Tips Digital Marketing bagi Pemilik Usaha yang Go Online

Digital marketing agency Jakarta masih menjadi sesuatu yang asing di telinga para pemilik usaha, utamanya mereka yang tinggal di daerah. Di sisi lain, tidak sekali dua kali saya mendengar keluhan pemilik usaha mengenai omset yang cenderung menurun imbas dari jual beli secara online

Digital marketing agency

Belanja online menyuguhkan banyak pilihan produk dengan harga lebih murah dan tentu saja tak perlu panas-panasan keluar rumah. Wajar bila akhirnya konsumen kepincut. 

Tips Memaksimalkan Digital Marketing Agar Memberikan Hasil

Melihat fakta tersebut, membuat banyak pemilik usaha yang ikut menjual produknya secara online, baik lewat aplikasi chatting atau dengan bantuan media sosial. Faktanya tak sedikit yang frustasi karena merasa sudah melakukan berbagai cara namun belum membuahkan hasil seperti yang diinginkan. 

Ternyata jualan online memang tak semudah yang dilihat ya. Begini lho tips digital marketing yang perlu dilakukan oleh pemula! 

  • Memiliki Rumah di Dunia Maya

Jika usaha offline menggunakan etalase untuk memajang produk dagangan, di dunia maya teman-teman bisa menggunakan website yang memiliki fungsi serupa. 

Sebenarnya, website bisa dipakai secara gratis namun kredibilitas brand cenderung diragukan karena alamat website gratisan terlalu panjang dan belum bisa dikostumisasi tanpa menyertakan ekstensi dari mereka. Misalnya, daganganonline.wordpress.com atau daganganonline.blogspot.com dan sebagainya. 

Sementara website yang menggunakan domain berbayar akan meningkatkan kepercayaan konsumen karena nama yang ringkas dan memiliki 'ekor' yang lebih profesional seperti .com, .id dan lainnya. 

Selain dipakai sebagai etalase berjualan secara online, website juga bisa digunakan sebagai 'back up' jika ada hal-hal tidak diinginkan yang terjadi pada akun media sosial atau aplikasi chatting teman-teman, misalnya medsos terkena banned, diretas dan lainnya. Jika pengguna media sosial atau aplikasi chatting harus tunduk pada kebijakan pemilik perusahaan, website tidak karena pemiliknya adalah diri kita sendiri.

  • Menerapkan Strategi SEO

Sudah menjadi kebiasaan kita saat membutuhkan informasi mengenai suatu hal, otomatis akan mencarinya di internet. Di sinilah peran penting penerapan SEO pada konten karena cara kerja mesin pencari adalah merekomendasikan website-website dengan kata kunci tertentu sebagai referensi untuk menjawab pertanyaan pengguna internet.

Saat website kamu sudah SEO friendly, mesin pencari akan lebih mudah menemukan kontenmu.

  • Gunakan Copywriting yang Memikat

Sudah rajin unggah produk di status tapi belum mendapatkan hasil seperti yang diinginkan? Teman-teman saya yang menyambi jualan online, banyak lho yang mengeluhkan hal ini. 

Saya melihat kebanyakan konten yang mereka unggah bersifat hard selling dengan kualitas gambar yang kurang jernih. Menurut saya, hal ini menjadi salah satu penyebabnya. 

Logikanya, sama iklan yang direkam professional saja kita sering sebal, apalagi dengan iklan hard selling, foto nggak jernih, hasil copas pula! Alhasil, konten yang diunggah hanya di-skip. Nah, agar kejadian tersebut tidak berulang, teman-teman bisa menerapkan teknik copywriting dalam setiap konten. 

Copywriting adalah teknik membuat kalimat iklan agar tidak tampak seperti iklan. Teknik ini efektif dipakai sebagai caption pada unggahan produk. 

Setelah update konten di website, jangan lupa untuk 'meneruskannya' di sosial media untuk menjangkau lebih banyak pengunjung yang menghasilkan penjualan. 

  • Memakai Jasa Agensi Pemasaran Digital di Indonesia

Jual beli secara online menjadi hal yang baru bagi sebagian pemilik usaha. Hal ini membuat mereka belum mampu menghasilkan penjualan karena tidak tahu strategi yang pas. 

Agensi pemasaran digital di Jakarta

Dalam jual beli, dikenal istilah 'customer journey' (perjalanan seorang konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk) yang perlu dipahami setiap pemilik usaha. Apa saja tahapan customer journey? 

  • Awareness, ketika seseorang notice dengan suatu produk karena terpapar berulang kali, entah dari iklan yang dilihat di media sosial dan lainnya. 
  • Interesting, konsumen mulai tertarik sehingga mereka akan mencari tahu mengenai informasi terkait produk secara lebih detail dengan membaca testimoni dan sebagainya. 
  • Decision, yaitu memutuskan untuk melakukan pembelian. Tahap ini lumayan krusial karena konsumen juga akan membandingkannya dengan produk sejenis sebelum deal melakukan pembelian. So, pemilik usaha harus memberi benefit lebih pada mereka, entah dengan diskon, promo dan lainnya. 
  • Retention, setelah puas menggunakan suatu produk atau layanan, konsumen biasanya akan membeli secara berulang. Agar konsumen loyal, pihak brand juga bisa memberikan keuntungan lebih, misalkan dark sisi pelayanan, peningkatan kualitas dan lainnya. 
  • Advocacy yaitu ketika konsumen menyarankan produk teman-teman pada koleganya. Saat teman-teman memberi pelayanan memuaskan, konsumen cenderung melakukan promosi gratis tanpa diminta. 

Tahapan yang berbeda inilah yang membuat strategi promosi yang digunakan pun perlu dibedakan. Di sini peran sebuah digital agency Indonesia karena akan membantu pemilik brand dalam memetakan customer journey sekaligus menerapkan strategi yang tepat sehingga diharapkan dapat memberi hasil yang maksimal. 

Nah setelah tahu beberapa trik memaksimalkan penjualan digital, berikutnya akan dibahas keuntungan menggunakan digital marketing agency Indonesia. Apa saja sih? 

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing Agency Indonesia dalam Bisnis

Digital marketing agency Indonesia

Sebelumnya sempat saya sebutkan kalau jasa digital marketing agency Jakarta masih menjadi hal yang asing untuk banyak orang, setuju ya? Padahal, dengan menyewa jasa agensi digital di Jakarta tersebut, sebagai pemilik usaha kamu sangat diuntungkan lho. 

Hemat Waktu 

Mempelajari strategi penjualan secara digital dari nol akan menyita banyak waktu serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus melalui proses trial and error

Jasa digital agency Jakarta dapat kamu andalkan karena mereka telah berpengalaman dalam menangani berbagai bentuk pemasaran secara digital

Hemat Anggaran

Dengan menggunakan jasa digital agency Jakarta kamu tidak perlu merekrut tenaga kerja baru khusus menangani strateginya. Hemat anggaran ya kan? 

Pastikan untuk pilih agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia. 

Memberikan Hasil yang Lebih Menjanjikan

Dengan memilih digital agency Indonesia terpercaya yang berpengalaman, pemasaran secara digital lebih mampu memberikan hasil dibanding dengan melakukan jual beli online tanpa strategi. 

Penggunaan jasa digital marketing agency sangat diperlukan bagi pemilik bisnis di era saat ini. Nah, kamu bisa menghubungi Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold Winner sekaligus merupakan salah satu agensi digital di Indonesia yang terpercaya. 

Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut akan membantu kamu dalam memaksimalkan penjualan online.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk memulai digital marketing, terutama bagi pemula yang sudah mencoba beberapa cara namun belum menghasilkan. 

Adakah yang sudah pernah menggunakan jasa agensi pemasaran digital di Jakarta? Share yuk!

12 komentar untuk "Tips Digital Marketing bagi Pemilik Usaha yang Go Online"

Comment Author Avatar
Jelas lah belanja online lebih diminati, soalnya simpel, efisien dan pastinya banyak promo atau diskon. Makanya sekarang banyak masyarakat yang tertarik untuk jualan online, soalnya tren belanja online lagi tinggi. Jadi punya prospek yang cerah.

Tapiii, bagi pemula tentunya nggak mudah untuk jualan online. Biasanya mereka membutuhkan jasa digital agency. Nah Redcomm ini bisa jadi rekomendasi yang tepat bagi para pebisnis pemula atau yang nggak mau ribet melakukan pemasaran digital.
Comment Author Avatar
Meski saya bisa menulis copy writing, untuk "wadahnya" saya tetap pilih menyerahkannya ke jasa marketing agency yang tepat. Effort-nya lebih kecil tapi hasilnya lebih optimal.
Comment Author Avatar
Tips yang membuatku berpikir dan pengen ngejitak kepala sendiri nih, Mbak. Ngaku aja blogger tapi blog buat jualan online malah terbengkalai bertahun-tahun. Hiks.
Comment Author Avatar
Ada banyak cara ya buat maksimalkan penjualan online, salah satunya menggunakan jasa digital agency Jakarta Redcomm, yg udah dipercaya banyak brand juga.
Comment Author Avatar
Bener banget yaa, menjalankan usaha di era digital wajib memaksimalkan penjualan online juga, agar usaha makin laris manis. Tentu digital marketing agency yang tepat sangat dibutuhkan untuk mewujudkannya.
Comment Author Avatar
Digital marketing memang menurutku lebih optimal dibanding menggunakan strategi pemasaran secara konvensional
Comment Author Avatar
kalau sudah terlihat hasilnya gini sih, mending pakai yang pasti-pasti aja dengan jasa digital agency :)
Comment Author Avatar
Sekarang ini eranya digitalisasi
Memang sudah selayaknya pelaku bisnis mulai menggunakan digital marketing
Comment Author Avatar
Peran digital marketing sekarang perlu banget apalagi pemilik usaha yg males update ilmu tentang digital marketing, cocok menggunakan jasa digital marketing. Pangsa pasar bisnis online semakin besar dan berkembang. (Gusti yeni)
Comment Author Avatar
Nah, emang penting banget nih buat yang mau buka usaha online untuk mempertimbangkan menggunakan jasa digital marketing karena pastinya akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan konversi penjualan
Comment Author Avatar
menggunakan jasa digital marketing agency memang bisa sangat efektif ya dalam meningkatkan usaha penjualan produk kita karena digital agency itu memiliki tenaga yang berpengalaman di bidang digital marketing
Comment Author Avatar
Menggunakan jasa digital marketing agency adalah salah satu jalan yang tepat untuk memasarkan produk secara online. Biar usahanya bisa go online dan dikenal oleh masyarakat luas.