Cara Buat Jebakan Nyamuk Alami Mudah dan Ekonomis


Cara buat jebakan nyamuk alami mudah dilakukan serta ekonomis.

Demam berdarah menjadi momok yang menakutkan karena bisa berakibat fatal jika terlambat ditangani. Terlebih dalam musim penghujan seperti kali ini, populasi nyamuk meningkat drastis. Tak terkecuali di rumah saya.

Belum lama, saya menjenguk saudara di rumah sakit. Dirinya mengaku demam sejak hari Jumat ( 28 Februari 2020). Sudah dibawa ke dokter namun belum sembuh juga. Bahkan oleh sang dokter, saudara saya diperbolehkan pulang. Nah, lo!

Setelah mencari second opinion (2 Maret 2020) baru deh ketahuan bahwa dirinya terkena demam berdarah dan harus opname.

Demam berdarah seakan menjadi momok, terutama setelah saya menjadi  ibu. Nah, guna melindungi buah hati dari gigitan nyamuk, salah satu cara yang biasa saya lakukan ialah rutin mengoles minyak kayu putih ke tubuhnya. Selain menghangatkan, hal ini tentu agar nyamuk tak mau dekat-dekat karena aromanya yang tidak disukai.

Sedangkan untuk mengatasi populasi nyamuk yang menggila di musim penghujan seperti sekarang ini, ini dia beberapa tempat di sekitar tempat tinggal yang saya beri perhatian ekstra :

Cara buat jebakan nyamuk alami


1. Perhatikan pakaian


Pakaian yang diletakkan sembarangan, bergelantungan di sembarang tempat biasanya dijadikan tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk bersarang.

Menaruh pakaian yang telah dilipat rapi di tempatnya, selain mempermudah menjangkaunya saat hendak digunakan, membuat pemandangan jauh lebih lega, ternyata juga membuat nyamuk kehabisan tempat untuk 'nongkrong'.

2. Perhatikan genangan air


Tidak hanya di luar rumah seperti perabot bekas yang bisa digenangi air saja lho yang perlu diperhatikan.

Nyamuk biasanya bertelur di tempat yang tak terpikirkan sebelumnya, seperti di dalam vas bunga, wadah penampung ceceran air dispenser, air yang terdapat dalam permukaan benda yang tidak rata (misalnya cekungan lantai dekat sumber air) hingga tandon air yang tidak ditutup dengan rapat.

Bersihkan secara berkala agar tidak ada tempat untuk jentik-jentik nyamuk menetas.


3. Memanfaatkan kipas angin


Menyalakan kipas angin adalah salah satu cara praktis yang bisa dilakukan. Meski praktis, namun kiat ini tidak bisa dilakukan sepanjang hari sih.


4. Menggunakan raket nyamuk


Mantap betul rasanya bila mendengar bunyi 'pletek' tanda nyamuk tertangkap. Cara ini lumayan efektif untuk membunuh nyamuk yang biasanya menggigit ketika waktu tidur. Kelemahannya, kita harus mau bangun untuk mengayunkan raket guna membunuh nyamuk. Siang hari sih no problem ya, tapi kalau lagi enak-enaknya tidur? Hihi..

Alat ini pun harus disimpan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak kecil karena mengandung aliran listrik.

5. Menanam tanaman dengan aroma yang dibenci nyamuk


Ada beragam tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, seperti bunga geranium, tanaman serai, bunga lavender dlsb.

Cara mudah ini banyak dipilih karena sekaligus mempercantik lingkungan sekitar rumah.

Itulah beberapa tempat di rumah yang perlu diperhatikan agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Berikut ada satu trik menghadapi nyamuk, yaitu dengan cara membuat jebakan nyamuk. Tanpa menggunakan pestisida, inilah step by step-nya.

Cara Membuat Jebakan Nyamuk Alami


Tidak hanya tikus yang bisa dijebak, namun nyamuk juga lho. Ini dia langkah-langkah membuat jebakan nyamuk yang bisa dicoba.

Bahan-bahan :

  • Botol plastik 2l (bisa menggunakan kemasan bekas air mineral)
  • Cuka
  • Soda kue
  • Air hangat
  • Gelas
  • Mangkok ukuran sedang
  • Cutter
  • Isolasi 


Cara Membuat :

  1. Potong botol menggunakan cutter dengan jarak kurang lebih 1/3 dari mulut botol.
  2. Masukkan 1/3 cangkir air hangat ke dalam botol.
  3. Selanjutnya, masukkan 1/4 mangkok cuka. Biarkan beberapa menit hingga air dingin.
  4. Selanjutnya, masukkan soda kue.
  5. Masukkan bagian atas botol dengan meletakkannya secara terbalik.
  6. Rekatkan bagian pinggir botol menggunakan isolasi agar nyamuk tidak bisa kabur.
  7. Letakkan jebakan nyamuk ini di tempat yang kerap dihinggapi nyamuk. Cek secara berkala cairan. Ganti jika telah lama agar hasilnya optimal. 


Nah, selamat mencoba!

Tidak ada komentar