Ini Dia Trik Belanja Online Anti Boncos yang Wajib Diketahui!


Holatami.com Belanja online merupakan aktivitas yang lumrah dilakukan di era serba canggih sekarang ini, terutama nih bagi ibu-ibu muda yang mulai rempong jika harus berbelanja di offline store.

Di balik rasa praktis yang belanja online tawarkan, ternyata tersembunyi ancaman yang bisa bikin keuangan carut marut. Yap, terutama jika kita tidak memiliki pengendalian diri yang kuat. Tahu sendiri ya, e-commerce yang aksesnya cukup dalam genggaman ini sangat gencar mengeluarkan promo. Mereka tahu banget deh cara mengambil hati buibu yang merasa juara setiap kali berhasil mendapatkan barang dengan diskon besar.

Untuk antisipasi hal tersebut, ini dia hal-hal yang saya lakukan agar tidak terseret arus sekaligus bisa me-time dengan memenuhi kebutuhan pribadi.

1. Tetapkan Budget


Pertama, tentukan seberapa besar budget yang disiapkan untuk membeli kebutuhan pribadi. Pastikan membuat budget yang realistis sesuai keadaan keuangan ya!

2. Berjuang Dulu Baru Beli


Sistem reward and punished enggak hanya bisa diterapkan dalam hal pekerjaan lho. Dalam meyiasati uang belanja, kita bisa lakukan ini terutama agar mencegah dari perbuatan membeli barang yang belum terlalu dibutuhkan. Bisa banget kita berjuang dulu dengan mencapai target tertentu. Setelah tercapai baru deh, kita bebas membeli skincare/pakaian yang menjadi incaran sebagai bonus.

3. Cari Tempat yang Menjual Barang Ori dan Menyediakan Banyak Diskon


Belanja online, Sociolla


Tidak ada yang lebih mengesalkan dibanding mendapatkan barang palsu. Niat ingin bijak dalam mengelola uang malah berujung sebaliknya. Sebelum belanja pastikan membeli produk hanya di trusted shop, official store atau distributor resminya.

Terutama kalau belanja online karena enggak memungkinkan untuk melihat langsung fisiknya. Untuk kosmetik sendiri, saya biasa membeli di Sociolla. Semua produk yang tersedia di Sociolla dijamin ori. Selain itu, Sociolla nggak pernah tanggung-tanggung dalam memberikan diskon.

Selain diskon reguler, potongan harga juga bisa didapat dari kode voucher. 

4. Coba Peruntungan dengan Menjadi Giveaway Hunter




Baru kali ini aku merasakan bukti nyata dari sebuah kalimat, 'melembapkan tanpa terasa lengket.' Sejak remaja, jerawat adalah musuh bebuyutan. Kupikir penyebabnya adalah hormon karena masuk usia remaja. Bodohnya, aku percaya gitu aja omongan orang yang mengatakan, jerawat bakal hilang dengan sendirinya setelah menikah 🙈 Etapi, jerawat kok tetap hadir meski anakku udah gede. Akhirnya aku kenal ilmu merawat kulit. Aku rutin melakukan 4 langkah skincare dasar. Alhamdulillah, jerawatku berkurang drastis. Muka pun enggak sekusam sebelumnya. Tapi problem belum berakhir. Mukaku masih gampaaaang bgt jerawatan. Akhirnya aku ketemu sama ci @agustine.gozali yang lagi heboh review @secretkey_idn Aku coba dong. Nah, di sini aku merasakan sendiri mukaku yang berminyak berjerawat berubah jadi normal berminyak. Jerawat juga ga segampang dulu timbul. Satu yang bikin menganga saking takjubnya, essence ini bikin jerawat cepat kering. Kalau ada jerawat aku suka bgt tempel kapas yang sudah dibasahi essence ini. ♥ Aku yang emang nggak suka make up an tertolong bgt dengan @secretkey_idn makin pede hanya mengandalkan skincare buat keluar rumah. Teksturnya cair seperti air biasa, ga ada wangi, cepat bgt meresap tanpa meninggalkan rasa lengket. Selain itu harga juga terjangkau. Buat yang mungkin bermasalah sama jerawat, ga ada salah cobain essence ini. *jangan lupa tetap konsisten dengan 4 langkah skincare dasarnya biar hasil yang didapat maksimal. @lara_arit @dessy_sud ihihiii #revealthekey #secretkey #barebeautysecret
Sebuah kiriman dibagikan oleh www.holatami.com (@tammytammya_) pada

Saya termasuk sering mengikuti giveaway, plus beberapa kali juga berhasil menang. Seneng deh, ada produk gratis, voucher belanja hingga diskon dalam bentuk kode. Dan kebanyakan info tentang giveaway ini saya dapat di @beautyjournal, masih sodaraan sama Sociolla.

5. Be Creative!


Selain mencoba tips di atas, saya pun sering menguji kreativitas. Karena saya suka nulis, saya kerap mengolah hasil belanjaan saya menjadi tulisan. Hasil tulisan tersebut biasanya saya upload di blog, update Instagram atau saya tulis di akun Soco (Sociolla Community) saya.

Biasanya dari kegiatan menulis tersebut saya mendapat honor yang bisa dibelikan kosmetik lagi. Nah, kalau di akun Soco nih, di sana akan mendapat beragam benefit, salah satunya ya kode voucher yang bisa digunakan untuk belanja.

Ini adalah beberapa trik yang saya lakukan dalam belanja online. Nah, apa nih trik andalan kamu?


1 komentar

  1. Trik andalan saya adalah tidak membuka situs olshop sama sekali, hihi.

    Kalo temen saya, dia biarin produknya ada di "keranjang" atau "cart" dulu selama tiga hari buat mikir-mikir. Kalau emang dipikir perlu, baru check out bayar.

    BalasHapus