Tips Menabung untuk Orang yang Tidak Bisa Menabung (Sebuah Pengalaman Pribadi)

tips menabung


Edukasi tentang cara mengatur keuangan semakin banyak disuarakan. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya postingan tentang uang yang berseliweran di beranda sosial media.

Dilakukan baik oleh mereka yang memang berkecimpung di bidang tsb (banker, CFP dan sebagainya) maupun mereka yang memiliki pengalaman di sana, semisal ibu rumah tangga yang berjuang melunasi hutang atau trik yang mereka gunakan untuk menyiasati biaya hidup tinggi dengan keuangan terbatas.

Nah, kebetulan saya memiliki beberapa pengalaman terkait uang, mulai dari pengalaman berhasil memiliki rumah sendiri hingga berbagai perubahan sudut pandang terkait uang. Di sini saya akan bercerita tentang pengalaman bisa menabung padahal dulunya saya adalah budak diskon.

Manfaat Menabung


Sejak jaman dulu hingga sekarang, menabung adalah kebiasaan baik yang digaungkan banyak orang tua. Manfaat menabung antara lain :

Melatih Rasa Sabar


Saat melihat barang yang menarik hati, nggak berlebihan rasanya bila kita segera ingin memilikinya. Perasaan takut keduluan yang lain atau mumpung lagi diskon, biasanya semakin mendorong diri kita untuk segera check out.

Apalagi didukung m-banking penuh, ya nggak sih? 😁 Tetapi menabung melatih rasa sabar kita, menyadarkan bahwa semua ada prosesnya.

Menghindarkan Kebiasaan Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan


Lumayan nyambung dengan manfaat menabung yang pertama, yaitu melatih rasa sabar. Nah, menabung biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun bisa jadi setelah uang terkumpul justru kita merasa sayang untuk membelanjakannya sesuai dengan tujuan awal, karena ternyata kita tidak benar-benar membutuhkannya.

Mempersiapkan Sesuatu


Menabung juga melatih kita untuk bisa memprediksi apa yang sekiranya akan dibutuhkan. Misalnya biaya untuk staycation akhir tahun, biaya melunasi uang pangkal sekolah, bayar pajak kendaraan tahunan dan sebagainya, yang sudah terpikirkan sejak jauh hari.

Melatih Menentukan Prioritas


Selain melatih rasa sabar, ternyata menabung juga bermanfaat untuk melatih kita menentukan prioritas ya. Ya karena apapun yang ada di dunia ini terbatas, termasuk uang.

Saat kita sudah mengetahui begitu pentingnya manfaat menabung, mungkin banyak dari teman-teman yang merasa bingung bagaimana sih cara mudahnya mengumpulkan uang sampai banyak.

Kok ada saja godaannya. Untuk mereka yang memiliki self control kuat terhadap uang, mungkin tidak ada masalah ya. Nabung ya tinggal sisihkan saja uangnya, jangan dipakai semua.

Seperti suami saya yang pernah saya tanyai tentang bagaimana caranya bikin uang awet nggak kepakai terus.

Dengan enteng suami menjawab, 'Ya tinggal enggak dipakai.'

Menyimpan uang di dompet dan tidak memakainya untuk kebutuhan tidak penting, 100% gagal saya terapkan. 

Bagaimana Cara Menabung untuk Orang yang Tidak Bisa Menabung?

tips menabung, cara menabung


Nah, buat teman-teman yang memiliki kendala sama seperti saya, bisa mencoba beberapa hal berikut. 

Segera Simpan ke Dalam Pos-posnya


Begitu menerima uang, segera tempatkan pada pos semestinya. Sedekah, investasi, dana darurat, biaya hidup dan lain-lain. Mengingat pengendalian diri yang lemah, takutnya kalau nggak segera dilempar ke pos masing-masing malah habis gitu aja.

Uninstall Aplikasi Belanja Online


Cara agar bisa menabung berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasi belanja online yang membuat iman kita lemah. Saya melakukan ini karena sadar self control enggak begitu bagus kalau ketemu produk diskon plus lagi ada uang di m-banking. Hawanya tuuhhh.. check out melulu.

Selain nggak bagus bagi kesehatan finansial, berlama-lama di marketplace juga menghabiskan banyak waktu.

Selain aplikasi belanja, ada juga m-banking sebagai sumber tantangan bagi saya saat menabung. Tapi, berhubung saya nggak bisa melepasnya dari handphone, maka saya menyiasati dengan segera melempar isinya ke pos-pos tadi. 

Oh, ya saya sedang mencoba sebuah fitur dari salah satu bank digital yang dilengkapi amplop-amplop nih. Besok kalau memang ok dan ga males, akan saya tulis pengalaman saat menggunakannya.

Menerapkan Jurus Belenggu Rejeki


Tips agar bisa menabung ke-3 pernah saya tulis di pos ini. Silakan klik kalau mau membaca dan siap-siap saja enggak mudah tergoda untuk jajan-jajan centil. 😂

Nah, itu dia tiga tips yang selama ini saya coba. Oh, ya pada dasarnya aplikasi itu enggak salah, bagaimana pun tetep sangat membantu. Cuma ya itu, bisa berabe kalau empunya enggak punya kendali diri yang kuat. Jadi salah satu jalan yaa.. dengan meng-install-nya hanya saat membutuhkannya.

Kalau trik teman-teman supaya uang yang dimiliki tidak cepat habis apa nih?

sumber gambar https://www.pexels.com

0 Response to "Tips Menabung untuk Orang yang Tidak Bisa Menabung (Sebuah Pengalaman Pribadi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel