Apakah Kulit yang Terkena Matahari Bisa Putih Kembali?

Cara atasi kulit belang


Aktivitas harian kerap memaksa kita terpapar matahari. Misalkan saja untuk bekerja atau seperti saya yang harus antar jemput anak sekolah ataupun TPQ. Pertanyaannya, apakah kulit yang terkena matahari bisa putih kembali. Jika bisa bagaimana caranya? Simak yuk lewat artikel di bawah ini!

Apa yang Terjadi Ketika Matahari Menimpa Kulit Kita?

Paparan sinar matahari yang mengenai kulit akan memicu tubuh memproduksi lebih banyak melamin (pigmen pembentuk warna kulit, rambut dan mata). Hal tersebut sebenarnya merupakan reaksi alami untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat pengaruh buruk sinar matahari. 

Namun, melanin diketahui hanya mampu melindungi kulit dari sinar UVB dan blue light. Artinya, teman-teman tetap perlu membatasi paparan sinar matahari. Di sisi lain, kulit belang bisa mengganggu penampilan kulit secara estetika. 

Bagaimana Agar Kulit Bisa Kembali Cerah?

Menurut pengalaman, baik dari orang-orang di sekitar maupun pengalaman pribadi, kulit yang gelap bisa kembali ke warna aslinya. Apalagi jika pemicu kulit menggelap telah kita hindari atau kita minimalkan. Sementara itu, untuk mempercepat prosesnya, kita bisa menambahkan penggunaan produk perawatan yang dapat mencerahkan kulit. Apa saja ya? Berikut daftarnya!

Bahan Aktif yang Dapat Mencerahkan Kulit

Saat ini ada banyak skincare dengan kandungan pencerah yang bisa ditemukan di pasaran. Zat aktif tersebut biasanya terkandung dalam bentuk serum. Berikut bahan-bahan yang bisa kamu gunakan! 


Skincare dengan kandungan pencerah

Azelaic Acid

Bahan aktif pertama yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit yaitu azelaic acid. Cara kerjanya dengan menghambat produksi tyrosinase, sebuah enzim yang menyebabkan produksi melamin berlebih dan hiperpigmentasi. 

Tak heran jika kandungan ini juga dipakai untuk menyamakan warna kulit akibat bekas jerawat, bitnik-bintik karena paparan sinar matahari dan sebagainya. Selain bisa mencerahkan, azelaic acid bisa dipakai untuk mengatasi jerawat, melakukan eksfoliasi dengan lembut dan merupakan antioksidan yang kuat sehingga bisa menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Kojic Acid

Asam kojic merupakan produk sampingan dari proses fermentasi. Asam kojic dikenal memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit yang gelap setelah terpapar sinar matahari. Cara kerjanya mirip dengan azelaic acid yaitu mencegah produksi tyrosinase berlebih.

Alpha Arbutin

Berikutnya yaitu alpha arbutin yang dikenal luas dengan manfaatnya untuk mengembalikan warna asli kulit. Keunggulan dari kandungan pencerah satu ini, relatif aman digabungan dengan kandungan lain, seperti retinol, AHA dan vitamin C sehingga manfaat yang diberikan pada kulit semakin lengkap. Kamu juga tidak perlu khawatir menggunakannya setiap hari karena bahan ini cenderung minim iritasi.

Selain itu, alpha arbutin lebih stabil dan efektif dibanding beta arbutin. 

Vitamin C

Serum vitamin C

Vitamin C dikenal dengan kemampuannya untuk mencerahkan warna kulit karena bisa mencegah pembentukan melamin. Selain itu, vitamin C juga memiliki fungsi untuk memproduksi kolagen sehingga kulit awet muda. 

Serum vitamin C bisa digunakan setiap hari, baik pagi ataupun malam. Namun pemakaian pagi hari sangat disarankan karena memiliki manfaat photoprotective, artinya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. 

SymWhite 377

Salah satu ingredient yang cukup populer, SymWhite 377 memiliki nama lain phenylethyl resorcinol yang berasal dari bagian pohon pinus scotch. Cara kerjanya pun mirip-mirip dengan bahan pencerah di atas dengan menghambat sebuah enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan melamin kulit. Kamu bisa menemukan SymWhite 377 di dalam banyak produk serum.

Tranecamic Acid

Kandungan ini bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari. Selain mencerahkan warna kulit, tranecamic acid ternyata juga dapat menguatkan skin barrier. Saat kulit memiliki lapisan pelindung yang kuat otomatis menjadi lebih jarang berjerawat.  

Mandelic Acid

Mandelic acid bekerja mencerahkan kulit dengan dua cara, yaitu menghambat pembentukan enzim tirosinase dan mengangkat permukaan kulit secara lembut. Merupakan AHA yang memiliki molekul lebih besar dibanding jenis lainnya membuat Mandelic Acid lebih lambat terserap sehingga meminimalkan terjadinya iritasi kulit. Selain mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari, kandungan satu ini bermanfaat untuk mencegah pembentukan jerawat karena memaksimalkan pengelupasan kulit mati. 

Lycorice

Berkat kandungan glabridin di dalam lycorice yang mampu mencerahkan serta menghentikan produksi enzim tirosinase. Sementara kandungan liquiritin yang ada bermanfaat untuk menghancurkan melamin sehingga kulit yang belang bisa kembali ke warna aslinya. 

Retinol

Retinol juga bisa kita gunakan untuk mengembalikan warna kulit yang gelap pada warna aslinya. Pasalnya retinol bermanfaat sebagai eksfoliasi. Untuk memperoleh manfaat retinol, pastikan agar memperhatikan cara penggunaannya ya karena retinol memberikan beberapa efek samping. 

Selain mencerahkan kulit dengan mengelupas sel kulit mati, zat aktif satu ini bisa merangsang pembentukan kolagen sehingga dapat menjaga elastisitas kulit. Tak heran jika kemudian banyak dipakai sebagai treatment anti aging. Namun ingat, penggunaan retinol tidak disarankan untuk wanita hamil. 

Itulah beberapa kandungan zat aktif dalam produk skincare yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna kulit asli setelah terpapar sinar matahari. Kamu juga bisa membaca urutan penggunaan skincare yang tepat agar hasil yang diperoleh maksimal. 

22 komentar untuk " Apakah Kulit yang Terkena Matahari Bisa Putih Kembali?"

Comment Author Avatar
aku jadi memandangi tanganku yang belang nih, gegara males pakai sarung tangan, jadi tanganku belang. kayaknya bisa nih, jadi putih kembali
Comment Author Avatar
Uhm, kalau dasarnya udah putih ya bisa balik lagi kok. Dulu pas aku demen olahraga outdoor wajah jadi gosong. Alhamdulillah dengan perawatan, bisa balik putih lagi.

Pengen coba serum vitamin C biar warna kulit rata. Eh butuh Retinol juga soalnya udah 30+.
Comment Author Avatar
ini bisa di pakai buat cowok gak mba,, soalnya kulitku mulai menghitam karena sering main di luar,, hahaha
Comment Author Avatar
Wajahku nih yang mulai ada flek-flek karena paparan matahari. Padahal yaaa udah pakai sunblock 50 SPF loh. Cek lagi ah skin care yg bisa memutihkan...Trims
Comment Author Avatar
Belang ini memang memungkinkan terjadi ya kak. Dan kalau udah si belang ini harus cepet deh diatasi, biar gak makin menggelap pula
Comment Author Avatar
Biasanya kalau saya main ke pantai, pasti kulit saya langsugn hitam. Dan kalau mau agak putihan lagi, saya harus ngadem di rumah. tapi itu juga lama hahaha.
Tapi kalau bagi kebanyakn perempuan, pastinya ingin cepat kulitnya kembali jadi warna asal ya. Dan banyak cara yang bisa dilakukan.
Comment Author Avatar
Dulu aku motoran hampir tiap hari, kalo dibandingin sekarang lebih banyak diboncengnya sih wkwkw tp ya gitu males pake lotion, padahal nutrisi kulit dari luar jg penting ya kak
Comment Author Avatar
Ini nih yang aku cari. Kelamaan di ruang terbuka bikin kulitku jadi belang krn jarang pake sunscreen sih. Aku coba ah skincare yang ada kandungan retinolnya. Bnyk reviewer sih yg ngerekomendasiin retinol ini biar kulitnya makin glowing.
Comment Author Avatar
Pakai jaket dan sarung tangan anti UV itu benernya ngefek gak sih? Jadi penasaran.
Comment Author Avatar
Beberapa kandungan untuk mengembalikan warna alami kulit rada kenal. Karena memang skincare yang kupakai ada yang mengandung bahan tersebut. Cuma ternyata ada banyak lagi yang nggak kukenal euy.
Comment Author Avatar
Baru tahu nih, fungsi lain dari retinol ternyata bisa untuk mencerahkan kulit. Namun, penggunaan retinol ini harus dilakukan sangat hati-hati, karena ada efek sampingnya.
Comment Author Avatar
Temenku suka suntik pemutih, mungkin serum itu ya mbak. Tapi klo dari aku sendiri lebih baik menggunakan produk yang tidak langsung masuk dalam tubuh, seperti yang kamu rekomendasikan, itu jauh lebih aman ya
Comment Author Avatar
Nggak nyangka ya, ternyata bahan dari pohon pinus Scotch bisa jadi salah satu bahan pencerah kulit. Jadi penasaran pengen coba produk serum yang mengandung SymWhite 377 ini. Semoga hasilnya memuaskan dan bisa bikin kulit jadi lebih cerah dan sehat! ✨
Comment Author Avatar
Aku yang sering kepanasan setiap hari kulitnya jadi gosong. Sel kulit yang mati itu sebenernya bisa tumbuh lagi. Dan harus pakai produk kecantikan sih.
Comment Author Avatar
ternyata banyak ya rekomendasi bahan untuk mencerahkan kulit...cusss cari produk yang mengandung bahan-bahan di atas... biasanya yang belang hitam si aku tangan ya
Comment Author Avatar
Wah, ternyata bisa ya. Boleh nih dicoba untuk kulit wajah dan punggung tanganku yang menggelap karena sinar matahari.
Comment Author Avatar
kalau kaya alpha arbutin, kojic, symwhite 377, tranexamic acid, lycorice itu aku dah sering liat di moisturizer atay serum yg pernah dibeli dan emang mencerahkan. Tapi yang azelic acid aku baru tahu, jadi penasaran pgn nyari skincare berbahan ini.
Comment Author Avatar
Ternyata kulit belang bisa diatasi biar kembali ke kulit aslinya, ya. DUlu kebetulan wajah sempat belang karena tiap hari sepedaan buat ke sekolah, hehe. Tapi karena nggak tau cara merawatnya, ya cukup dibiarin aja.
Comment Author Avatar
Dulu pernah coba pake jeruk nipis untuk asupan vitamin C untuk kulit wajah dan lumayan worth it sih, tapi memang pakainya harus hati-hati, bisa-bisa kita kena iritasi kalau penggunaannya terlalu berlebihan
Comment Author Avatar
Awalnya aku termasuk yang pesimis bisa putih karena sering terpapar sinar matahari
tapi dengan skincare-an yang teratur ternyata bisa putih kembali ya
Comment Author Avatar
Harus tau hero ingredientsnya gitu yaa.. agar dapat hasil sesuai dengan keinginan.
Tapi rasanya Retinol ini uda common banget sih yaa... Cuma balik lagi cocok-cocokkan di kulit masing-masing.
Comment Author Avatar
Kulit tanganku belang nih. Jadi harus pakai produk yang kandungannya seperi di sebutkan di atas ya. Hmmm oke deh. Auto ngecek ingredient produk. Hehe