Begini Urutan Skincare yang Benar agar Hasilnya Efektif

Urutan pemakaian skincare yang benar

Pengaplikasian skincare perlu dilakukan dengan tepat agar memberikan hasil seperti yang diinginkan. Dengan banyaknya produk skincare, teman-teman pernah bingung nggak sih mau pakai produk yang mana dulu? 

Kenapa Penggunaan Skincare Harus Urut?

Salah satu alasan mengapa penggunaan produk skincare harus tepat adalah agar produk dapat meresap sempurna sehingga bisa memberikan hasil yang diinginkan. Sebagai contoh, teman-teman menggunakan serum pencerah wajah namun step cleansing tidak teman-teman lalui dengan benar maka akan membuat produk tidak bisa meresap karena terhalang kotoran. 

Jadi nggak heran kalau wajah tetap kusam meskipun menggunakan serum yang mengandung zat pencerah. 

Contoh lain, teman-teman sedang memakai serum anti aging yang mengandung retinol. Namun, keesokan paginya tidak menggunakan sunscreen karena hanya di rumah saja. 

Maka, manfaat retinol dalam mengatasi tanda penuaan tidak bisa diperoleh karena kulit tetap terkena matahari yang bisa merusak lapisan (meski di rumah saja, sinar matahari bisa mengenai kulit) (patokannya, saat kita bisa melihat di dalam ruangan tanpa cahaya buatan, artinya sinar matahari masih menembus area tersebut). 

Kulit justru kemerahan karena kulit yang menggunakan retinol memiliki sensitivitas yang meningkat. 

Masih contoh lain, teman-teman yang mendambakan wajah cerah menggunakan produk eksfoliasi namun tidak mengimbanginya dengan hidrasi. Akibatnya kulit berubah kemerahan sebagai tanda over exfoliating. Sayang sekali bukan? Niat hati ingin kondisi kulit membaik namun yang terjadi justru sebaliknya. 

Agar mempermudah untuk mengingat urutan yang tepat, rumusnya adalah gunakan terlebih dahulu produk yang memiliki konsistensi paling cair lebih dulu. Tekstur yang lebih cair lebih cepat meresap.  

Untuk memudahkan mengingat, gunakan produk yang memiliki konsistensi paling cair lebih dulu. Tekstur yang lebih cair lebih cepat meresap. 

Begini Urutan Skincare yang Benar agar Hasilnya Efektif

Bagi seseorang yang baru pertama kali menggunakan skincare, memahami urutan yang tepat bisa menjadi permasalahan tersendiri. Di sisi lain, saat kita terbalik memakainya bisa menyebabkan efektivitas skincare berkurang. 

Berdasarkan rumus di atas (gunakan mulai dari tekstur yang paling cair) begini urutan pemakaian skincare yang pas, yaitu:

Cleansing 

Basic-skincare

Cleansing menjadi langkah pertama dalam ritual skincare. Merupakan tahap membersihkan kotoran dari wajah. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit agar penetrasi produk berikutnya bisa maksimal. 

Mencuci wajah di pagi hari perlu teman-teman lakukan jika kulit terasa sangat kotor. Kalau tidak kotor sebenarnya mencuci muka cukup menggunakan air saja kok! 

Sementara bagi pemilik kulit wajah berminyak seperti saya, rasanya wajib banget mencuci wajah dengan facial wash karena kulit yang terasa kotor. Intinya, perhatikan kondisi kulit ya!


Toning

Adalah tahap berikutnya yang sebaiknya tidak teman-teman skip saat menjalankan ritual skincare. Toner terdiri dari 2 macam, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. 

Masing-masing jenis memiliki tujuan penggunaan yang berbeda sesuai dengan bahan aktif yang dikandungnya. Hydrating toner akan memberi kelembaban sehingga kulit lebih siap menerima produk skincare berikutnya. Sementara exfoliating toner bisa diandalkan untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. 

Teman-teman punya keluhan wajah kusam dan banyak komedo? Rutinkan memakai eksfoliasi toner InsyaAllah komedo dan sel kulit mati penyebab kusam akan terhempas! 

Lalu bagaimana cara membedakan sebuah toner termasuk hydrating toner atau exfoliating toner? Caranya.. Mungkin lebih seru kalau dibahas di artikel terpisah yah >,< 

Moisturizing

Adalah tahap menggunakan moisturizer alias pelembap. Produk memiliki konsistensi yang berbeda yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Pemilik wajah berminyak disarankan menggunakan produk bertekstur ringan seperti gel atau lotion

Tekstur-moisturizer

Sedangkan bagi pemilik kulit kering, bisa memakai tekstur krim yang memberi kelembapan ekstra. Sertai dengan pijatan lembut dari bawah ke atas untuk melancarkan peredaran darah. 

Tahap moisturizing tidak boleh dilewatkan meskipun jenis kulit teman-teman adalah oily. Bila skip pelembap, kulit bisa dehidrasi dan akan memproduksi lebih banyak minyak.

Protecting

Tidak boleh teman-teman lewatkan karena manfaat dari semua skincare tidak akan didapatkan kalau teman-teman tidak memberi perlindungan kulit dari sinar matahari. Bahkan sunscreen lebih penting dibanding serum mahal sekalipun lho karena lebih baik tidak menggunakan serum dibanding harus skip sunscreen. Sunscreen bisa melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B, melindungi jerawat agar tidak semakin parah bahkan bisa mencegah penuaan! Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang pernah saya coba. 

Sinar UVA dikenal dapat menyebabkan penuaan kulit (aging). Sedangkan sinar UVB bisa membuat kulit menggelap/belang (burning).

Lalu di mana slot menggunakan serum? Balik lagi, bisa dilihat dari tekstur produk ya. Kalau saya biasa menggunakannya sebelum moisturizer karena pelembap saya lebih kental dibanding serumnya. Cara lain, gunakan sesuai petunjuk yang ada di kemasan produk. 

Nah, itulah urutan skincare yang benar agar hasilnya efektif. Teman-teman udah nggak bingung lagi kan, komen yah, yuk kita diskusi!

Posting Komentar untuk "Begini Urutan Skincare yang Benar agar Hasilnya Efektif"