Mengenal Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Jerawat Batu

Bagaimana menghilangkan jerawat batu? Bagi pemilik kulit berjerawat, jenis jerawat satu ini sangat dihindari. Jerawat batu lebih sulit hilang dan bila disentuh rasanya sangat sakit, apalagi saat jerawat masih meradang. Lalu apa sih penyebab, gejala serta bagaimana cara mengatasi jerawat batu? 

Jerawat Batu, Begini Penyebab dan Gejalanya

Jerawat batu atau jerawat kistik memiliki ukuran besar, meradang dan berisi nanah. Setelah laaama nggak kena jerawat batu, beberapa waktu ini, jerawat batu muncul di area wajah. Ternyata untuk sebagian orang, jerawat batu bisa muncul di area tubuh yang lain, seperti punggung, dada dan belakang telinga.

Selain terasa tidak nyaman (karena tersenggol sedikit sakitnya astagfirullah) dan ukurannya yang menonjol, jerawat batu bisa memengaruhi rasa percaya diri. Apalagi kalau munculnya, ngajak teman alias rombongan.

Ternyata jerawat batu disesbabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Genetik
  • Pemakaian produk skincare yang tidak tepat
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga sehingga menyebabkan penyumbatan yang bisa membuat bakteri berkembang. So, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah konsisten melakukan double cleansing agar kebersihan dan kelembapan kulit terjaga. Artikel mengenai urutan basic skincare bisa dibaca di situ yaa.. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat batu. Saran saya sih, stok sabar dibanyakin wkwk, konsisten melakukan perawatan dan tumbuhkan perasaan 'berdamai dengan jerawat' terlebih dahulu hahahahha..

Sepengalaman saya sih (setelah komitmen menggunakan skincare 6 tahunan sehingga kulit lebih baik karena jarang berjerawat, bekas jerawat beerkurang, tekstur kulit membaik ehh kokk beberapa hari ini muncul lagi jerawat batu poteek hati) rasa menerima kemunculan jerawat akan meringankan tidak nyamannya berminggu-minggu ditemani si jerawat haha.

Jerawat batu

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat batu yaitu:

  • Kompres air, bergantian antara panas dan dingin. Misalnya pagi kompres air hangat, kemudian malam kompres air dingin. Kompres air pada jerawat meradang bisa meredakan peradangan sehingga rasa sakit berkurang. Gunakan es batu yang dilapisi kain sebelum menempelkannya di wajah ya!
  • Selain basic skincare, kamu bisa menambahkan obat totol jerawat. Beneran lho, saya menggunakan obat jerawat dengan kemasan tube warna merah (boleh spill merek nggak??) ini, Alhamdulillah jerawat batu mereda. Saat saya mengoleskan ketika jerawat baru tumbuh, jerawat akhirnya nggak gagal membesar (artinya saya mempersingkat waktu pengobatan, mempersingkat rasa sakit saat jerawat meradang).
  • Berobat ke dokter. Biasanya dokter akan memberi obat seperti antibiotik, suntik kortison, pemberian isotretinoin atau prosedur lainnya.
Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang terasa sakit dan membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan. So, cegah dan kalau sudah menemukan benjolan di wajah bibit-bibit jerawat yang nyeri saat tersentuh, segera lakukan pengobatan ya! Kalau saya, beneran gercepin oles si merah, beneran ngaruh soalnya. Jerawat reda tanpa menyebabkan kering.

0 Response to "Mengenal Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Jerawat Batu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel