Yang Harus Dilakukan Setelah Bayi Selesai Imunisasi

Imunisasi bayi


Beberapa hal yang harus dilakukan setelah imunisasi bayi.

Imunisasi anak merupakan suatu keharusan sebagai ikhtiar menjaga kesehatannya. Aku ingat banget, sebelum imunisasi, sempat merasa cemas.

Aku merasa khawatir si kecil bakal rewel saat mendapatkan suntikan atau pasca imunisasi. Yah, tahu sendiri ya, salah satu efek imunisasi bisa membuat anak demam. Tapi aku mencoba tenang, terlebih bidan yang menangani imunisasi anakku memberikan beberapa tips, diantaranya :

1. Biarkan si kecil istirahat


Setelah imunisasi bayi biasanya dia akan merasa mengantuk dan tidur lebih lama dari biasanya. Hal ini terjadi karena vaksin mulai bekerja. Biarkan si kecil beristirahat hingga tubuhnya kembali segar dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Buat ia nyaman dengan menggendongnya ketika menangis dan tenangkan. Cara menggendong bayi yang benar ketika selesai imunisasi tak berbeda kok dengan cara menggendong seperti biasanya. Tetapi pastikan untuk tidak menekan bagian lengan atau paha yang telah disuntik.

2. Tetap susui seperti biasa


Si kecil mungkin akan menjadi lebih manja dan tidak mau lepas dari ibunya setelah imunisasi. Pada kondisi seperti ini sebaiknya ibu tidak melarang si kecil dan turuti rasa manjanya. Tetap susui dan gendong si kecil untuk membantu meredakan rasa kurang nyaman yang mungkin dirasakannya.

3. Berikan paracetamol jika demam


Demam setelah imunisasi adalah efek samping yang cukup sering terjadi. Bila si kecil demam, ibu bisa memberikan paracetamol. Ini adalah obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengantisipasi demam usai imunisasi, terutama imunisasi DPT, HIB dan campak. Agar memudahkan pemberian, ibu dapat meminta paracetamol dalam bentuk drops atau sirup.

4. Kompres dingin bila bengkak


Bengkak pada bekas suntikan imunisasi si kecil adalah hal yang umum terjadi. Bila masalah ini terjadi, ibu tak perlu panik, ya. Berikan kompres dingin di area bekas imunisasi untuk mengurangi rasa sakit dari bengkak tersebut.

5. Perhatikan kondisi anak


Tubuh si kecil mungkin akan mengalami reaksi terhadap imunisasi seperti demam, mual, sulit tidur, atau bengkak seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Reaksi seperti itu wajar dan biasanya akan pulih setelah 1-2 hari.

Namun, bila si kecil mengalami gejala seperti; menangis terus-menerus, sulit bernapas, demam lebih dari 40°C atau kejang, segera bawa si kecil ke dokter. Bisa jadi si kecil mengalami reaksi alergi terhadap vaksin yang ia dapatkan.

Pastikan ia selalu nyaman sebelum dan sesudah imunisasi, agar tak menimbulkan trauma. Berikan juga pakaian dan popok yang nyaman agar tidurnya tidak terganggu. 

Agar ia tidak rewel, ibu bisa menggunakan popok Merries yang bisa membuatnya nyaman. Hal ini karena Merries memiliki permukaan yang lembut serta daya serap baik sehingga tak lembab dan menimbulkan iritasi.

Nah, itulah beberapa tips terkait penanganan pada anak pasca mendapat suntikan imunisasi.

0 Response to "Yang Harus Dilakukan Setelah Bayi Selesai Imunisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel