Ingin Bugar Saat Hamil? Terapkan Tips Kehamilan Sehat Berikut Yuk!

Tips saat hamil

Setelah merasakan hamil, saya baru menyadari bahwa hamil dan melahirkan bukanlah sesuatu yang selalu berjalan smooth, terlebih jika tidak dipersiapkan secara matang. Maka sebelum menjalani program hamil, penting bagi setiap calon orang tua untuk mempelajari literasi seputar tips kehamilan sehat.

Ingin Bugar Saat Hamil? Terapkan Tips Kehamilan Sehat Berikut Yuk!

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti sebuah talkshow yang digelar oleh IndScript. Dalam acara tersebut hadir pak Agus Jatmika Soegiarto selaku pemilik PT. Kehamilan Sehat Sejahtera. 

Hadir dalam 2 sesi dengan tema yang berbeda yang sama-sama penting dalam menjaga kehamilan sehat agar calon buah hati terbebas dari stunting. 

Sesi pertama menghadirkan tema mengenai Ibu Hamil Harus Sehat. Di sana dipaparkan banyak tips yang perlu diperhatikan oleh setiap calon orang tua untuk memiliki kehamilan yang sehat. 

Rutin periksa ke klinik ibu dan anak merupakan tips saat hamil yang perlu dilakukan untuk mencapai kehamilan yang sehat. Ibu bisa mengunjungi Klinik Kehamilan Sehat yang sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kenapa Harus Mengunjungi Klinik Kehamilan Sehat? 

Klinik Kehamilan Sehat menjadi salah satu yang bisa dipilih. Beberapa alasannya antara lain karena semua bidan di Klinik Kehamilan Sehat dibina untuk bisa memahami sisi psikis setiap pasien sehingga pelayanan yang diberikan lebih empatik.

Yah, banyak kan ibu hamil yang 'sakit hati' gara-gara mendapat pelayanan yang enggak menyenangkan. 

Selain itu, Klinik Kehamilan Sehat juga menyediakan program senam hamil dan juga senam hamil couple yang bisa diikuti setiap calon orang tua untuk mempersiapkan proses persalinan. 

Cukup dengan Rp 10.000 setiap sesi, ibu hamil sudah bisa memperoleh edukasi seputar kehamilan, konsultasi kondisi hamilnya (secara massal) hingga memperoleh support gizi.

Banyak pasien yang mengatakan pelayanan yang diberikan oleh Klinik Kehamilan Sehat membuat pasien merasa dimanusiakan namun dengan tarif yang amat terjangkau.

Mungkin mommil mommil sering bertanya-tanya, kenapa sih ibu hamil harus periksa secara langsung? Kan bisa lewat chat

Nah, ternyata untuk memastikan kondisi ibu hamil tidak bisa dilakukan hanya dengan konsultasi on-line. Dibutuhkan pemeriksaan menggunakan alat usg untuk mengetahui kondisi di dalam kandungan. 

Ada banyak keuntungan yang akan didapat dengan rutin memeriksakan kandungan memakai mesin usg, seperti kelainan yang bisa ditangani secara cepat karena sudah diketahui sejak dini. 

Misalnya pada kasus bayi yang terlilit tali pusar. Menggunakan mesin usg canggih, hal ini sudah bisa diketahui bahkan sejak ibu hamil muda. Maka, dokter bisa menyarankan beberapa upaya mengatasinya. 

Seperti membiasakan bumil untuk duduk dengan posisi nungging setiap pagi. Dengan membiasakan hal ini, tali pusar yang melilit bisa mengendur lho karena posisi bayi yang berputar. 

Pemeriksaan usg juga sangat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil dengan risiko tinggi atau para wanita yang hamil di usia yang sudah cukup matang. 

Tak terkecuali bagi ibu hamil yang mungkin terjatuh saat menjalani masa kehamilan. Meski tidak mengalami sakit yang mengganggu, seperti tidak terjadi apa-apa namun ibu hamil amat disarankan tetap periksa memakai usg untuk memastikan bahwa kandungan benar-benar aman. 

Jadi periksa menggunakan usg sangat disarankan ya bu, setidaknya satu kali di trimester pertama, satu kali di trimester kedua, dan dua kali di trimester ketiga. 

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, setiap ibu hamil juga wajib kritis terhadap konten yang ada di internet. 

Sebaiknya ibu hamil tidak langsung mempercayai apa yang ada di internet karena biasanya pemaparan yang ada adalah kondisi secara umum dan tidak bisa dijadikan patokan atas kondisi ibu.

Kehamilan Sehat Bisa Cegah Stunting

Tips kehamilan sehat

Di sesi dengan tema 'Kehamilan Sehat yang Bisa Cegah Stunting', pak Agus ditemani oleh beberapa narasumber, antara lain dr. Eko Setiawan, Sp. O, dr. Yoga Yandika, Sp. A, dr. Adnina Hariningrum, CIMI dan Diah Kusuma W, A. Md. Keb. 

Kampanye tentang stunting lagi gencar-gencarnya digalakkan oleh pemerintah nih bu. Jadi stunting ialah kondisi dimana seorang anak memiliki tinggi tubuh yang terhambat dan kecerdasan yang berada di bawah rata-rata.

Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena gizi buruk yang berlangsung dalam waktu lama. Nah, kondisi ini bisa dicegah dengan mempersiapkan kehamilan secara matang dan ibu mengkonsumsi asupan yang diperlukan oleh wanita hamil, seperti asam folat, zat besi, vitamin D dan lainnya.

Itulah rangkuman mengenai beberapa tips kehamilan sehat yang bisa diterapkan oleh setiap ibu hamil agar menghadirkan buah hati yang sehat, cerdas dan kebanggaan. 

Posting Komentar untuk "Ingin Bugar Saat Hamil? Terapkan Tips Kehamilan Sehat Berikut Yuk! "