Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami, Apakah Bisa?

Cara atasi bibir kering

Bagaimana cara mengatasi bibir kering secara alami menjadi pertanyaan yang begitu populer. Pasalnya banyak orang yang memiliki permasalahan ini, terutama saat bulan puasa seperti saat ini. Berikut saya rangkum cara yang bisa kita lakukan untuk melembapkan bibir. 

Mendambakan Bibir Lembap? Berikut Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami

Lipbalm untuk bibir kering

Bibir merupakan salah satu area wajah yang bisa menunjang rasa percaya diri berinteraksi dengan orang lain. Kondisi bibir kering, apalagi sampai mengelupas dan berdarah bisa merusak penampilan lho! 

Baca Yuk Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Pasalnya bibir kering terlihat pucat sehingga mirip orang sakit. Belum lagi dengan lip product yang dipakai yang tidak bisa menempel sempurna. Yuk rawat bibir kering, berikut cara alami mengatasinya! 

  • Gunakan Madu

Madu dikenal sebagai pelembap bagi kulit kering sehingga biasa digunakan untuk mengatasi area bibir yang kering. Sebelum tidur, pastikan kondisi bibir kamu sudah bersih, oleskan madu tipis-tipis. Namun jika merasa repot, kamu bisa memakai produk yang ada di pasaran yang sudah mengandung madu. 

  • Hindari Menjilat Bibir

Menjilat bibir bisa menyebabkan kulit bibir lebih kering dari sebelumnya karena air liur mudah mengalami penguapan. Meskipun bisa membuat bibir tampak lembap secara instan, sebaiknya hindari cara ini bila tidak ingin memiliki tampilan bibir yang semakin parah. 

Baca Yuk Pengalaman Mengatasi Bibir Kering

  • Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan bibir kering. Untuk terhindar dari kondisi tersebut, yuk penuhi asupan air putih. 

Minum dalam jumlah yang cukup. Jika saat puasa membuat kamu tidak memungkinkan untuk minum di siang hari, minum di waktu-waktu tertentu, seperti sahur, berbuka, setelah tarawih dan sebelum tidur. 

Selain memenuhi asupan air putih, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam menu harian. 

  • Gunakan Lipbalm dengan SPF

Tidak hanya wajah yang perlu dilindungi dengan tabir surya, namun area bibir pun perlu kamu beri proteksi. Salah satu rekomendasi saya adalah buttered lip balm dengan spf 15.

Lipbalm ini memiliki angka spf yang cukup untuk melindungi bibir kamu. Terdapat beragam pilihan aroma yang bisa disesuaikan dengan selera. 

Jika ragu menggunakannya saat sedang berpuasa, kamu bisa menggunakannya saat sedang tidak berpuasa. 

Melindungi kulit bibir dengan lipbalm ber-SPF juga akan membuat warna kulit bibir terjaga alias tidak kehitaman akibat paparan sinar matahari. Nah, penting sekali bukan memberi perlindungan maksimal pada bibir? 

  • Hindari Pemicu Alergi

Sinar matahari

Kulit bibir kering juga bisa disebabkan oleh alergi, seperti penggunaan obat-obatan, lipstik yang mengandung alkohol, sinar matahari, udara dingin dan lain-lain.

  • Gunakan Pelembab Bibir yang Tepat

Petroleum jelly dan shea butter adalah bahan-bahan yang biasa dipakai untuk melembapkan bibir. Namun kedua ingredients ini bersifat oklusif, artinya akan menahan air untuk tidak menguap. 

Kamu juga perlu menggunakan ingredients yang bersifat humektan dan emmolien yang mampu melembapkan serta melembutkan tampilan bibir. So, gunakan serum hyaluronic acid sebelum mengoleskan pelembap yang mengandung shea butter maupun petroleum jelly. 

  • Rutin Melakukan Eksfoliasi Bibir

Nah, tujuan melakukan treatment ini adalah mengangkat sel kulit mati yang masih sulit lepas di atas permukaan bibir. Jika dikelupas secara manual maka dikhawatirkan akan berdarah dan bisa membuat kondisi bibir semakin parah. 

Pastikan bibir dalam kondisi lembap, gosok dengan lembut menggunakan permukaan kain yang halus. Dengan cara ini, kemungkinan bibir berdarah akan lebih kecil dibanding 'menguliti' dengan tangan secara langsung. 

Cara lain, manfaatkan bulu sikat gigi yang lembut untuk mengangkat perlahan sel kulit mati di atas bibir. Setelahnya, beri pelembap atau oleskan lip serum/lip sleeping mask kesayangan agar bibir memperoleh hidrasi optimal. 

  • Batasi Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin pasti mengandung garam. Sementara itu, sifat garam yang menyerap air menjadi salah satu sebab mengapa makanan ini bisa menyebabkan kondisi bibir menjadi kering. Terlebih jika kamu memiliki tipe kulit bibir yang kering. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bibir kering secara alami. Tips tambahan dari saya adalah, selain selektif memilih produk yang dipakai di area bibir (misalnya lipstik) teman-teman juga perlu teliti saat menggunakan pasta gigi. 

Sepengamatan saya (sehingga belum bisa dijadikan rujukan) pasta gigi yang menghasilkan busa banyak cenderung membuat bibir menjadi kering. Oleh sebab itu, saya selalu menghindari busa pasta gigi dalam jumlah melimpah. 

Nah, setelah mengganti pasta gigi dengan merek lain, Alhamdulillah kulit bibir saya menjadi tidak kering. Tapi hal ini tidak berlalu dengan suami. Kulit bibirnya tidak mengalami kering berlebihan meski menggunakan pasta gigi yang bila digunakan oleh saya, langsung membuat bibir auto kering. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami, Apakah Bisa? "