Resume Webinar Pertamina Foundation Bersama Cinta Laura "Perempuan Indonesia Berdaya dan Mandiri"

Cinta Laura Kiehl


Nggak sadar, aku sudah ikut banyak banget webinar atau kelas online di sela-sela tugas momongku.

Ada beragam tema, mulai dari tema blogging, fotografi, digital marketing sampai finansial. Hasrat pingin ikut kelas online pun makin bergejolak terutama di masa pandemi ini.

Belakangan aku sadar, setelah kelas bubar ya udah selesai. Akhirnya aku pun memutuskan untuk membuat rangkuman materi-materi yang pernah aku ikuti.

Betul kata pepatah, ilmu adalah buruan. Tanpa diikat dengan tulisan, dia akan lepas haha.

Resume Webinar Cinta Laura x Pertamina Foundation "Perempuan Indonesia Berdaya dan Mandiri"


Aku tuh suka sama Cinta Laura terutama sama logat native speaker-nya. Kebetulan waktu itu memang lagi seneng belajar bahasa Inggris.

Lalu Cinta Laura punya prioritas lain di luar dunia hiburan, jadi ya, kayak tenggelam gitu seiring dengan vakumnya dia di dunia entertainment.

Baru deh ketika era sosmed berkembang pesat banget, kita bisa dapat kabar tentang siapa pun cuma dari handphone. Nggak lagi berpatokan sama apa yang ada di televisi.

Rumah tanpa televisi, gimana jadinya?

Makin ngefans terutama dengan gaya hidup dia yang sederhana. Nggak gengsi pakai barang drugstore etc.

Tentang pola parenting orang tua Cinta Laura

Kalau tak salah ingat, aku pernah dengar sharing Cinta Laura tentang orang tuanya yang selalu memberikan syarat setiap dia menginginkan sesuatu.

Semacam memberi pendidikan bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita harus berjuang dulu. Karakter seperti ini terbawa hingga ia dewasa, nggak gengsi bersihin kamar mandi etc.

Nah, kalau dalam webinar bareng Pertamina Foundation ini, Cinta Laura menceritakan tentang orang tuanya yang selalu memberikan dia kebebaskan dalam membuat pilihan.

Pola seperti ini memberi kesempatan bagi anak untuk mengeksplor lebih banyak hal sesuai minatnya.

Tema webinar kali ini membahas tentang Wanita Berdaya, jadi dalam sesinya ada pandangan dan tips-tips bisnis dari Cinta Laura.

Trik Bisnis bagi UMKM dari Cinta Laura


Bagaimana cara memiliki bisnis agar mampu bersaing dari yang lain?

1. Lakukan riset yg detil dan dalam


Di era pandemi yang rasa-rasanya setiap orang merintis bisnis, bangun bisnis ada juga tips dari Cinta Laura bagaimana untuk menjadi unggul or bisa bertahan.

Caranya, pemilik bisnis harus kenal betul siapa kompetitornya, apa kelebihan dari bisnis yang dimiliki. Tujuannya, agar membuat bisnis itu berbeda, lain dari yang lain, punya nilai plus di mata konsumen.

2. Dalam membangun rasa percaya diri, jangan dengarkan hal-hal negatif


Dalam merintis bisnis atau membangun mimpi, pasti ada saja komentar negatif muncul yang bisa menghancurkan rasa optimis (yang baru berkecambah ibarat tanaman wqwq).

Nah, selama komen yang datang tidak bersifat konstruktif, ya udah abaikan aja.

So, believe to your self, hindari hal-hal negatif, kreatif, inovatif dan do riset adalah beberapa tips sukses berbisnis bagi UMKM ala Cinta Laura.

Trik Berbisnis di Sela Kesibukan


Bagaimana cara membagi waktu antara bisnis dan kegiatan (misal sebagai mahasiswa/sebagai ibu dll).

1. Ada yang kita korbankan


Entah itu jam tidur atau menunda kesenangan sesaat. Pasti ada yang kita korbankan.

2. Organized


Terorganisir. Setuju banget. Aku sendiri tanpa bikin jadwal sebulan sebelumnya, pasti update-an blog ini nggak pernah muncul. 

3. Time Management


Nah, apalagi tanpa kemampuan atur waktu yang baik. Pasti zonk karena kita nggak punya prioritas.

Cara Memilih Lingkaran Pertemanan Positif untuk Berkembang Menjadi Lebih Baik :


Jangan ada perasaan sungkan, nggak enak, takut


Kalau memang dia adalah orang yang toxic misal ajak belanja-belanja nggak penting hanya karena alasan habis gajian, ya tegas aja menolaknya. Jangan nggak enakan tapi diri kita sendiri babak belur hehe.

Tapi ya pasti kita nolak dengan sopan, jangan yang sadis atau jatuhnya sok hehe.

Kalau kita memberi batasan pada orang lain pasti mereka juga nggak akan seenaknya kok.

Tentang Previledge


Alias hak istimewa yang dimiliki orang. Sebagai orang awam terkadang kita memandang, ya karena dia punya itu, so bisa sukses.

Yah, padahal segala sesuatu itu pasti punya konsekuensi ya kan.

Cinta Laura sendiri memandang kenyamanan, fasilitas yang ia miliki sebagai misi dari Tuhan agar dia menjadi manfaat untuk yang lain. Bagaimana ia menyikapi nikmat tersebut untuk membantu orang lain. 

Pesan Cinta Laura bagi Perempuan


Mau sukses harus kerja keras. Di sini ia juga menceritakan bagaimana jadwalnya saat terlibat dalam satu judul sinetron. Meski capek setelah syuting, ia tidak melupakan kewajibannya sebagai siswa. So, baru tidur pukul 2 pagi, bukan alasan dia bisa bolos atau terlambat ke sekolah keesokan paginya.

Ia juga menegaskan, sebagai perempuan kita boleh menjadi apa saja, CEO, pebisnis, apapun itu.

Pesan Cinta, wanita berprestasi bukan untuk saling bersaing tetapi agar ia berdaya sehingga mampu mengamalkan tugas yg diamanatkan Tuhan kepada perempuan dengan baik. Yaitu sebagai ibu, pendidik pertama bagi anaknya.

So, itulah rangkuman webinar Pertamina Foundation bersama Cinta Laura akhir November lalu.

Posting Komentar untuk "Resume Webinar Pertamina Foundation Bersama Cinta Laura "Perempuan Indonesia Berdaya dan Mandiri""