Praktek Menjaga Kebersihan yang Bisa Diajarkan pada Anak 5 Tahun

menjaga kebersihan


Menjaga kebersihan adalah sebuah hal penting yang perlu diajarkan pada anak sejak dini. Mengingat lingkungan yang bersih erat kaitannya dengan kesehatan yang optimal.

Setelah memiliki anak, aku semakin peduli pada hal ini. Trigger-nya sesederhana jika tempat tidurnya kotor maka istirahatnya akan terganggu karena badan terasa gatal. Berikut beberapa trik yang aku gunakan saat membiasakan hidup bersih kepada anak umur lima tahunku.

  • Membereskan dan Membersihkan Mainan Setiap Usai Bermain


Aku akui membiasakan anak untuk disiplin merupakan sesuatu yang sangat sulit. Selain meminta si kecil sadar bahwa kebersihan dan kerapian itu penting, sebagai orang tua akupun harus disiplin memberikan contoh. 

Kuncinya, setiap aturan yang telah disepakati tidak boleh dilanggar. Misal harus selalu membersihkan mainan setiap usai bermain. Selain membuat ruangan sedap dipandang, mainan yang bersih dan rapi juga akan membuat mainan awet dan memudahkan anak untuk mengambilnya saat hendak bermain di lain waktu. 

  • Membereskan Tempat Tidur Setiap Bangun Tidur


Rapi-rapi bisa kita ajarkan mulai dari tempat terdekat si kecil, salah satunya tempat tidur. Lagipula kegiatan ini cukup efektif, selain mengajarkan anak tentang keteraturan, kerapian, merapikan tempat tidur merupakan kegiatan minim risiko.

  • Melarang Anak Makan dan Minum di Kasur


Adalah larangan keras untuk seluruh anggota keluarga termasuk anak. Makan di kasur dapat menyebabkan remahan kecil makanannya jatuh dan bisa mengundang banyak semut. Kalau semut-semut sudah berkumpul akan sangat sulit mengusir mereka dari tempat tidur.

Ingatkan setiap si kecil setiap hendak melakukannya agar ia terbiasa dengan aturan ini. Melarangnya makan di tempat tidur semestinya juga mengajarkan anak agar melakukan sesuatu di tempatnya.

  • Mencuci Tangan Setiap Selesai Bepergian dan Sebelum Makan


Kegiatan mencuci tangan dan bersih-bersih diri merupakan hal yang tak kalah penting, terlebih dengan adanya pandemi covid-19 yang belum juga usai. Jangan lupa ya lakukan gerakan mencuci tangan yang benar serta pakai sabun. Teman-teman bisa menyediakan kursi bantu jika si kecil belum bisa mengkau keran wastafel.

  • Menjaga Kebersihan Diri


Selain lingkungan, kebersihan badan juga harus dijaga. Kalau cara yang aku terapkan pada anakku lebih pada memberi kebebasan yang bertanggung jawab. Contoh kasus, anakku suka sekali permen dan coklat. Dia aku ijinkan makan coklat tapi ya harus selalu sikat gigi setelahnya. Aturan ini wajib, tidak bisa ditawar ya.

Agar Anak Mematuhi Aturan yang Telah Disepakati


Membentuk karakter anak memang hal yang sangat melelahkan. Tidak hanya butuh keadaan finansial yang stabil untuk menunjang sarana prasarananya tetapi juga kesiapan mental orang tua.

Akupun masih belajar dan masih sering menemui kegagalan, sering kejadian realita yang ada di luar rencana, tetapi secara garis besar beberapa hal ini membuahkan hasil.

  • Selalu Melibatkan Anak


Setiap peraturan tentang anak sepatutnya dibuat dengan melibatkan pendapat anak. Bagaimana pun anak juga memiliki hak agar pendapatnya didengar. Tentu negosiasi akan lebih efektif ketika si kecil sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah.

  • No is No


Dalam prakteknya kadang anak tidak ingin patuh. Misal nih waktu sudah sore tapi ia masih asyik bermain sehingga malas mandi. Tapi kesepakatan adalah kesepakatan, jadi mau tidak mau ya tetap harus dipatuhi. Kalau tidak patuh berarti ya harus siap dengan konsekuensinya.

  • Ungkapkan Alasan yang Melatarbelakanginya


Se-simple aturan dilarang makan di tempat tidur, ungkapkan alasan hingga sebab akibat yang akan terjadi jika dilanggar . Cara ini diharap mampu melatihnya untuk sadar bahwa setiap perbuatan memiliki konsekuensi masing-masing.

  • Marah Secara Sadar


Sebagai orang tua aku sering sekali merasa sangat kecewa karena anak tidak mau mematuhi aturan yang telah dibuat. Kalau begini emosi negatif biasanya akan menguasai. Sebelum meledak, teman-teman bisa berhitung dulu lho. Cara ini efektif banget untuk meredam amarah.

Menjaga kebersihan adalah hal penting sehingga harus dibiasakan sejak dini pada anak. Beberapa tips di atas semoga dapat membantu ya! Akupun lagi belajar, aku juga sering menemui kegagalan kok. 

0 Response to "Praktek Menjaga Kebersihan yang Bisa Diajarkan pada Anak 5 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel