Apakah Makanan Manis Menyebabkan Jerawat di Pipi?

Makanan penyebab jerawat

Jerawat di pipi karena makan apa? Jerawat bisa muncul di manapun dan itu sangat mengganggu. Kalau jumlahnya sangat banyak, jerawat bisa saja memengaruhi kepercayaan diri seseorang. 

Alasannya karena jerawat membuat tekstur kulit menjadi tidak rata. Belum lagi tatapan orang-orang yang melihat aneh pada si pemilik wajah berjerawat. Di luar hal tersebut, area sekitar jerawat biasanya lebih kering sehingga memengaruhi hasil riasan karena membuat make up patchy. Bekasnya juga menjadi sebuah PR BESAR banget karena membutuhkan waktu lama untuk memudar.

Selain kebersihan yang tidak terjaga, pengaruh hormon di dalam tubuh, jerawat juga bisa disebabkan oleh makanan lho! Lalu apakah benar makanan manis bisa menyebabkan jerawat di pipi? Nah, sebelumnya ketahui terlebih dahulu yuk daftar makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Jerawat di pipi

Produksi sebum yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat, tak heran jika jerawat menjadi permasalahan yang dialami oleh banyak pemilik kulit berminyak. Ketika tubuh memproduksi sebum dalam jumlah banyak maka akan bercampur kotoran, bakteri yang akan menutup pori-pori sehingga menghasilkan peradangan.

Baca : Jerawat Batu dan Penanganan yang Tepat

Ternyata produksi sebum di kulit bisa dipengaruhi oleh makanan lho. Beberapa orang bahkan bisa mengalami peradangan setelah menyantap makanan manis. Nah ini lho daftar makanan yang bisa menyebabkan jerawat, misalnya :

Daftar makanan penyebab jerawat

  • Susu dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahannya memang menjadi favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun konsumsi berlebihan susu bisa meningkatkan produksi insulin tubuh. Terlepas dari hal tersebut, susu memiliki kandungan yang bisa memperparah kondisi jerawat. Susu mengandung asam amino yang bisa merangsang organ hati untuk memproduksi IGF-1 yang memengaruhi kondisi jerawat di kulit.

  • Fastfood

Makanan cepat saji memiliki kalori, lemak dan karbohidrat olahan yang tinggi. Selain berpengaruh pada jerawat sehingga disarankan untuk meminimalkan konsumsinya, fastfood juga minim nutrisi dan memberi pengaruh buruk untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Karbohidrat Olahan dan Gula

Beberapa contoh makanan yang termasuk dalam karbohidrat olahan misalnya roti, mi yang terbuat dari tepung putih, soda, sereal, es krim dan sebagainya. Batasi konsumsi karbohidrat dan gula untuk menghindari jerawat ya!

Asupan makanan manis ini bisa meningkatkan kadar hormon insulin di tubuh. Peningkatan ini ternyata membuat produksi minyak di wajah naik lho. Hal ini akan membuat kulit mudah ditumbuhi jerawat.

  • Keripik Kentang

Seperti yang kita tahu, keripik kentang masuk dalam daftar makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Sesuai dengan apa yang disebutkan sebelumnya, konsumsi karbohidrat berlebih bisa memicu peningkatan hormon insulin yang menyebabkan produksi minyak wajah naik.

  • Gorengan

Meski mendapat nominasi sebagai makanan favorit sejuta masyarakat, namun konsumsi gorengan tetap harus dibatasi. Gorengan mengandung lemak dan kadar garam yang tinggi sehingga bisa memperparah peradangan yang sudah terjadi. 

Selain berpengaruh terhadap kondisi jerawat, konsumsi gorengan dalam jumlah berlebih ternyata akan memengaruhi kesehatan, mulai dari masalah kelebihan berat badan, memicu penyakit jantung, meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan banyak lagi.

  • Alkohol 

Alkohol bisa memicu peradangan di tubuh. Selain itu, alkohol juga bisa memengaruhi keseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Konsumsi alkohol bisa membuat tubuh kekurangan zinc. Zinc merupakan mineral yang diperlukan untuk melawan bakteri.

Selain itu, alkohol bisa membuat kulit kering, saat kulit kering maka akan merangsang lebih banyak produksi minyak. Kotoran, minyak dan bakteri yang terperangkap di dalam pori bisa menyebabkan jerawat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alkohol juga bisa memicu peradangan, jerawat sendiri merupakan salah satu bentuk peradangan di tubuh.

Nah, itulah daftar makanan yang bisa menyebabkan jerawat di tubuh, tidak hanya jerawat di pipi. Lalu apa saja makanan yang bisa kita nikmati tanpa efek menyebabkan peradangan kulit? Salah satunya adalah buah dan sayur.

Kedua makanan ini termasuk makanan yang perlu kita konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Untuk menyiasati rasa dan aroma sayur yang mungkin kamu benci, kamu bisa membuat jus buah sayur lho! Gunakan buah favorit dalam jumlah banyak untuk menyamarkan rasa kurang enak sayur. Tapi ingat, agar tetap sehat, kamu nggak perlu menambahkan gula ke dalam jus tersebut ya!

Buah dan sayur seperti wortel, tomat, pepaya, lemon dan lainnya termasuk dalam daftar makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung nutrisi yang bisa menunjang kesehatan kulit.

Nah, selain memenuhi asupan nutrisi di atas, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan menghindari begadang. Pasalnya kekurangan tidur bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol lho! 

Hormon kortisol menyebabkan apa? Yak, betul stress dan bisa berpengaruh pada produksi minyak di kulit, merusak struktur kulit hingga memengaruhi fungsinya.

Nah, itulah beberapa kiat mengendalikan jerawat lewat penerapan gaya hidup sehat. Agar kesehatan kulit senantiasa terjaga, jangan lewatkan urutan perawatan kulit menggunakan produk skincare ya!

0 Response to "Apakah Makanan Manis Menyebabkan Jerawat di Pipi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel