Galau Gara-gara Roseola Infantum, Ini Dia Sakit yang Rentan Diderita Balita

Roseola infantum


Roseola Infantum adalah salah satu penyakit yang sempat diderita anakku dan sukses membuatku galau. Sungguh kala itu penuh drama karena baru pertama kali mendapati anakku mengalami demam nggak sembuh-sembuh.

Selain Roseola Infantum, anakku juga sempat menderita sakit yang lain, diantaranya :

1. Pilek dan Demam


Pilek dan demam adalah satu penyakit yang umum dialami balita, termasuk anakku. Penyebabnya beragam, salah satunya karena sistem imunnya yang belum terbentuk sempurna sehingga mengakibatkan virus penyebab pilek mudah menginfeksi.

Meski sering dialami anakku tapi ya sedih juga terlebih jika pilek dan demamnya tak kunjung sembuh.

Pertolongan pertama yang aku berikan adalah memberikan obat penurun demam, parasetamol. Selain obat yang diminum, aku juga kerap menggunakan plester penurun demam. 

Selain cara modern aku juga sering kok menggunakan cara tradisional yang biasanya aku tempuh saat sakitnya belum parah alias baru menunjukkan gejala. Salah satu yang terbukti manjur untuk melegakan hidungnya yang mampet adalah mengoleskan tumbukan merica yang dicampur minyak telon di ubun-ubunnya. Atau membalurkan bawang merah parut ke seluruh tubuhnya.

Terserang pilek memang tidak enak karena mengganggu kenyamanan tidur. Orang dewasa saja kesusahan apalagi bocah ya kan.

So, aku selalu memastikan agar ia tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dibanding badan. 

Alhamdulillah dengan cara ini tidur anakku yang sedang kena pilek bisa lebih nyenyak.

2. Batuk Berdahak


Batuk berdahak juga merupakan penyakit yang kerap menghampiri anakku. Biasanya datang sepaket dengan pilek dan demam. Batuk berdahak pada anakku selain dipicu oleh makanan, biasanya disebabkan kalau badannya kemasukan angin.

Terbukti dari beberapa kali dirinya ngompol nggak ketahuan. Pasti deh keesokan paginya batuk-batuknya akan kambuh.

Kapan harus ke dokter, jujur ketika sakitnya sudah mulai mengganggu aktivitasnya. Atau setelah pertolongan pertama sudah diberikan namun ia belum sembuh.

Seperti biasa pikiran ibu-ibu saat anak sakit suka nggak tenang. So tujuanku ke dokter salah satunya agar tahu secara pasti sakit yang diderita anakku.

3. Scabies


Scabies atau kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes Scabiei. Saat anakku mengeluhkan gatal-gatal di telapak tangannya, aku segera membelikan obat di apotek.

Nah, di sanalah apoteker yang jaga mengatakan bahwa kemungkinan anakku menderita scabies. Terlebih dilihat dari bintik-bintik melenting berisi air bening yang nampak di tempat yang ia keluhkan gatal-gatal.

Apoteker berpesan jika setelah diberi salep sakitnya belum sembuh, agar mengunjungi dokter kulit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Alhamdulillah, gatal-gatal mereda seiring dengan bintik-bintik yang juga menghilang.

4. Infeksi Telinga Tengah


Adalah salah satu penyakit yang lumayan bikin aku kaget. Saat itu setelah pulang sekolah anakku lemas dan suhu tubuhnya tinggi. Hal yang bikin syok karena keluarnya cairan kuning di salah satu telinganya.

Infeksi telinga tengah bisa menyerang siapa pun, dari anak-anak hingga dewasa. Namun ternyata lebih rentan menyerang anak-anak lho. Hal ini disebabkan karena tuba eustachius alias saluran untuk menyalurkan udara ke dalam telinga tengah pada anak-anak lebih sempit. Keadaan ini menyebabkan penyumbatan lendir dan cairan telinga sehingga memicu pertumbuhan dan infeksi bakteri. 

Salah satu cara mencegah infeksi telinga tengah pada balita salah satunya dengan rutin membersihkan telinganya.

5. Roseola Infantum


Telah disebutkan di atas kalau Roseola infantum adalah salah satu penyakit yang sempat membuatku drama. 

Alasannya karena demam anakku belum juga sembuh hingga kurang lebih 3 hari. Suhu badannya naik turun, rewel, kehilangan nafsu makan dan hanya mau digendong.

Saat demamnya mereda, aku melihat bintik-bintik merah muncul di beberapa bagian tubuhnya, seperti di bagian perut, tangan hingga pipi.

Jenis penyakit ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya namun saat suhu tubuh anak naik pasti si kecil rewel.

Pertolongan pertama yang bisa diberikan diantaranya memberikannya Paracetamol.

Itu dia beberapa penyakit yang sempat diderita anakku. Selain doa yang kenceng dan stok sabar yang banyak dalam menghadapi anak yang sedang sakit, pastikan untuk selalu asupan yang masuk ke tubuh mommy agar tetap fit merawat si kecil.

Komunikasi yang baik dengan keluarga seperti pasangan atau kakek neneknya agar bisa diajak gantian menjaga.

Jangan ragu untuk mengunjungi dokter. Aku pribadi mengunjungi dokter bukan untuk mencari obat semata tetapi agar kita tahu secara pasti sakit yang diderita si kecil.

Sumber gambar : freepik.com

Tidak ada komentar