Cara Agar Rambut Tidak Mengembang yang Mudah Dilakukan


Cara agar rambut tidak mengembang yang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Rambut mengembang memang mengganggu penampilan. Setidaknya itulah yang kerap saya rasakan sebagai pemilik diameter helai rambut besar, bergelombang dan tebal.

Biasanya nih, problem rambut mengembang seperti milik saya ini, saya siasati dengan cara berikut :

1. Tidak keramas di jam nanggung


Keramas di jam nanggung seperti last minute sebelum berangkat kerja sebisa mungkin saya hindari. Alasannya, karena setelahnya saya akan membungkus kepala dengan jilbab. Contoh jam nanggung lainnya adalah keramas pada malam hari. Kalau hal tersebut terpaksa saya lakukan, rambut basah saya tidak bisa kering dengan sempurna. Akibatnya, pasti setelah kering nanti rambut saya jauh lebih mengembang dibanding biasanya. Mungkin bisa sih mengeringkan rambut secara cepat menggunakan hair dryer. Tetapi saya lebih menyukai rambut saya kering secara alami.

Oh, ya selain itu sebaiknya hindari keramas rambut terlalu sering ya!


 2. Pintar dalam memilih styling rambut yang cocok


Memiliki bentuk rambut bergelombang dan mengembang membuat saya harus ekstra hati-hati dalam memilih potongan rambut. Saya sangat menghindari potongan rambut pendek. Saya punya pengalaman menyebalkan, tepatnya terjadi saat saya baru saja masuk SMP. Oleh sekolah saya ditugaskan mengumpulkan foto untuk ditempel di raport. Karena minim pengalaman, akhirnya saya memotong rambut tepat di bawah telinga. Hasilnya? Di sepanjang tiga tahun SMP saya hanya bisa nyesek melihat betapa iyuh-nya foto saya dengan rambut super mengembangnya.

Selain menghindari potongan rambut pendek, saya juga biasa menyiasati rambut megar ala singa ini dengan memilih gaya rambut andalan, karena terbukti meminimalkan tampilannya yang aduhai.

Beberapa gaya andalan saya adalah mengikat rambut ala ekor kuda serta memilih gaya cepol rambut alias hair bun.

3. Berikan perawatan ekstra pada rambut

cara agar rambut tidak mengembang

Memiliki rambut mengembang membuat saya harus memberikan perawatan ekstra terhadap rambut saya. Pilih sampo dengan bahan yang melembutkan rambut. Salah satu rekomendasi bahan yang akan membuat rambut lembut adalah sampo dengan kandungan argan creme.

Kenapa harus menggunakan sampo yang melembutkan?

Ternyata, rambut mengembang bisa disebabkan oleh kelembapan rambut yang hilang karena kutikula rambut yang terangkat.

Usai keramas jangan pernah skip tahap conditioner ya! Rambut yang tak pernah melewatkan tahap conditioning akan terasa lebih lembut lho dibanding rambut yang hanya mengandalkan sampo.

Sesekali, saya menambahkan masker rambut dalam ritual perawatan rambut saya.

Next, perawatan rambut bisa ditutup dengan memberikannya minyak yang melembutkan.

Namun dalam pemberiannya agak tricky nih. Ambil beberapa tetes saja minyak rambut agar menghasilkan rambut yang lembut dan tidak lepek. Terlalu banyak mengaplikasikan minyak pada rambut, akan membuat rambut terlalu lembap bahkan setelah rambut kering sekalipun.

4. Hindari mengikat rambut ketika tidur


Mengikat rambut saat tidur ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut. Alasannya, karena ketika tidur adalah saatnya untuk rambut bernafas.

Hal yang sebenarnya sempat menjadi kebiasaan saya selama beberapa tahun. Huhu!

5. Hindari sinar matahari langsung


Ternyata sinar matahari tak hanya tidak baik untuk kulit. Rambut pun salah satu bagian tubuh yang tidak boleh terlalu lama terpapar matahari. So, selalu hindari paparan matahari terlalu lama. Atau jika terpaksa melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, selalu gunakan penutup kepala.

Nah, itu adalah beberapa cara untuk menjinakkan rambut megar ala singa dari saya.

Tidak ada komentar