Tips Cerdas Jajan Skincare Over Budget

Pexels

holatami.com- Berikut trik yang kerap aku pakai saat ingin membeli barang impian over budget tanpa mengorbankan kebutuhan lain.

Orang yang paling nyaman, menurutku adalah orang yang nggak memiliki hobi atau kesenangan terhadap satu hal tertentu.

Hidupnya slow, karena nggak harus menuruti hawa nafsu ingin memiliki sebuah barang.

Tapi, namanya juga manusia. Kadang-kadang kita ingin bersenang-senang, mungkin hanya karena alasan hidup itu hanya sekali.


Pastikan trik yang kamu gunakan tepat sehingga meskipun barang yang diincar memiliki harga yang melebihi budget namun tetap ber-ending manis alias tidak mengorbankan pos keuangan lainnya.

Nah, aku pribadi punya ketertarikan pada skincare. Berawal dari perasaan gemas melihat wajahku yang dihiasi buanyak sekali bentol-bentol jerawat.

Selesai mencoba satu buah produk, biasanya aku tertarik pada produk lain. Tak jarang produk itu memiliki harga yang melebihi budget skincare bulananku *yang cuma seiprit itu.

Agar tetap ada di dalam batas, berikut hal-hal yang selalu aku tanyakan pada diriku.

Daftar Pertanyaan Sebelum Membeli Skincare Over Budget

1. Apakah aku benar-benar menginginkan produk itu?

Untuk membuktikannya aku biasa menuliskan semua barang impianku di atas kertas. Seiring dengan berjalannya waktu, perlahan aku tahu mana sih barang-barang yang memang benar-benar aku inginkan (dan butuhkan).

2. Setelah yakin benar-benar menginginkan, selanjutnya aku bertanya, barang ini bisa diganti dengan yang lain nggak ya?

Biasanya aku mencari barang sejenis dengan harga lebih murah. Nggak harus langsung beli, caranya bisa dengan membaca banyak review atau mempelajari kandungan skincare yang bisa membantuku mengatasi masalahku.

3. Aku coba dengan barang yang harganya lebih murah

Kalau iyes, aku lanjut pakai barang tersebut. Kalau ternyata nggak cocok aku kembali pada impian awal.

Option ini kadang aku lakukan, kadang enggak. Kalau sudah terlanjur suka pada barang tertentu biasanya ya tetep kekeuh nggak mau coba-coba barang lain.

4. Apa harus langsung beli full size?

Nah, biasanya aku akan cari sample size atau travel size-nya dulu. Kalau beneran fix nih, merasa klik 100% baru deh masuk ke tahap menabung.

Tips Menabung

Tahap ini sebenarnya mirip dengan membeli dengan sistem kredit. Cuma bedanya, kita mencicil sedikit demi sedikit dalam bentuk tabungan hingga mencapai jumlah yang ditargetkan.

Menabung sudah, barang impian sudah berada di tangan. Selanjutnya, jangan mau rugi. Putar uangnya dengan membuat karya yang berhubungan dengan barang tersebut. Misalnya, menulis review.

Sebagai seorang blogger aku nggak mau rugi dong hehehe. Biasanya aku akan mengubah produk yang telah aku coba menjadi sebuah karya, biasanya sih artikel ulasan.

Kalau misal kebetulan suka dengan barang tersebut dan berencana membeli ulang, next aku akan membelinya dengan cara seperti di awal, yaitu mencicilnya. Nah, dengan cara ini, aku berhasil mendapatkan barang impian tanpa mengganggu budget bulanan.


Nah, gimana menurut teman-teman?

Tidak ada komentar