Tahun Ini Ditutup dengan..


Pada tahun 2019 ini, saya menemukan beberapa momen pertama. Salah satunya adalah tentang anak saya yang untuk pertama kalinya masuk daycare.

Sebuah rencana yang saya buat sejak jauh hari namun baru satu tahun kemudian terlaksana. Alasannya banyak ya, berbagai pertimbangan saya pikirkan, hingga akhirnya membuat saya sadar : persiapkan 'secukupnya' kemudian realisasikan segera. Ternyata pada akhirnya, ya tetap saja, kita belajar dari sebuah kejadian, bukan dari selembar rencana.

Banyak sekali pelajaran berharga di momen pertama ini, mungkin dibahas lain kali aja ya!

Selanjutnya, pada 2019 ini, saya makin tahu cara mengerucutkan tujuan. Makin cuek terhadap iklan-iklan yang melintas di linimasa, baik iklan dalam arti sesungguhnya, maupun iklan dalam tanda kutip.

Iklan dalam tanda kutip yang saya maksud adalah ketika melihat teman-teman mem-posting kunjungan mereka ke suatu tempat. Melihat pesohor dunia travelling ke tempat yang indah. Ataupun teman-teman yang menang lomba ini lomba itu, baru saja meluncurkan buku (lagi), hingga skill baru yang sepertinya asyik untuk dipelajari.

Saya tidak tergoda karena saya tahu betul tujuan,  prioritas dan kapasitas diri saya. Saya pingin sih nulis buku tapi tidak untuk detik ini. Saya juga memiliki impian pergi ke berbagai tempat, tapi.. belum saat ini. Sama halnya dengan banyak skill baru yang ingin saya pelajari.

Pada tahun 2019 ini saya belajar untuk seimbang. Menyeimbangkan peran antara benar-benar menjadi ibu saat bersama anak serta benar-benar fokus ketika bekerja.

Walau ya, dalam kenyataannya, memang tak semudah wacana.

Selain itu, tahun 2019 saya ditutup dengan mendapat akses untuk belajar ilmu baru, yaitu tentang finansial. Dimulai dari ketidaksengajaan mengikuti kelas finansial karena menang giveaway yang didapat secara tidak sengaja melalui grup WhatsApp, hingga menemukan buku finansial yang ditulis oleh CEO kelas finansial yang saya ikuti, pun secara tidak direncana.

Baca yuk : Impian-impian Setelah Menikah


Dari rentetan kejadian ini saya menjadi sadar kalau, apapun yang kita butuhkan, semua telah tersedia. Bahkan apapun yang terjadi merupakan jawaban dari hal-hal yang tengah kita butuhkan. Ya, karena tidak ada kebetulan di dunia ini.

Pada akhirnya semua ini membulat pada optimisme saya untuk kembali membuat mimpi, hehehe..

So, let's rock 2020! Insya Allah. Aamiin..

14 komentar

  1. Iya, Mbak, ilmu akan datang saat dibutuhkan. Maka belajarlah dengan rajin. Kalau prinsip saya, murid siap guru siap. Jadi, memang butuh kesiapan kita tuk belajar. Contoh mudah adalah sebagai blogger kita mungkin menetapkan target sehari 20 blogwalking. Ada 20 ilmu, tapi berapa yang kita butuhkan dan siap lakukan?

    Begitulah....
    Selamat ya, karena dapat kesempatan belajar ilmu finansial dari ahlinya.

    BalasHapus
  2. Betul kak..tidak ada yg kebetulan terjadi di dunia ini... everything happen for a reason ya...semangat menyambut 2020

    BalasHapus
  3. Apapun pencapaian kita tahun ini baik besar atau kec semua itu patut di syukuri ya kak..
    Dan di tahun berikut mimpinya di tambah lagi, jadi selain bermimpi kita juga akan berusaha menjadikannya nyata kan.. semangat

    BalasHapus
  4. Memang setiap tahun pasti ada rencana ya kak, tapi ada yang sesuai dan tidak sesuai, apapun yang kita dapatkan ya harus disyukuri,semoga selalu semangat untuk tahun 2020 selalu sehat, bahagia ya kak.

    BalasHapus
  5. MInat orang berbeda-beda, diikuti kemampuan berbeda-beda. Tapi dengan berbeda itu manusia menjadi pribadi yang unik. Kalau seragam, bisa dikatakan robot dunk.
    Tetap optimis meraih mimpi.

    BalasHapus
  6. Tahun 2019 sudah tinggal sebentar lagi. Semangat memasuki tahun yang baru, semangat baru juga resolusi yang baru, yang akan membuat kita lebih baik lagi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

    BalasHapus
  7. Semangat mbak menyongsong 2020. Semoga semakin banyak hal yang bisa diraih tahun depan.
    Sepakat, boleh lihat iklan, tapi nggak semua iklan itu harus kita perturutkan, karena tiap orang punya prioritas masing-masing

    BalasHapus
  8. Aku belum ngelist nih, pencapaianku tahun ini apa aja. Cocok engga dengan resolusi yang aku buat. Eh tapi...kayaknya aku engga bikin deng resolusi. Soalnya sama dengan tahun lalu...Eheh...gimana? Semangat ngeblog sih aku pengennya untuk tahun 2020 nanti...

    BalasHapus
  9. Semoga 2020 semakin optimis ya mba. Saya senang lewat tulisan-tulisan, ibu rumah tangga seperti kita saling memotivasi.

    BalasHapus
  10. Wah bener nih akhir tahun harus ada evaluasi dan resolusi supaya ada peningkatan.kelas bagi diri sendiri tentunya..

    BalasHapus
  11. Saya termasuk orang yang oercaya bahwa tidak ada yang kebetulan. Saya pernah membaca buku . . . lupa judulnya, konon setiap kejadian dan orang yang kita temui di jalan adalah pembawa pesan tertentu buat kita. Oleh karena itu kita harus selalu berprangsangka baik.

    BalasHapus
  12. Tahun 2019 ku ditutup dengan terjun ke dunia blogger dan penulisan konten. Ya meskipun bisa dibilang cukup telat ya tapi lebih baik terlambat daripada tidak samasekali kan, hehehe

    BalasHapus
  13. Memang sangat penting untuk fokus pada tujuan kita. Yang kita tahu menjadi ibu rumah tangga itu menguras pikiran, dan anak2 butuh perhatian, sehingga mereka mesti jadi prioritas utama. Soalan yang lain itu, mudah-mudahan mimpi Mbak Tami tercapai di 2020 nanti

    BalasHapus
  14. tahun ini tercapai A, tahun depan tercapai B, semoga setiap tahun, rencana2 kita bisa tercapai dengan memuaskan, sesuai dengan harapan, amiin

    BalasHapus