Tetap Stylish Meski di Rumah Saja dengan Gaya Cepol Rambut Andalan

Cepol rambut
Ilustrasi gaya cepol rambut yang praktis. Sumber gambar freepik.com

Cepol rambut yang praktis adalah salah satu gaya andalan dalam menata rambut panjangku. Berawal dari ketertarikan minatku pada dunia kecantikan Korea, aku mulai melirik gaya yang satu ini.

Apalagi setelah menjadi ibu, pinginnya serba cepat dan hasilnya cantik.

Salah satu hal yang bikin aku suka, gaya rambut cepol tidak hanya cocok untuk menemani aktivitas santai di rumah. Kadang aku membawanya untuk menghadiri undangan terutama jika sudah kehabisan ide.

Apalagi batang rambutku memiliki diameter yang besar, sehingga membuat tampilan rambut selalu lebat dan mengembang. Jujur perkara rambut ini kerap memberikan problem tersendiri. Aku selalu menghindari menggerai rambut. Selain gerah, menurutku membuat penampilanku secara keseluruhan enggak banget.

Berikut kelebihan dan kekurangan yang aku rasakan selama menata rambut dengan gaya cepol :

Kelebihan :

  • Praktis

Bagaimana tidak kita hanya perlu menyisir seluruh bagian rambut hingga lembut. Selanjutnya satukan ke belakang lalu gulung. Ikat menggunakan jedai atau gelang rambut biasa. Beres!

  • Cocok dengan karakter muka 

Ada banyak tren kecantikan Korea, mulai dari dress, gaya make up hingga tatanan rambut. 

Nah, salah satu gaya rambut yang menurutku paling aplikatif untukku adalah gaya rambut cepol. Tampak sederhana tapi nggak terlalu polos juga. Pendapat ini diperkuat suamiku. Katanya aku lebih cocok dengan tampilan rambut cepol dibanding saat rambutku diikat ponytail.

  • Stylish tapi nggak ribet

Yap, gaya rambut cepol bisa kita pakai santai di rumah, belanja sayur, antar anak ke sekolah hingga menghadiri undangan. 

Tentu aksesoris pendukung disesuaikan dengan tema acara.

  • Anti gerah

Yap, hidup di daerah perbatasan yang terik  membuatku mudah sekali berkeringat. Gaya rambut cepol bisa menyelamatkan ketika gerah melanda.

  • Bisa kembaran dengan anak

Salah satu hal yang kunikmati sebagai seorang ibu adalah bisa berkreasi bersama anak. Salah satunya adalah kembaran outfit atau gaya rambut.

Kekurangan :

  • Mudah lepas

Jika rambut tidak diikat dengan kuat biasanya akan mudah terlepas. Terlebih jika gaya rambut ini dibawa ke pesta yang membutuhkan gaya tetap stay dalam waktu lumayan lama. So, kamu bisa menggunakan hair spray agar gaya tatanan rambut tidak mudah berubah.

  • Mengubah bentuk rambut

Problem lain pada rambut yang digulung terlalu lama ialah bisa membuat bentuknya bergelombang.

  • Butuh teknik khusus

Kalau hanya sekedar di rumah, gaya cepol bisa dengan mudah kita dapatkan dengan bantuan jedai. Namun untuk acara tertentu seperti pernikahan, memang membutuhkan teknik tersendiri agar tampil cantik. Trik yang digunakkan sebenarnya tidak terlalu rumit untuk dipelajari, seperti french twist dan fishtail braided, jadi jangan berkecil hati dulu. 

Ada 3 macam gaya cepol berdasarkan letaknya. Pertama, high bun alias gaya cepol dengan gulungan rambut yang berada di atas kepala. Pertama kali melihat gaya rambut ini di salah satu video klip girl band Korea. Gaya ini pernah aku tiru tetapi sekarang sih nggak pede hehe..

Low bun, adalah gaya rambut cepol rendah. Biasanya dipakai untuk menghadiri pesta atau pun kegiatan casual. Tampilan ini cantik apalagi bila ditambah aksesoris pemanis seperti flower crown. Hanya saja sayangnya kurang cocok untukku.

Medium bun adalah gaya rambut cepol andalanku. Letak bun ada di tengah-tengah, tidak terlalu rendah ataupun tinggi.

Gaya Cepol Rambut yang Cantik Dicontek

Cepol rambut
Gaya cepol dengan sentuhan kepang yang classic dan bunga-bunga cantik. Sumber gambar freepik.com

Gaya Cepol ala Pramugari

Gaya yang satu ini terlihat simple tapi cukup elegan ya. Untuk mendapatkan tampilan ala pramugari, biasanya dibantu dengan sirkam.

Gaya Cepol ala Pegawai Bank

Gaya yang satu ini bisa dengan mudah didapat yaitu dengan menggunakan bantuan hair net. Ikat rambut low ponytail lalu masukkan ke dalam hair net. Jadi deh!

Gaya Cepol ke Pesta ala Artis Korea

Gaya rambut yang satu ini bisa dikombinasikan dengan aneka model kepang, salah satunya fishfail braided.

Buat kepangan ala tulang ikan di sisi kanan dan kiri rambut. Selanjutnya, kumpulkan di bawah dan tata menjadi gulungan cantik. Tambahkan aksesoris pendukung seperti jepit bunga untuk mempermanisnya.

Gaya Cepol ala Ballerina

Ikat seluruh bagian rambut seperti ekor kuda alias bergaya ponytail. Lalu pilin seluruh bagiannya. Setelah sampai di ujung, lingkarkan pada bagian dasar hingga membentuk gulungan yang mirip donat. Ikat dengan ikat rambut. Rapikan. Selesai.

Tips Agar Rambut Tetap Sehat, Terutama Jika Sering Diikat 


  • Jangan mengikat rambut yang masih basah, keringkan secara alami. Mengikat rambut ketika masih basah bisa membuatnya apek dan menimbulkan ketombe di kulit kepala.
  • Istirahatkan rambut. Mengikatnya selama 24 jam non stop akan membuat bentuk rambut berubah.
  • Gunakan perawatan rambut lengkap untuk menjaga rambut tetap halus, sampo, conditioner, vitamin rambut hingga tonic untuk menguatkan akar rambut terlebih jika kamu sering menggunakan produk styling di rambutmu misalnya hair spray.

Nah, itu dia gaya rambut andalan ketika di rumah saja, namun tetap cocok dibawa ke acara resmi.


Tidak ada komentar