Empat Ilmu Wajib Konsumsi untuk Kamu yang Hamil Anak Pertama

Busyet dah judulnya



Ini adalah curcolan tersusyah saya. Pokoknya mau bikin kalimat opening aja rasanya buntu banget.

To the point aja mau ya?😅

Saya mau share pengalaman selama hamil kemarin nih. Hihiii. Jadi buat yang lagi hamil terlebih anak pertama, selain belanja printilan bayi rasanya wajib banget pelajari ilmu ini,

1. Ilmu tentang Asi

Ng-ASI adalah salah satu perjalanan indah, panjang nan berliku. Maka, kita harus paham benar hal yang kelihatannya remeh semacam posisi ngasi yang dianjurkan, tips menangani bayi gumoh agar a long journey kita dilalui dengan rasa damai.

Jangan ragu untuk ikut kelas ibu hamil yaa.. Ajak suami sekalian.

Oya jangan lupakan pelajaran tentang menyapih biasanya setelah itu bakal ada drama yang lebih cetar, kita dituntut lebih think smart karena solusi pas anak nangis tak lagi sekedar nangis-nenen-diem-repeat.

2&3

Ilmu tentang mp-ASI dan ilmu merawat bayi

Imun bayi masih teramat lemah maka jangan kaget kalau dia lebih rentan kena demam, pilek atau batuk. Biasanya para ibu muda yang belum pernah ngalamin suka panik. *nunjuk diri sendiri*

Saran, baca artikel dasar semacam tentang jenis demam, obat-obatan alami, tips mencegah anak sakit. Tujuhannya biar kita nggak salah kaprah kalau misal tetiba suhu badan si dedek meninggi.

Masuk mp-asi biasanya drama makin menjadi. Kalau saya sih suka sebal pas udah masak capek-capek ehh si dedek cuma melengos. Haha. Jangan sedih kalau anak susah makan, banyak kok temannya tapi jangan santai juga lalu mengabaikan.

Makan tidak hanya proses menghabiskan asupan yang tersaji namun di situ ada banyak proses. Rasa penasaran bayi terhadap makanan, proses mengunyah, menenggak air putih dan berjuta proses lain.

Temani bayi melalui prosesnya dengan happy. Ingat, cara bayi belajar dan mengeksplorasi lingkungan adalah dengan bermain, termasuk mengacak-acak makanannya.

Lagi, jangan lelah banyak membaca, gabung grup ibu-ibu di medsos juga oke.. Saran sih, cari yang 'bonafid' supaya ilmu yang disampaikan pun berkualitas.

4. Ilmu Tentang KB

Untuk yang berencana nunda momongan harus banget memperkaya wawasan soal ini karena KB itu tak sesederhana yang dibayangkan. Ada banyak metode dengan hasil yang tidak selalu sama.

Hubungi dokter kesayangan dan curhat ke mamah yaa buat pertimbangan.

Pesennya masih tetap sama, jangan lelah membaca, gabung komunitas positif, jangan malas datang ke kelas ibu hamil maupun parenting.

Dengan memperkaya diri dengan wawasan diharap kita nggak bingung di tengah jalan apalagi sampai tergoda mitos.

Ada buanyaaaak banget sih hal yang nggak kesebut tapi semoga next bisa curhat sambil jalan.

Setiap anak berhak terlahir dari ibu cerdas 😉

Tidak ada komentar