Ciri Jerawat Mendem dan Perawatan yang Disarankan

Jerawat mendem

Berapa lama jerawat mendem hilang? Jerawat mendem memiliki bentuk besar, sensitif dan letakknya cukup dalam. Jerawat mendem merupakan jenis jerawat yang bisa bertahan mulai dari berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Sebagai pemilik kulit berminyak yang rentan berjerawat, beberapa kali saya pernah mendapati jerawat mendem. Kalau di saya, jerawat mendem bisa bertahan hingga berbulan-bulan dengan bentuk yang nyaris tidak berubah, tetap besar.

Kalau pengobatan agak telat, jerawat mendem bisa bertahan berminggu-minggu sebelum beneran hilang (tapi enggak termasuk bekas ya hiks memang). Sementara kalau saya gercep, Alhamdulillah cukup beberapa hari jerawat mereda karena nggak sempat membesar.

Jerawat mendem biasanya disebabkan oleh kotoran dan bacteri p. acnes yang terperangkap di dalam pori sehingga menimbulkan infeksi. Infeksi mencapai lapisan kulit yang lebih dalam sehingga pori-pori akan bengkak dan meradang.

Jerawat nodul lebih rentan dialami oleh mereka yang memiliki keringat berlebih, misalnya penderita hiperhidrosis, penggunaan kosmetik yang menyumbat pori, sedang mengalami perubahan hormon seperti puber, hamil, menstruasi hingga menopause, mengkonsumsi jenis obat tertentu, stres dan lainnya. 

Lalu bagaimana perawatan yang tepat?

Perawatan Jerawat Mendem yang Disarankan

Teman-teman bisa ke dokter spesialis kulit. Dokter biasanya akan memberikan salep yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida atau retinoid dalam dosis yang lebih tinggi. Atau dokter bisa juga memberikan obat yang diminum, seperti antibiotik atau memberi suntik jerawat.

Kalau saya nih, saat menemukan satu dua jerawat mendem maka saya akan:

  • Tidak skip basic skincare.
  • Meminimalkan penggunaan kosmetik, ini lebih ke rasa tidak nyaman saat jerawat tersentuh saja sih plus agak berjuang saat bersih-bersih make up dengan kondisi kulit berjerawat.
  • Menghindari terlalu sering menyentuh wajah. Kalau mau pegang, saya akan memastikan terlebih dulu kalau tangan sudah bersih.
  • Menggunakan pelembap yang memiliki kandungan untuk bikin jerawat kalem sekaligus memperkuat skin barrier alias lapisan pertahanan kulit.
  • Menggunakan serum retinol yang bergantian dengan obat drugstore untuk oles jerawat. Jangan lupa kulit harus tetap terhidrasi ya! 
Jerawat mendem memang menyakitkan dan biasanya akan membentuk jaringan parut yang lebih sulit lagi dihilangkan. So, itu dia beberapa hal terkait ciri jerawat mendem serta perawatan yang bisa diterapkan.

0 Response to "Ciri Jerawat Mendem dan Perawatan yang Disarankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel