Ketahui Fakta Menarik di Balik Populernya Cloud Kitchen

 

Saya agak trauma dengan yang namanya merintis usaha karena pengalaman kurang sedap yang harus saya alami beberapa waktu yang lalu. Pada sekitar 2015 istilah cloud kitchen belum begitu populer. Nggak tahu hal ini berlaku enggak di daerah lain ya. Andai memulai bisnis dengan sistem ini mungkin ending-nya agak berbeda.

Apa sih Cloud Kitchen itu?

Di tengah berkembangnya bisnis makanan dan minuman di Indonesia dengan cara delivery order atau pesan antar, muncul sebuah sistem bernama cloud kitchen. Ini merupakan sebuah metode usaha kuliner dimana terdapat berbagai brand dalam satu wadah. Hal tersebut membawa keuntungan termasuk tempat memasak, lokasi penjualan, hingga penggajian karyawan.

Seiring banyaknya permintaan konsumen untuk pesan antar, maka pebisnis bisa menghadirkan dapur siap digunakan atau dihuni tanpa membuka cabang. Dengan demikian, dapat lebih menghemat pengeluaran juga. Kehadirannya di tengah-tengah masa pandemi, menjadi penolong bagi para pebisnis kuliner kecil. Simak yuk sejumlah fakta menariknya.

1. Konsep Baru/Modern

Seperti yang sudah diketahui bahwa Cloud Kitchen merupakan sebuah sistem baru yang tercipta belum lama ini. Bagi sebagian orang mungkin merasa asing karena konsep dihadirkan dengan membuat satu dapur lebih dari berbagai restoran. Pada dapur tersebut, maka akan menemukan franchise dari brand lain di ruang sama.

Keberadaan konsep baru ini memberikan kemudahan dan hemat bagi para pebisnis kuliner karena tidak perlu pusing memikirkan jumlah budget penyewaan tempat. Sudah pasti, harganya jauh lebih murah karena ditanggung bersama pebisnis kuliner lainnya. Ini membuat mudah proses pesan antar dimana tidak perlu mengambil pesanan ke restoran utamanya.

2. Infrastruktur Bagus

Penggunaan konsep Cloud Kitchen memang menyediakan berbagai kebutuhan memasak secara bersama. Namun, bukan berarti kualitasnya tidak bagus dan cenderung asal-asalan yang penting jadi. Justru, infrastrukturnya sangat bagus dimana cita rasa masakan setiap restoran tetap diutamakan karena hal paling penting adalah kepuasan pelanggan.

Penyediaan berbagai kebutuhan tidak hanya dari segi bahan masakan saja, tetapi hal pendukung lainnya demi kenyamanan kegiatan. Selain itu, berbagai sarana atau peralatan disediakan secara lengkap, mulai dari wastafel, soket listrik, dan lainnya. Kemudian, dalam perawatannya harus diperhatikan supaya selalu bersih dan nyaman.

3. Lokasi Mudah Dijangkau

Pemilihan lokasi penting sekali memperhatikan kemudahan akses dan strategis. Bagi para pemilik bisnis kuliner yang mempunyai dapur di luar dari tempat makan atau restoran tentu menginginkan tempat bagus serta kemudahan akses pelanggan dari berbagai lokasi. Itu juga memudahkan proses pesan antar lebih cepat. 

Metode bisnis satu ini membuat pengeluaran untuk sewa tempat jauh lebih murah. Selain itu, wilayah yang dijangkau juga semakin luas. Anda tidak perlu membuka franchise yang lokasinya bisa saja jauh dari keramaian atau tidak mudah dijangkau pelanggan dari berbagai daerah. 

4. Keamanan Terjamin

Dapur yang berada di luar restoran terkadang memberikan rasa khawatir tentang bagaimana pelayanan dan kualitas makanan. Namun, dengan menggunakan sistem Cloud Kitchen ini, pasti akan terjamin sehingga nama baik brand selalu dijunjung tinggi. Untuk menjamin keamanan para karyawannya, maka diberikan sejumlah perlengkapan pendukung.

Sarana keamanan tersebut meliputi kamera pengawas/CCTV, pengusir hama, dan lain sebagainya. Sebagai pemilih bisnis, Anda bisa menambahkan perlengkapan sesuai kebutuhan sehingga selalu terjaga mutu setiap produk makanan atau minuman. Namun, dengan memakai jasa penyewaan, biasanya semuanya sudah tersedia secara lengkap.

Pilih Jasa Dapur Bersama Everplate.co.id

Di tengah maraknya bisnis berkonsep cloud kitchen pasti sedikit banyak membuat teman-teman bingung memilih jasa dapur bersama terbaik. Nah, bisa banget nih teman-teman pilih everplate.co.id. Di sana terdapat berbagai sarana penunjang lengkap untuk membantu teman-teman mengembangkan bisnis kuliner. 

Gabunglah bersama brand restoran dan franchise besar dan raup keuntungan berlimpah. Baca-baca ulasan di internet banyak yang puas dengan jasa dapur bersama satu ini. Mulai dari driver ojek online hingga konsumen.

Kalau saja saya sudah mengetahui konsep ini sebelum memulai usaha, pasti kemungkinan boncos operasional karena kurangnya pengalaman bisa dicegah yaah, hihii..

Itulah ulasan tentang sejumlah fakta menarik konsep bisnis kuliner Cloud Kitchen. Memanfaatkan satu dapur untuk banyak brand restoran, dapatkan ragam keuntungan. Everplate merupakan solusi mudah mendapatkan pasar luas pada usaha kuliner.

sumber gambar :

https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-dari-pencuci-piring-213162/

Posting Komentar untuk "Ketahui Fakta Menarik di Balik Populernya Cloud Kitchen"