Mempersiapkan Daya Tahan Tubuh Anak untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru



Sedih bukan bila daya tahan tubuh anak menurun sehingga membuatnya gampang sakit? Apalagi sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru. 

Tak heran jika setiap orang tua akan mengupayakan berbagai cara untuk menunjang kesehatan anak. Sebagai salah satu orang tua, saya melakukan cara berikut untuk menjaganya tetap sehat. 

Pentingnya Sistem Imun bagi Tubuh


Sistem imun merupakan mekanisme pertahanan yang akan menjaga tubuh dari serangan patogen dari luar yang bisa menyebabkan sakit. Ada beberapa jenis sistem imun, yaitu sistem imun yang didapat secara alami dan sistem imun yang diperoleh setelah seseorang mengalami sakit tertentu.

Contoh sistem imun yang diperoleh secara alami, misalnya kulit sebagai pertahanan terluar tubuh, cairan asam yang melindungi pencernaaan, selaput lendir sebagai pelindung saluran pernafasan dan lainnya. 

Sedangkan sistem imun yang diperoleh setelah mengalami sakit tertentu misalkan saja kekebalan tubuh dapatan setelah seseorang mengalami cacar air. Selain itu, sistem kekebalan ini juga bisa didapat melalui suntikan imunisasi.

Ingin Daya Tahan Tubuh Anak Kuat? Perhatikan Hal Berikut!


Dunia sekolah bukan lagi menjadi hal yang baru bagi anak saya. Pasalnya saya sudah memasukkan si kecil di sebuah playgroup sejak usianya 4 tahun. 

Saya tidak perlu mengkhawatirkan siapa yang akan memberi stimulasi pada si kecil karena dia sudah didampingi guru yang memiliki latar belakang pendidikan sesuai untuk memahami anak. Soal jam makan, jam tidur hingga rutinitas lainnya, pihak sekolah sangat bertanggung jawab.

Tapi masalahnya, anak saya menjadi lebih gampang sakit nih terutama jika ada teman lainnya yang sedang sakit. Nah, agar daya tahan tubuh anak kuat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain:

Memperhatikan Nutrisi


Nutrisi menjadi salah satu faktor utama pembentuk daya tahan tubuh anak kuat. Nutrisi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

Nah, tapi masalahnya, anak saya lumayan picky eater nih. Maunya hanya makanan itu-itu saja. Jelang masuk sekolah begini, agak worry karena pastinya membutuhkan stamina optimal untuk menjalani aktivitas di sekolah. 

Akhirnya saya mencari-cari info di internet mengenai suplemen tambahan yang bisa digunakan untuk anak. Ketemulah saya sama redoxon kids.

Vitamin ini memiliki harga cukup terjangkau yang cara konsumsinya tinggal dikunyah tanpa perlu menggunakan air. 

Air Putih yang Cukup


Langkah berikutnya ialah minum air putih dalam jumlah cukup. Anak saya yang kini berumur 6 tahun selalu saya ingatkan untuk minum air putih sebanyak 6-7 gelas per harinya.

Salah satu cara mengetes cukup tidaknya konsumsi air putih si kecil ialah dengan melihat warna urinnya. Jika berwarna kuning artinya ia harus minum lebih banyak. Sedangkan warna putih menandakan bahwa kebutuhan air putihnya sudah terpenuhi.

Cuci Tangan


Kebiasaan kecil yang ternyata memberi pengaruh besar karena banyak kuman yang menempel di tangan yang bisa masuk ke dalam tubuh. Selain sebelum makan, cuci tangan dengan 7 gerakan wajib banget dilakukan sebelum menyentuh bagian wajah semisal mata.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, kebersihan harus ekstra diperhatikan agar daya tahan tubuh anak kuat. 

Tidur Cukup


Nah, poin yang sangat saya perhatikan ialah memastikan si kecil tidur dengan durasi yang cukup. Sejak anak masih bayi, saya benar-benar ketat mengenai jam tidurnya.
Kebutuhan tidur anak, berbeda di setiap jenjang usia. Padi bayi usia kurang dari 1 tahun, mereka membutuhkan tidur selama...
Tidur bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah setelah beraktivitas hingga menjaga fokus dan konsentrasi anak.

Aktif Bergerak


Bergerak aktif bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti jalan-jalan keliling kompleks, bermain bola, lari-larian dan banyak lagi. Apalagi di masa pandemi beberapa waktu lalu saat belajar dilakukan dari rumah sehingga membuat anak banyak mengakses gadget yang menyebabkan mereka kurang bergerak.

Selain memastikan si kecil aktif bergerak, sebenarnya kita mendapat banyak manfaat lho, misalnya anak menjadi haus dan lapar sehingga kita bisa lebih mudah memintanya makan, minum dan istirahat. Asyik kan?

Nah, itulah beberapa poin yang saya lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh anak. Adakah tambahan?

Posting Komentar untuk "Mempersiapkan Daya Tahan Tubuh Anak untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru"