Pelembab atau Serum Dulu? Begini Urutan Skincare Malam

Urutan penggunaan skincare

Pada malam hari, kulit akan mengalami proses regenerasi sel. Hal ini menjadikan ritual skincare malam dan penggunaan serum sebaiknya tidak kita lewatkan. 

Nah, setelah menerapkan basic skincare dengan rutin, saya menambahkan penggunaan serum. Apakah kamu juga melakukan hal yang sama? Teman-teman sering kebingungan tidak akan menggunakan serum atau pelembab terlebih dulu? 

Mengapa Skincare Malam Sebaiknya Tidak Dilewatkan

Bersih-bersih wajah di malam hari bisa menjadi hal yang malas untuk dilakukan. Apalagi kalau sudah meletakkan kepala di atas bantal sambil scroll hape yakan.. 

Tenang gaes, enam tahun skincare-an saya juga sering begitu kok. Kalau sedang rajin akan buru-buru beranjak. Tapi kalau lagi khilaf ya biasanya bablas. Hingga pagi hari menyesal karena melihat jerawat muncul. 

Selain potensi ditumbuhi jerawat, nggak skincare-an malam hari juga bisa membuat kulit menjadi kusam karena kotoran dan sel kulit mati yang tertinggal.

Sebaliknya, kalau kita rajin tap tap wajah, kulit bersih terawat akan kita peroleh. 

Baca yuk artikel mengenai langkah skincare dasar yang wajib diketahui dan dilakukan. 

Nah, berikut keuntungan melakukan skincare malam sebelum tidur yang sayang banget untuk dilewatkan:

Regenerasi Sel Terjadi di Malam Hari

Begini urutan skincare malam

Malam hari waktunya kulit melakukan regenerasi atau perbaikan sel-sel yang rusak. Regenerasi berlangsung dari pukul 11 malam sampai jam 4 keesokan harinya. 

Pada bayi regenerasi kulit berlangsung setiap 14 hari, pada remaja regenerasi berlangsung setiap 28 hari, untuk kulit dewasa regenerasi terjadi mulai 28-45 hari. Sedangkan untuk kelompok dengan usia di atas 50 tahun, regenerasi berlangsung setiap 84 hari sekali. 

Saat regenerasi, sel-sel baru akan tumbuh menggantikan sel lama yang rusak yang disebabkan oleh kotoran, polusi, sinar matahari atau yang lainnya. Saat teman-teman tidur tanpa melakukan ritual skincare sebelumnya, regenerasi kulit bisa kurang optimal. Apalagi dengan kebiasaan buruk seperti rokok, begadang, terlalu banyak minuman manis dan lainnya. 

Kulit Membutuhkan Hidrasi Lebih

Kulit membutuhkan hidrasi yang optimal karena kondisinya akan lebih kering di malam hari. Penggunaan skincare tidak hanya memberikan kelembapan, namun juga dapat menjaga skin barrier tetap kuat. Skin barrier merupakan pertahanan kulit dari serangan luar, seperti bakteri penyebab jerawat dan sebagainya.

Saat pertahanan yang dimiliki kuat otomatis jerawat tidak terlalu sering muncul. Hidrasi kulit yang optimal juga bisa mencegah penuaan dini lho. Kulit yang kering terlihat tidak segar dan membuat fine lines lebih mudah muncul. 

Coba perhatikan deh, saat malam hari sebelumnya menggunakan skincare, pasti keesokan paginya kulit terasa lembut, lembap dan bercahaya. 

Step by Step Skincare Malam 

Nah, setelah tahu pentingnya skincare malam, jangan skip lagi ya hihi ngomong sama diri sendiri tuh. Karena usia boleh bertambah, tapi kulit sehat bercahaya, siapa sih yang tidak menginginkannya? 

Berikut langkah-langkah skincare malam dan beberapa produk yang disarankan untuk digunakan malam hari, apa aja sih? 

Cleansing dan Toning

Penggunaan pelembap

Tahap ini akan membersihkan kulit dari kotoran sehingga produk berikutnya dapat meresap maksimal. Kalau saya selalu menerapkan double cleansing meski sehar-hari jarang memakai make up atau hanya di rumah saja. Alasannya kulit berminyak saya lebih mudah kotor sehingga meski nggak kemana-mana tapi mungkin banget lho menyebabkan jerawat. 

Aturan tetap sama ya, kita bisa menggunakan cleansing oil, cleansing water, cleansing balm atau micellar oil.

Setelah tahap cleansing, teman-teman bisa langsung menggunakan toner ya! 

Serum

Merupakan produk dengan kandungan lebih potent dan rich. Serum perlu dipakai terlebih jika kamu memiliki target tertentu, misalkan mencerahkan wajah, menyamarkan dark spot, mencegah tanda penuaan dan lainnya. Kamu bisa memakai serum yang hanya dipakai malam hari, seperti retinol atau serum lainnya yang juga bisa digunakan pada siang hari.

Eye cream

Memiliki tekstur lembut yang berguna untuk memberi hidrasi dan menjaga elastisitas kulit sekitar mata. Aplikasikan eye cream memakai jari tengah karena jari ini memiliki tekanan paling lemah. Ingat, kulit sekitar mata sangat lembut sehingga tekanan yang terlalu keras justru tidak baik.

Pelembap

Kamu bisa menggunakan pelembap khusus malam atau menggunakan produk yang sama dengan yang kamu pakai pada pagi hari. Pelembap yang bisa dipakai baik untuk skincare malam maupun pagi adalah pelembap yang tidak memiliki kandungan spf.

Sleeping Mask

Bisa diaplikasikan pada kulit untuk menambah hidrasi. Berbeda dengan pelembap malam yang creamy, sleeping mask memiliki tekstur segar dan basah. 

Aplikasikan produk setelah semua skincare benar-benar meresap. Penggunaannya bisa 3x seminggu atau setiap hari menyesuaikan kondisi kulit. Aplikasikan sedikit demi sedikit ya agar tidak terlalu tebal. 

Nah, itulah beberapa produk yang bisa dipakai beserta urutan skincare malam yang tepat. So, sekarang sudah nggak bingung lagi kan untuk mendahulukan serum atau pelembap? 

Nah, masing-masing produk memiliki kandungan yang diperlukan oleh kulit. Menurut teman-teman cukup sedikit atau justru terlalu banyak deretan yang harus diaplikasikan?

Posting Komentar untuk "Pelembab atau Serum Dulu? Begini Urutan Skincare Malam"