Basic Skincare yang Wajib Diketahui Pemula

Basic skincare untuk pemula

Skincare merupakan perawatan kulit dengan berbagai rangkaian yang berguna untuk meningkatkan penampilan ataupun mengubah kondisi kulit. Teman-teman pernah nggak sih kebingungan dengan banyaknya jenis skincare yang ada di pasaran? Tak harus langsung menggunakan segambreng produk kok, teman-teman bisa fokus pada basic skincare dulu.

Sebelumnya cerita dulu ya.. Jenis kulitku berminyak dan berjerawat. Sewaktu masih puber gampang sekali jerawatan. Saking banyaknya jerawat sampai-sampai area pipi kanan kiri nggak ada yang nggak ditumbuhi jerawat. 


Apalagi jaman dulu pengetahuan tentang skincare minim banget. Jadi ya hanya pakai pelembap dan cuci muka saja. Itu udah ngerasa bersih! 


Ya nggak heran kalau jerawat mudah sekali muncul. Aku pikir setelah menikah dan memiliki anak, jerawat akan hilang sendirinya. 


Eh, ternyata enggak dong! Jerawat batu masih ada di wajah, terutama daerah pipi. Setelah diamati, ohh ternyata aku sering banget tidur tanpa cuci muka dulu sebelumnya. 


Berselancar lah aku ke dunia maya kemudian menemukan kanal Female Daily dan belajar dari sana. Aku menyimak seluruh video mengenai problem kulit yang aku rasakan. Waktu itu ka Affi Assegaf juga masih di sana. 


Nah, kalau kulit kita bermasalah, entah jerawat, kusam atau yang lain, tanya dulu yuk apakah basic skincare sudah konsisten dilakukan? Apa hak kulit sudah diberikan, apakah kulit sudah terlindungi dari matahari dan polusi, apakah kelembapannya sudah dipenuhi? 


Urutan Basic Skincare untuk Pemula

Kalau belum ya wajar kalau kulit ngamuk. Basic skincare terdiri dari 4 step, yaitu :


  • Cleansing, teman-teman bisa menggunakan produk cuci muka bertekstur gel, cream dan lainnya disesuaikan sama jenis kulit dan kebutuhan ya. Selain itu memperhatikan budget juga perlu dilakukan karena penggunaan skincare harus rutin jika ingin hasilnya terlihat.
  • Toning, berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum memperoleh produk skincare selanjutnya. Toning mampu memberi kelembapan sehingga kulit lebih siap dengan produk skincare lainnya. Aplikasikan toner dengan tap-tap memakai telapak tangan. Atau teman-teman bisa memakai kapas. Tapi kalau aku sih tidak karena sayang aja produknya 'terbuang' di kapas 😏 Selain itu juga nyampah.
  • Moisturizing, sama seperti produk lainnya, teksturnya bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Aplikasikan dengan pijatan lembut dari bawah ke atas, okay?
  • Protecting memakai sunscreen yang mengandung SPF. Kalau aku lebih menyukai produk yang memiliki tekstur ringan, cepat meresap dan nggak pedih di mata! Alasan kebanyakan orang tidak menggunakan sunscreen (termasuk aku) biasanya karena teksturnya berat dan lengket. Sunscreen perlu dipakai termasuk saat berada di dalam ruangan.


Nah, kalau skincare malam, teman-teman hanya perlu menerapkan double cleansing, yaitu penggunaan produk pembersih (micellar, cleansing balm dlsb) sebelum mencuci wajah. 


Tujuannya agar kulit bersih sempurna dan siap menerima produk skincare berikutnya. Selain itu, kulit wajah yang bersih juga mencegah timbulnya jerawat, komedo dan kulit kusam. Kulit bersih dan terawat bisa (((memancarkan))) cahaya alias glowing! 


Nah, itu adalah urutan basic skincare yang bisa kita pakai. Sebelum menggunakan serum, aku hanya memakai basic kok. Alhamdulillah, dari yang sebelumnya buanyak jerawat menjadi lebih jarang berjerawat. Dari yang berminyak berjerawat menjadi normal berminyak.

0 Response to "Basic Skincare yang Wajib Diketahui Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel