Kiat Menjaga Kesehatan Tulang untuk Ibu Hamil

Kiat menjaga kesehatan tulang untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan tulang yang kuat untuk menopang tubuh serta janin yang dikandungnya. Ibu hamil bisa mulai dengan kebiasaan baik berikut agar kesehatan tulang terjaga. 

Kiat Menjaga Kesehatan Tulang yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Saat hamil, tubuh perempuan akan memproduksi hormon estrogen dalam jumlah lebih banyak dibanding saat tidak hamil. Hal ini sebenarnya baik karena bantu memperpadat tulang. 

Selain itu, penyerapan kalsium oleh tubuh juga lebih baik dibanding saat tidak hamil.

Meski begitu, setiap ibu hamil tetap harus memantau nutrisi apa saja yang perlu dikonsumsi agar kesehatan dan janin yang dikandung berada di kondisi optimal dan terhindar dari osteoporosis kehamilan.

Ini lho beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan agar kesehatan tulang terjaga, antara lain: 

Penuhi Asupan Kalsium

Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk janin dan tubuhnya. Kalsium memiliki peran yang amat penting karena dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, berperan dalam perkembangan jantung, saraf dan organ penting janin lainnya.

Sementara itu, bagi ibu hamil, kalsium akan menjaga bumil dari risiko preeklamesia dan hipertensi. Sayangnya kalsium tidak diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga kebutuhan kalsium 1500 miligram per hari bagi ibu hamil harus didapat dari luar.

Beberapa caranya antara lain mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kalsium. Namun ingat ya, bumil tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 2500 miligram kalsium per harinya.

Beberapa makanan sumber kalsium antara lain susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin D memiliki manfaat baik untuk tulang. Tak hanya pada mereka yang tidak hamil, termasuk juga pada perempuan yang sedang mengandung. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin satu ini, mulai dari asupan yang dikonsumsi, suplemen hingga didapat dari sinar matahari pagi. 

Ibu Hamil Harus Rutin Bergerak

Sebelumnya saya sempat bingung kenapa ya kalau ada perempuan yang tampak lemes sering dianggap sebagai salah satu ciri hamil. Hingga akhirnya saya merasakan sendiri saat hamil tubuh akan terasa berbeda dibanding sebelumnya.

Perasaan menjadi lebih sensitif, badan terasa lemas, hawanya mual dan pingin muntah. Bahkan sebelum mengetahui sedang hamil, saya sempat merasakan masuk angin yang sangat hebat setiap minggu padahal seumur hidup rasanya saya nggak pernah masuk angin sebegitunya

Hmm kondisi-kondisi ini bisa jadi karena pengaruh hormon ya.  Badan lemas dan tidak bergairah yang biasanya dialami ibu hamil muda bisa diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi jenis vitamin untuk ibu hamil agar tidak mudah lelah yang bisa diresepkan oleh dokter. 

Rutin bergerak juga menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan agar badan lebih bersemangat. Ibu bisa membiasakan diri untuk jalan-jalan pagi sambil berjemur.

Udara pagi yang sejuk dan minim polusi sangat bagus untuk kesehatan. 

Kebiasaan baik lain dalam membiasakan diri bergerak bisa dilakukan dengan melakukan senam hamil. Tentu agar lebih yakin dan aman, ibu bisa menggunakan instruktur yang sudah berpengalaman dan telah melakukan konsultasi pada dokter.

Hal ini dilakukan mengingat kondisi setiap ibu hamil tidak sama.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Ada banyak kebiasaan tidak baik yang bisa memperngaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin, antara lain paparan asap rokok hingga kebiasaan minum alkohol.

Bagi yang tidak hamil saja hal tersebut bisa memperburuk kesehatan, apalagi untuk ibu yang sedang hamil ya kan.

Jadi, agar terhindar dari segala risiko yang disebabkan oleh zat kimia yang terkandung dalam rokok dan alkohol, caranya ya jangan dikonsumsi dan jangan dekat dengan seorang perokok.

Nah, itulah sedikit pemaparan mengenai kiat menjaga kesehatan tulang yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar dapat menjalani kehamilan dengan happy karena badan yang bugar dan nyaman. 

Referensi:

https://www.alodokter.com/bumil-ketahui-yuk-tips-menjaga-kesehatan-tulang-saat-hamil

Posting Komentar untuk "Kiat Menjaga Kesehatan Tulang untuk Ibu Hamil"