Liburan ke Planet Mochi, Mengenal Sains dengan Cara Menyenangkan

paddle pop

Setiap orang tua pasti ingin memberi yang terbaik untuk anaknya. Mewujudkan keinginan si anak walau harus berjuang dengan susah payah. 

Minta dibelikan mainan adalah hal umum yang biasa dilakukan anak-anak. Lebih-lebih kalau sebagian besar temannya sudah memiliki mainan tersebut.

Menunda kesenangan sesaat sebenarnya sering saya lakukan, sehingga setiap anak mengutarakan barang yang diinginkannya, tidak buru-buru saya turuti. Biarkan keinginannya mengendap dulu.

Apalagi semenjak pandemi melanda banyak usaha yang akhirnya tumbang, uang menjadi sesuatu yang semakin sulit dicari. Otomatis skala prioritas harus benar-benar saya perhatikan.

Saya pernah mendengar ungkapan yang mengatakan, mainan yang baik adalah mainan yang mendukung tumbuh kembang anak dan dibeli tanpa memaksakan keadaan. 

Membeli mainan mahal boleh-boleh saja kalau memang ada budget, tetapi kalau tidak pun tak menjadi soal karena esensinya tidak terletak pada harga. Nah, ternyata ada banyak sekali barang-barang di sekitar yang bisa kita manfaatkan. 

Referensi Kegiatan Belajar Sambil Bermain untuk Mengisi Waktu di Rumah


paddle pop

paddle pop

Setuju ya kalau mainan yang baik tidak melulu mainan yang punya harga paling mahal. Nah, untuk itulah saya mengikuti event yang diadakan oleh Paddle Pop, sebuah brand es krim yang sudah menjadi idola sejak saya masih kecil. 

Pada kesempatan tersebut hadir bunda Enno Lerian dan ananda Abi sebagai bintang tamu. Tak lupa ada tante Tari dan tante Mei dari Rumah Dandelion yang memandu acara.

Berikut beberapa referensi kegiatan yang saya dapat dari event bersama Paddle Pop bertema planet Saturnus.

Mewarnai Gambar

paddle pop, paddle pop mochi


Menghadapi anak usia pra sekolah di masa pandemi membutuhkan trik khusus. Di usia selepas balita ini, anak lebih senang berinteraksi dengan teman-teman sebaya. Di sisi lain, si anak juga perlu persiapan yang matang untuk menghadapi dunia sekolah dasar.

Mewarnai adalah salah satu kegiatan yang dapat melatih motorik anak, melatih kemampuannya memegang pensil hingga merangsang daya imajinasi.

Kegiatan ini tentu berdampak baik bagi dunia sekolahnya kelak karena anak sudah mantap memegang pensil. Bagaimana pun, tulis menulis akan menjadi mayoritas kegiatan.

Membuat D.I.Y. Cardboard

cardboard

Mengingat anak saya sudah berusia TK, hal ini menuntut saya untuk bisa mengimbangi keaktifan sekaligus rasa ingin tahunya. Fase kepo si kecil, saya manfaatkan untuk mengenalkan sains lewat kegiatan yang menyenangkan.

Melalui webinar ini, anak akan mengenal fun fact seputar Saturnus misal :

  • Saturnus memiliki ukuran yang sangat besar. Planet ini merupakan planet terbesar nomor 2 di jagad raya. Namun Saturnus memiliki bobot ringan lho. Hal ini karena Saturnus terdiri dari lebih banyak hidrogen dibanding helium.
  • Cincin Saturnus terbuat dari bongkahan es.
  • Saturnus memiliki 62 satelit!
  • Waktu yang diperlukan Saturnus untuk mengelilingi matahari lebih lama dibanding bumi, yaitu 29 tahun!
  • Lama rotasi Saturnus hanya 10 jam lho.

Nah, benar-benar menambah wawasan anak-anak kan?

Setelah kegiatan mewarna, anak-anak diajak untuk membuat D.I.Y cardboard, inilah beberapa bahan yang dibutuhkan :

  • Kardus bekas ukuran kecil 1 buah
  • Kertas selongsong 2 buah
  • Selotip
  • Kertas hasil mewarna
Langkah-langkah membuat D.I.Y. Cardboard :

1. Buat 2 buah lubang di sisi kanan, kiri kardus serta bentuk kotak di bagian depan.



2. Masukkan kertas selongsong ke dalam lubang. Tempelkan kertas hasil mewarna di selongsong bagian atas menggunakan selotip. Gulung ke dalam kertas selongsong bagian bawah hingga kertas dapat berputar menggulung saat selongsong diputar.



3. D.I.Y cardboard bisa digunakan bermain. 


Lewat kegiatan ini anak bisa bermain tanpa harus membayar mahal karena bahan yang diperlukan sangat terjangkau.

Kenalan dengan Tata Surya Melalui Es Krim Mochi

Kegiatan berikutnya mendapat sambutan sangat meriah dari anak-anak peserta webinar. Alasannya apalagi kalau bukan es krim Mochi Paddle Pop yang digunakan sebagai bahan kreasi.

Tak hanya asyik dijadikan teman bersantai, seperti pada kegiatan webinar, es krim mochi dapat dikreasikan karena bentuk bulatnya mirip dengan planet-planet dalam tata surya.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Es krim Paddle Pop Mochi
  • Icing sugar atau coklat pasta
  • Sprinkle
Cara berkreasi dengan es krim Mochi :

Taruh es krim di atas piring. Selanjutnya hias menggunakan icing sugar atau kalau saya memakai coklat pasta berhubung nggak punya icing sugar. Setelahnya jangan lupa percantik dengan sprinkle.

Mungkin kegiatan ini tampak sepele, namun manfaatnya luar biasa lho. Saat mengeluarkan pasta dari plastik, anak sedang belajar mengontrol kekuatan tangannya. Apakah diperlukan tekanan kuat untuk mengeluarkan banyak pasta atau justru sebaliknya.

Selain itu, menghias es krim juga melatih motorik halus dan kreativitas karena anak-anak dibebaskan berkreasi. Tak kalah penting rasa percaya diri anak akan tumbuh karena mereka bebas menuangkan ide.

Paddle Pop, Brand Es Krim Legendaris Teman Bermain si Kecil



Gerobak kayuh roda tiga dengan warna dominan merah membuyarkan perhatian anak-anak, tak terkecuali diriku. Apalagi kalau bukan gerobak es krim yang menembus jalanan kampung dengan nada nyaringnya yang khas.

Seketika abang es krim diserbu bocah-bocah yang sedang asyik bermain. Begitulah kira-kira pemandangan sore hari di samping lapangan semasa kecil dulu.

Tanpa sadar anak 5 tahun saya mewarisi tradisi ini. Es krim dengan ikon singa cerdik dan baik hati ini berhasil merebut hatinya karena pilihan rasa yang beragam dengan harga terjangkau.

Belum lama Paddle Pop mengeluarkan varian es krim mochi coklat yang dibalut tekstur kenyal. Harganya murah sekitar Rp 3000an.

Sebagai ibu, hati ini semakin mantap karena Paddle Pop selalu memperhatikan nutrisi anak-anak, dibuktikan dengan es krim yang terbuat hanya dari susu dan buah, rendah kandungan gula (tak lebih dari 12 gram/saji) serta rendah kalori (tak lebih dari 110 kkal/saji).

Saya pribadi memiliki kenangan manis dengan Paddle Pop coklat yang berhasil menaikkan bb janin dengan cara yang menyenangkan.

Kesimpulan


Menjadikan karakter anak sesuai harapan orang tua memang tidak mudah. Namun dengan memahami setiap fase tumbuh kembang dan kebutuhan anak, tujuan ini menjadi lebih mudah diwujudkan.

Salah satu kebutuhan anak usia pra sekolah adalah bermain. Pilih jenis permainan untuk si kecil agar ia dapat belajar dari apa yang dimainkannya.

Referensi :
https://youtu.be/djsebC0PvGE
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-kegiatan-mewarnai-untuk-perkembangan-balita/

0 Response to "Liburan ke Planet Mochi, Mengenal Sains dengan Cara Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel