Basic Skincare yang Wajib Diketahui Pemula

Jenis-jenis-tipe-kulit

Skincare merupakan perawatan kulit dengan berbagai rangkaian yang berguna untuk meningkatkan penampilan ataupun mengubah kondisi kulit. Teman-teman pernah nggak sih kebingungan dengan banyaknya jenis skincare yang ada di pasaran? Ternyata tak harus langsung menggunakan segambreng produk kok, kita cukup fokus pada basic skincare dulu. 

Awal Mula Mengenal Skincare

Sebelumnya cerita dulu ya.. Jenis kulitku berminyak dan berjerawat. Sewaktu masih puber gampang sekali jerawatan. Saking banyaknya jerawat sampai-sampai area pipi kanan kiri nggak ada yang nggak ditumbuhi jerawat. Aku sadar banget sewaktu tanpa sengaja lihat spion, pokoknya benar-benar mengsedih. 

Apalagi jaman dulu pengetahuan tentang skincare minim banget. Jadi ya hanya pakai pelembap dan cuci muka saja. Itu udah ngerasa bersih! 

Ya nggak heran kalau jerawat mudah sekali muncul. Belum lagi komedo, kulit kusam, dekil maupun bekas jerawat yang mampir akibat jerawatan.

Aku pikir setelah menikah dan memiliki anak, jerawat akan hilang dengan sendirinya. Kata orang-orang sih begitu, namun ternyata enggak dong! 

Jerawat batu dan jerawat kecil-kecil masih ada di wajah, terutama area pipi. Setelah diamati, ohh ternyata aku sering banget tidur tanpa cuci muka sebelumnya. Belum lagi saat siang hari aku nggak pernah pakai sunscreen. 

Selain tidak memakai sunscreen, aku juga sering dong jalan-jalan di bawah sinar matahari langsung, tepat pukul 12 siang tanpa topi, payung atau apalah. Kalau diingat-ingat sedih banget.. 

Berselancar-lah aku ke dunia maya kemudian menemukan kanal Female Daily dan belajar dari sana. Aku menyimak seluruh video mengenai problem kulit yang aku rasakan. Waktu itu ka Affi Assegaf masih di sana. 

Kemudian aku mulai nabung dan beli produk skincare, dari kemasan travel size dengan harga yang paling bisa kujangkau. Perlahan kondisi kulitku pun membaik. Mungkin karena skin barrier lebih kuat juga ya jadi saat ini tidak terlalu gampang jerawatan. Yah, jerawat sih ada tapi nggak sesensitif sebelumnya. 

Baca Juga Mengenal Bekas Jerawat PIE dan PIH

Nah, kalau kulit kita bermasalah, entah jerawat, kusam atau yang lain, tanya dulu yuk apakah basic skincare sudah konsisten dilakukan? Apa hak kulit sudah diberikan, apakah kulit sudah terlindungi dari matahari dan polusi, apakah kelembapannya sudah dipenuhi? 

Urutan Basic Skincare untuk Pemula

Basic-skincare-untuk-pemula

Kalau belum ya wajar kalau kulit ngamuk. Basic skincare terdiri dari 4 step, yaitu cleansing-toning-moisturizing-protecting. Nah, berikut penjelasan selengkapnya! 

  • Cleansing

Teman-teman bisa menggunakan produk cuci muka bertekstur gel, cream dan lainnya disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan. Ada kulit yang nyaman dengan tekstur ringan gel, ada pula yang cocok dengan kelembapan ekstra yang diberikan produk bertekstur krim. 

Agak out of topic sih tapi memengaruhi, teman-teman perlu memperhatikan budget karena bagaimana pun penggunaan skincare harus rutin jika ingin hasilnya terlihat. Saat ini, ada banyak sekali pilihan produk skincare dengan rentang harga beragam. So, teman-teman tak perlu takut. Intinya mah ada niat ada jalan. 

Nah, sebelum mencuci wajah, tangan harus dalam kondisi bersih ya! Jangan lupa busakan produk terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada wajah. Setelahnya dibilas, tap tap lembut menggunakan handuk bersih. Jangan digosok ya. 

  • Toning

Berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum memperoleh produk skincare selanjutnya. Toning mampu memberi kelembapan sehingga kulit lebih siap dengan produk skincare lainnya. Aplikasikan toner dengan tap-tap memakai telapak tangan. Atau teman-teman bisa memakai kapas. Tapi kalau aku sih tidak karena sayang aja produknya 'terbuang' di kapas 😏 Selain itu juga nyampah. 

  • Moisturizing

Basic-skincare

Sama seperti produk lainnya, teksturnya bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Aplikasikan dengan pijatan lembut dari bawah ke atas, okay? 

Di pasaran, produk pelembap biasanya dibedakan menjadi 2, yaitu day cream dan night cream. Kalau day cream dilengkapi dengan spf, kalau night cream biasanya bertekstur lebih creamy. Tapi ada juga pelembap yang bisa digunakan baik pagi maupun malam, dengan tekstur yang tetap ringan di kulit. 

  • Protecting

Memakai sunscreen yang mengandung SPF. Kalau aku lebih menyukai produk yang memiliki tekstur ringan, cepat meresap dan nggak pedih di mata! Hal ini merujuk pada alasan kebanyakan orang tidak menggunakan sunscreen (termasuk aku) biasanya karena teksturnya berat dan lengket. 

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Sunscreen perlu dipakai termasuk saat berada di dalam ruangan. Kulit perlu diberi perlindungan karena sinar matahari bisa memperparah kondisi jerawat, bikin belang hingga menyebabkan noda hitam, flek, mempercepat aging hingga kanker kulit. 

Itulah rangkaian basic skincare yang perlu dilakukan secara rutin. 

Nah, kalau skincare malam, teman-teman hanya perlu menerapkan double cleansing, yaitu penggunaan produk pembersih (micellar, cleansing balm dlsb) sebelum mencuci wajah (tahap cleansing). 

Tujuannya agar kulit bersih sempurna dan siap menerima produk skincare berikutnya. Selain itu, kulit wajah yang bersih juga mencegah timbulnya jerawat, komedo dan kulit kusam. Kulit bersih dan terawat bisa (((memancarkan))) cahaya alias glowing! 

Nah, itu adalah urutan basic skincare yang bisa kita pakai. Sebelum menggunakan serum, aku hanya memakai basic kok. Alhamdulillah, dari yang sebelumnya buanyak jerawat menjadi lebih jarang berjerawat. Dari yang berminyak berjerawat menjadi normal berminyak. 

Posting Komentar untuk "Basic Skincare yang Wajib Diketahui Pemula"