Pelembab atau Serum Dulu? Begini Urutan Skincare Malam

Urutan penggunaan skincare


Malam hari kulit kita akan mengalami proses regenerasi. Hal ini menjadikan ritual skincare malam dan penggunaan serum sebaiknya tidak kita lewatkan. Serum atau pelembap, manakah yang perlu didahulukan? 

Mengapa Skincare Malam Sebaiknya Tidak Dilewatkan

Bersih-bersih wajah di malam hari bisa jadi hal yang malas untuk dilakukan. Apalagi kalau sudah meletakkan kepala di atas bantal sambil scroll hape yakan.. 

Tenang gaes, enam tahun skincare-an saya juga sering gitu kok. Kalau sedang rajin akan buru-buru beranjak. Tapi kalau lagi khilaf ya biasanya bablas. Hingga pagi hari menyesal karena melihat jerawat muncul. 

Selain potensi ditumbuhi jerawat, nggak skincare-an malam hari juga bisa membuat kulit menjadi kusam. Sebaliknya, kalau kita rajin tap tap wajah, kulit bersih terawat akan kita peroleh. 

Baca yuk artikel mengenai langkah skincare dasar yang wajib diketahui dan dilakukan. 

Keuntungan skincare malam menjadikannya sayaaaang kalau dilewatkan:

  • Malam hari waktunya kulit melakukan regenerasi atau perbaikan sel-sel yang rusak. Regenerasi berlangsung dari pukul 11 malam sampai jam 4 keesokan harinya. Pada bayi regenerasi kulit berlangsung setiap 14 hari, pada remaja regenerasi berlangsung setiap 28 hari, untuk kulit dewasa regenerasi terjadi mulai 28-45 hari. Sedangkan untuk usia di atas 50 tahun, regenerasi berlangsung setiap 84 hari sekali. Saat regenerasi, sel-sel baru akan tumbuh menggantikan sel lama yang rusak, entah karena kotoran, polusi, sinar matahari dan lainnya. Saat teman-teman tidur tanpa ritual skincare sebelumnya, regenerasi kulit bisa kurang optimal. Apalagi dengan kebiasaan buruk seperti rokok, begadang, terlalu banyak minuman manis dan lainnya. 
  • Kulit membutuhkan hidrasi yang optimal karena kulit lebih kering di malam hari. Penggunaan skincare akan memberikan kelembapan, menjaga skin barrier tetap kuat hingga bisa mencegah penuaan dini. Ketika malam hari menggunakan skincare, kulit akan lembut, lembap dan bercahaya keesokan harinya. 
Nah, setelah tahu pentingnya skincare malam, jangan skip lagi ya hihi ngomong sama diri sendiri tuh. Berikut beberapa produk yang disarankan dipakai malam hari, apa aja sih? 
  • Cleansing akan membersihkan kulit dari kotoran sehingga produk berikutnya dapat meresap maksimal. Kalau saya selalu menerapkan double cleansing meski sehar-hari jarang memakai make up atau hanya di rumah saja. Aturan tetap sama ya, kita bisa menggunakan cleansing oil, cleansing water, cleansing balm atau micellar oil.
  • Serum merupakan produk dengan kandungan lebih potent dan rich. Serum perlu dipakai terlebih jika kamu memiliki target tertentu, misalkan mencerahkan wajah, menyamarkan dark spot, mencegah tanda penuaan dan lainnya. Kamu bisa memakai serum yang hanya dipakai malam hari, seperti retinol atau serum lainnya yang juga bisa digunakan pada siang hari.
  • Eye cream memiliki tekstrur lembut yang berguna untuk memberi hidrasi dan menjaga elastisitas kulit sekitar mata. Aplikasikan eye cream memakai jari tengah karena jari ini memiliki tekanan paling lemah. Ingat, kulit sekitar mata sangat lembut sehingga tekanan yang terlalu keras justru tidak baik.
  • Pelembap, kamu bisa menggunakan pelembap khusus malam atau menggunakan produk yang sama dengan yang kamu pakai pada pagi hari. Pelembap yang bisa dipakai baik untuk skincare malam maupun pagi adalah pelembap yang tidak memiliki kandungan spf.
  • Sleeping Mask bisa diaplikasikan pada kulit untuk menambah hidrasi. Berbeda dengan pelembap malam yang creamy, sleeping mask memiliki tekstur segar dan basah. Aplikasikan produk setelah semua skincare benar-benar meresap. Penggunaannya bisa 3x seminggu atau setiap hari menyesuaikan kondisi kulit. 
Nah, itulah beberapa produk yang bisa dipakai beserta urutan skincare malam yang tepat. 

0 Response to "Pelembab atau Serum Dulu? Begini Urutan Skincare Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel