembut, rasa gatal di kulit kepala pun lenyap. Yap, karena keramas memang membantu mengusir kotoran seperti debu atau minyak yang membuat rambut lepek. Rambut yang bersih membuat produk perawatan lain terserap lebih baik. Pilih sampo yang sesuai kebutuhan dan tidak menjadikan rambut kering atau malah muncul ketombe.
 
2. Menggunakan conditioner

Sebelum menggunakan kondisioner pastikan untuk membaca keterangan yang tercantum dalam kemasaannya. 

Terutama cara penggunaan kondisioner, ada merek-merek kondisioner yang tidak boleh dipakai di kulit kepala karena bisa menyebabkan beberapa masalah seperti ketombe. Jadi cukup aplikasikan produk pada batang rambut setelah rambut setengah kering. 

Walau begitu, ada juga lho, kondisioner yang aman ketika bersentuhan dengan kulit kepala. Jadi teliti sebelum menggunakan ya.

3. Mengaplikasikan vitamin rambut

Nah, salah satu produk yang memberikan hasil instan adalah vitamin rambut. Begitu rambut kering, helaian rambut akan terasa ringan, ekstra lembut dan harum.

4. Rutin creambath

Creambath juga aku lakukan agar mendapat tampilan rambut yang lebih sehat. Kalau pingin praktis, creambath bisa dilakukan di salon. Tetapi jika ingin hemat budget, cukup lakukan di rumah dengan beberapa peralatan sederhana.

5. Menggunakan hair tonic

Akupun tak lupa mengaplikasikan hair tonic secara teratur di kulit kepala. Hair tonic dapat membantu menyehatkan kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut bisa optimal.

Cara Memakai Hair Tonic :

Hair tonic biasanya digunakan dengan cara diaplikasikan langsung di kulit kepala usai ritual keramas. Pijat secara lembut untuk membantu penyerapan produk serta melancarkan sirkulasi darah. Gunakan tonic secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

Beberapa Manfaat Hair Tonic :

  • Hair tonic berguna untuk menstabilkan keadaan kulit kepala, merangsang kerja sel sehingga pertumbuhan rambut bisa optimal.
  • Hair tonic dengan kandungan bahan aktif tertentu dapat mencegah kulit dari kekeringan serta mencegah munculnya ketombe.
Hair tonic ibarat penguat pondasi di sebuah bangunan. Jadi penting banget untuk memperhatikan hal-hal dasar seperti kesehatan kulit kepala agar pertumbuhan rambut tidak mengalami masalah.

Cara Memilih Hair Tonic yang Bagus :

Tips pertama, pilih hair tonic dengan kandungan bahan aktif yang disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Misal, jika rambut kamu berketombe tentu produk hair tonic yang akan dipakai berbeda dengan pemilik rambut rontok yang ingin memperkuat dan menyuburkan rambut.

Beberapa bahan yang biasa terkandung dalam hair tonic diantaranya grapseed oil, urang aring hingga gingseng.

Perhatikan sensitifitas kulit kepala. Ada beberapa produk hair tonic yang akan memberi sensasi dingin hingga cekit-cekit saat digunakan. Selain itu, bagi kamu yang sensitif terhadap aroma, pilih saja hair tonic tanpa pewangi.

Pilih hair tonic dengan harga sesuai di kantong karena di pasaran ada beragam range harga hair tonic yang ditawarkan.

Nah, itu tadi beberapa usahaku untuk menyehatkan rambut. 

So, jika teman-teman mengalami rambut rontok karena patah di bagian batang atau ingin pertumbuhan rambut optimal, jangan lupa tambahkan hair tonic. 



Tidak ada komentar