Cara Mencuci Boneka di Rumah


Cara mencuci boneka memang membutuhkan trik tersendiri, berbeda dengan baju dengan kain yang ringan dan mudah dibersihkan.

Bentuk boneka yang besar dengan isian dakron yang tebal sempat membuat saya ragu untuk mencucinya ketika terkena noda. Yap, boneka memang menjadi salah satu mainan favorit anak perempuan saya. Boneka tersebut dibawa hampir kemana pun ia bermain; di atas sepeda, saat bermain masak-masakan dan masih banyak lagi. Tentu warna boneka berubah karena tertutup noda.

Hingga suatu ketika secara tak sengaja saya melintas di depan tukang laundry. Di situ saya membaca beragam benda yang diterima. Mulai dari pakaian biasa, jeans dan selimut yang tebal, hingga boneka pun diterima. Di sini saya pun menemukan jawaban, ternyata sama seperti jenis benda lain seperti pakaian, boneka boleh dicuci kok.

Sebelum mengetahui cara mencuci boneka, inilah beberapa hal yang perlu buibu perhatikan terkait hal tersebut,


  • Periksa label perawatan yang terdapat pada badan boneka. Di dalam label ini terdapat instruksi merawat dan mencuci boneka atau mainan si kecil.
  • Periksa terlebih dahulu apakah ada bagian dari boneka yang rusak, robek atau jahitan yang lepas. Jika ada, sebelum mencuci, perbaiki dulu bagian rusak tersebut agar tak beresiko menambah kerusakan.
  • Bungkus menggunakan kain bekas untuk melindungi tekstur bagian boneka yang memiliki rambut dari benang atau sutera. Selesai dicuci, baru deh sisir bagian rambut tersebut selagi masih basah agar kembali ke bentuk semula.


Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci

Cara mencuci boneka


Seperti halnya di tempat laundry, bila di rumah terdapat mesin cuci buibu bisa menggunakannya untuk mencuci boneka.


  • Masukkan boneka yang hendak dicuci ke dalam kantong mesin cuci atau laundry/washing bag. Buibu juga bisa memanfaatkan sarung bantal lo untuk membungkus boneka. Pastikan sarung bantal ini memiliki ruang atau pori-pori yang cukup untuk air dan deterjen masuk, tetapi tetap memberikan perlindungan antara boneka dengan bagian dalam mesin cuci. Hal ini dilakukan untuk menghindari bagian-bagian boneka tersangkut di sela-sela mesin cuci.
  • Tambahkan Rinso Matic, deterjen khusus mesin cuci. Oya, sesuaikan dengan jenis mesin cuci ibu di rumah ya, Rinso Matic Top Load untuk mesin cuci bukaan atas sedangkan Rinso Matic Front Load untuk mesin cuci bukaan depan. Saat menuangkan deterjen, perhatikan jumlahnya ya bu, jangan sampai terlalu banyak karena justru akan meninggalkan residu di badan boneka.
  • Selanjutnya, pilih pengaturan untuk bahan lembut alias delicate untuk melindungi boneka. Selain itu, jangan lupa gunakan pengaturan suhu rendah. Pasalnya menggunakan pengaturan suhu tinggi justru membuat noda di dalam boneka semakin meresap dan susah dihilangkan.


Nah, itu dia cara mencuci boneka menggunakan mesin cuci. Lalu, bagaimana dengan boneka dalam ukuran besar yang tidak muat masuk ke dalam mesin cuci? Atau, bagaimana jika di rumah tidak memiliki mesin cuci, bisakah dilakukan secara manual?

Jawabannya bisa kok Bu!

Caranya, siapkan ember besar atau bak mandi. Tuangkan air hangat, kemudian tambahkan deterjen Rinso favorit. Sudah deh, tinggal cuci seperti mencuci pakaian biasa. Jangan lupa keringkan di udara terbuka dan hindari pengering ya..

Adakah buibu di sini yang belum tahu cara mencuci boneka seperti saya sebelumnya, sekarang sudah tahu kan?

19 Responses to "Cara Mencuci Boneka di Rumah"

  1. Wah infonya manfaat sekali kak, soalnya tidak pernah cuci boneka, selalu dibawa ke laundry. Makasih kak tami.

    BalasHapus
  2. Ternyata nyuci boneka gak harus ke laundry ya. Penjelasannya cara nyucinya detail banget, pasti sangat bermanfaat buat pembaca yg ingin nyuci boneka sendiri.

    BalasHapus
  3. Saya kalau mencuci boneka biasanya secara manual, pas mengeringkannya baru deh pakai pengering di mesin cuci

    BalasHapus
  4. Aku jujur, engga berani nyuci sendiri. Harus memerhatikan pula does and doesn't nya. Soalnya ada boneka-boneka yang sebaiknya di dry clean. Boneka tangan kayaknya oke tuh dicuci sendiri, karena engga ada pengisinya. Kebeneran memang harus dicuci...hehe

    BalasHapus
  5. Wah makasih tipsnya. maklum, bapak2 ga paham merawat mainan anak perempuan hehehee

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu cara mencuci boneka yang tepat. Di rumah tidak punya boneka karena anak saya cowok 10 tahun, tetapi bisa jadi panduan jika nanti saya punya boneka untuk anak.
    Ternyata caranya mudah juga asal hati-hati jika di mesin cuci

    BalasHapus
  7. Dirumah ada boneka punya adik, ngga terlalu mikirin soal cara nyucinya gimana sih, asal nyuci bersih udah. Ternyata ada caranya ya yang bener gimana.

    BalasHapus
  8. Ternyata ada cara khusus untuk mencuci boneka ya Mbak. Kalau pakai mesin cuci, kayaknya putarannya harus lambat ya? Biar bulu boneka gak rontok

    BalasHapus
  9. Ga biza sembarangan mencuci boneka...soalnya saya pernah sembarangan masukin tas ke mesin cuci... ada beberapa bagian akhirmya sobek...hiks..

    BalasHapus
  10. saya biasanya mencuci boneka langsung saya masukkan di mesin cuci saja tanpa menggunakan sarung bantal, thanks infonya ya kak.. boleh deh nanti saya coba pas mencuci boneka adek.
    salam kenal ya..

    BalasHapus
  11. wkwkwkw boneka sodara gue lusuh banget, harus nyoba ni

    BalasHapus
  12. Boneka yang jarang dicuci rentan jadi sumber penyakit. Makanya kalo sempet ya emang perlu dicuci. Tapi karena seringnya khawatir rusak, jadi nyuci boneka pake manual aja. Ya tetep, deterjennya pake rinso. Deterjen legendaris. Hihi

    BalasHapus
  13. Mencuci boneka ukuran besar tentu lebih sulit ya. Terutama pas memerasnya. Mungkin cara terbaik adalah dengan mentiriskannya sampai benar-benar habis airnya lalu keringkan

    BalasHapus
  14. Aku jadi inget kayanya harus mulai cuci cuci boneka deh hahaha menyongsong tahun 2020 yang lebih bersih dan higienis wkwk.

    BalasHapus
  15. Pernah istri saya mencuci boneka yang berukuran besar langsung dimasukan ke mesin cuci, alhasil boneka jadi rusak, bulu-bulu halusnya jadi acak-acakan. hemmm ternyata mencuci boneka pun ada caranya. Terimakasih infonya mbak

    BalasHapus
  16. Enaknya sekarang bisa nyuci pakai mesin cuci, mudah dan praktis. Tapi saya udah ga punya boneka lagi hehehe

    BalasHapus
  17. wah aku baru tau lho kalo bisa dimasukin juga ya kedalam bagian sprei gitu kayak tempat guling, waa i see i see. Karena aku juga team ya ga cuci BH or panties di mesin cuci nih kak

    BalasHapus
  18. waaahhh aku tetep susah nyuci boneka dan bantalll boneka mbakk akhirnya lembar ke tempat laundry bonekaaa gituu

    BalasHapus
  19. Lebih hemat dan cepat cuci bonek sendiri di rumah. Saya pun melakukannya, Mbak. Pakai mesin cuci lebih praktis :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel