Mengenal Jaringan Fiber Optik dan Keunggulannya

Keunggulan fiber optik


Hidup di jaman yang canggih seperti saat ini menghadirkan banyak kenyamanan ya. Saya pribadi termasuk orang yang merasa beruntung berkat kehadiran internet.

Terutama karena internet membuat gerak saya lebih leluasa. Saya bisa berteman dengan orang lain yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi. Saya juga bisa belajar banyak hal meskipun tinggal di kota kecil yang mall aja nggak punya.

Nah, data internet dapat berpindah secara kilat berkat kehadiran kabel fiber optik yang memiliki lebih banyak keunggulan dibanding jenis kabel lainnya.

Keunggulan Jaringan Fiber Optik 


Fiber optik

Simple-nya, kabel fiber optik ialah kabel yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dengan perantara berbahan kaca. Transmisi sinyal dilakukan dengan pembiasan cahaya laser maupun LED sehingga sinyal-sinyal dapat dialirkan ke titik-titik tertentu dengan kecepatan tinggi.

Sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar, apa aja sih keunggulan kabel fiber optik ini? Yuk kita kulik!

Kecepatan Lebih Baik

Keunggulan pertama yang akan teman-teman dapatkan saat menggunakan sinyal yang dialirkan lewat serat fiber ialah memiliki kecepatan yang lebih baik.

Ini karena sinyal listrik telah diubah menjadi cahaya sehingga kecepatannya lebih baik dibanding saat melewati kabel dari bahan lain seperti tembaga misalnya. 

Sudah tahu sendiri ya kalau cahaya memiliki kecepatan yang paling cepat di dunia ini. Nggak ada yang menandingi termasuk suara sekalipun. Buktinya saat ada petir, maka yang tertangkap pertama ialah kilatannya baru disusul suara. 

Kecepatan sinyal fiber optik sendiri bisa mentransmisikan data hingga 1 giga per detiknya.

Tidak Terpengaruh Cuaca

Salah satu permasalahan terkait koneksi internet ialah saat sinyal melemah akibat cuaca buruk, seperti saat turun hujan.

Namun dengan serat optik, permasalahan cuaca yang bisa mempengaruhi kestabilan dan kecepatan sinyal bukan lagi menjadi masalah. Serat optik bekerja tanpa dipengaruhi listrik sehingga membuatnya tidak terpengaruh oleh cuaca buruk.


Sinyal fiber optik

Mau nge-drakor, belajar lewat video converence, mengakses situs teknologi Pricebook ataupun main game dijamin lancar jaya!

Selain tidak terpengaruh cuaca, sinyal fiber optik juga tidak terpengaruh gelombang elektromagnetik seperti halnya gelombang radio. 

Hmm.. Pernah banget ngrasain suara dari media yang saya dengarkan putus-putus atau malah tumpang tindih dengan suara lain. 

Tidak Menimbulkan Risiko Konsleting

Kabel fiber optik yang terbuat dari kaca atau plastik membuatnya tidak terpengaruh oleh listrik sehingga tidak menimbulkan risiko terjadi konsleting. Hal ini tentu menambah rasa aman dan nyaman saat menggunakan sinyal bertransmisi fiber optik.

Selain itu, kabel serat optik juga tahan terhadap korosi yang membuatnya lebih awet. Meski pemasangan awal tergolong mahal namun karena minim perawatan dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama, so jatuhnya bisa lebih hemat.

Dapat Mentransmisikan Data dalam Jumlah yang Besar

Diameternya yang kecil bahkan lebih kecil dari rambut dengan bentuk yang ramping membuatnya hemat tempat dan ruang. Ini berpengaruh terhadap transmisi data sehingga kita bisa menikmati sajian data dalam jumlah lebih besar namun dalam waktu yang singkat.

Sinyal Kencang dan Stabil

Keunggulan dari sinyal yang dialirkan lewat fiber optik berikutnya yaitu sinyal yang dihasilkan relatif kencang dan stabil. Lagi-lagi karena sinyalnya menggunakan kecepatan cahaya yang tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan semisal cuaca.

Sinyal yang dialirkan lewat fiber optik dapat mengalirkan data hingga jauh tanpa membutuhkan penguat sinyal. 

Sinyal fiber optic telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, termasuk IndiHome dari Telkom Indonesia so kecepatan sinyalnya lebih terjamin dengan beragam keunggulan dari fiber optic seperti yang telah disebutkan di atas. 

Selain itu, biaya berlangganan paket IndiHome dari Telkom Indonesia bisa jauh lebih hemat karena ada banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Referensi :

https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/teknologi-fiber-optic-cara-kerja-kelebihan-dan-kekurangannya#:~:text=Kabel%20fiber%20optic%20adalah%20kabel,tinggi%20ke%20tiap%2Dtiap%20titik.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jaringan Fiber Optik dan Keunggulannya"